Lord Rangga Petinggi Sunda Empire Meninggal Dunia

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 7 Desember 2022 12:04
Lord Rangga Petinggi Sunda Empire Meninggal Dunia
Lord Rangga meninggal duni Rabu pagi ini

Dream - Rangga Sasana atau yang dikenal dengan Lord Rangga meninggal dunia pada Rabu, 7 Desember 2022 pagi. Petinggi Sunda Empire itu menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mutiara Bunda Tanjung Brebes.

" Innalillahi wai innaillaihi rojiun. Telah meninggal dunia Ki Ageng Ranggasasana alias Lord Rangga Bin almarhum Marawat Hadi Wijaya pada pukul 05.30 WIB di RS Mutiara Bunda Brebes," begitu isi pesan yang diterima awak media dari pihak keluarga Lord Rangga.

Kabar meninggalnya Lord Rangga dibenarkan Miko, asisten dari mendiang yang bernama asli Ki Ageng Ranggasasana.

" Iya betul, mohon doanya ya," kata Miko tanpa menjelaskan penyebab Lord Rangga meninggal dunia dikutip Dream dari Liputan6.com.

1 dari 5 halaman

Dalam pesan itu juga disampaikan doa agar Lord Rangga mendapat tempat yang terbaik di sisi Tuhan.

10 Potret Rumah Lord Rangga Petinggi Sunda Empire, Kondisinya Miris, Hanya dari Bilik Bambu!© MEN

" Mohon doa panjenengan sedoyo semoga beliau husnul khotimah,Aamiin ya robbal alamin," ungkapnya.

Belum diketahui pasti apa penyebab Lord Rangga meninggal duni, tetapi dia sempat sakit dan dirawat di rumah sakit Brebes.

Diketahui, Lord Rangga bisa viral dan dikenal berkat ucapannya yang nyeleneh.

2 dari 5 halaman

Kabar meninggalnya Lord Rangga segera menjadi topik paling banyak dibahas di platform Twitter bahkan sempat memuncaki posisi teratas.

Warganet berduyun-duyun menyampaikan doa serta ungkapan duka cita atas berpulangnya Lord Rangga.

Salah satunya datang dari komedian sekaligus presenter Dustin Tiffani, yang mengunggah foto kenangan bareng Lord Rangga. Dalam foto tampak almarhum membetulkan dasi merah Dustin.

“ RIP Lord Rangga, Orang Baik,” cuitnya, hari ini, seraya menyematkan emotikon tangkai bunga merunduk. Sementara pesohor Twitter Zulfikar Akbar secara khusus membuat utas buat almarhum.

3 dari 5 halaman

Semasa hidupnya Lord Rangga sangat identik dengan topi baret. Ia sering menggunakannya di berbagai kesempatan, hingga menjadi ciri khas saat orang mengingat sosok kontroversialnya.

Laporan Liputan6.com, mengutip laman mentalitch, Rabu (7/12/2022) menjelaskan topi baret disebut sebagai salah satu tutup kepala yang paling dikenal dalam sejarah. Jenis topi ini dikenakan oleh selebritas dan tokoh politik legendaris yang tak terhitung jumlahnya dan tidak hanya di satu negara, tapi hampir seluruh dunia.

Namun topi baret tidak selalu menjadi penutup kepala yang dikenakan oleh elit atau kelas atas, baret terlihat dominan pada kepala kelas bawah yang berprofesi sebagai petani atau seniman di masa lalu. Berikut ulasan sejarah topi baret yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

4 dari 5 halaman

Bikin Heboh (Lagi)! Lord Rangga 'Sunda Empire' Sebut AS Dimerdekakan Raja Banten

Dream - Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana atau bias disapa Lord Angga, mengatakan bahwa Provinsi Banten dimerdekakan oleh Amerika Serikat. Dia menyampaikan teorinya dalam acara podcat Deddy Corbuzier, Kamis 19 Mei 2021.

Rangga awalnya menyebut Amerika Serikat yang berjuluk Negeri Paman Sam atau Uncle Sam memiliki singkatan yakni Sultan Abdul Mufakir.

" Amerika, mandatnya dari mana? Dari Sultan Abdul Mufakir pada saat itu. Dari Ki Ageng Tirtayasa kemudian diteruskan ke Sultan Abdul Mufakir memerdekakan lah pada saat itu Amerika. Yang dimerdekakan kita di sini, Banten itu," ujarnya.

Rangga bahkan menyebut kepanjangan dari US, yang biasa dipahami sebagai United States, dengan kependekan dari Uncle Sam. Pria yang baru bebas dari penjara pada 26 April 2021 itu juga mengungkap bahwa SAM adalah kepanjangan dari Sultan Abdul Mufakhir.

" Lalu mengapa Amerika menggunakan US. Tentaranya US kan? US-nya bukan US Army atau US apalagi," kata Rangga.

" United States kan?" jawab Coki yang juga diundang ke podcast Deddy.

" Bukan. (US) itu Uncle Sam. Uncle SAM, SAM-nya Sultan Abdul Mufakhir, Banten itu. Jadi Amerika itu negeri yang dimerdekakan oleh Banten itu," jelas Rangga.

 

5 dari 5 halaman

Bikin Ngakak Netizen

Komentar Rangga soal teori Banten dimerdekakan Amerika Serikat itu menjadi viral di media sosial. Tak sedikit netizen banyak membahas pernyataan Rangga soal Banten yang dimandatkan dari AS.

" Mau bilang ngawur tapi ngomongnya lancar. Istilah-istilah yang dipakainya pun terasa meyakinkan meski tak masuk di akal," kata seorang netizen.

" Kirain US mau bilang Urang Sunda wkwk," kata netizen lainnya.

Beri Komentar