Foto Cover Majalah Bikin Geger, Ini Kata Luna Maya

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 6 Oktober 2017 19:10
Foto Cover Majalah Bikin Geger, Ini Kata Luna Maya
Luna kaget karena pemotretan itu....

Dream - Luna Maya akhirnya angkat bicara soal pose fotonya bersama seekor orang utam di sebuah cover majalah yang sempat memicu kritik beberapa waktu lalu. Gadis asal Bali ini mengku kaget lantaran sesi pemotretan sudah lama dilakukan.

" Aku terus terang agak kaget sampai menjadi polemik sebesar ini. Karena sebenarnya kan fotonya udah lama," kata Luna Maya saat di Kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurut Luna pemotretan antara dirinya dan orangutan sudah mendapatkan persetujuan dari banyak pihak. Pengelola majalah juga mengaku sudah mendapat izin dari Bali Zoo dimana tempat pemotretan Luna dan orangutan berlangsung.

cover luna maya© cover luna maya

" Jadi aku pikir oh ya udah, kalau ada kerja sama, artinya sudah terjalin komunikasi yang baik antara mereka," ucapnya.

Merasa semua hal sudah diurus, Luna tak menyangka fotonya kini justru menuai banyak komentar pedas. Sebagai seorang model, mantan kekasih Ariel Noah itu hanya berusaha profesional dengan mengikuti permintaan pengelola majalah tersebut.

" Dalam pikiran aku, waktu sampai di lokasi syuting, aku enggak tahu konsepnya akan foto dengan orangutan. Karena aku profesional aja. Sebagai model, konsepnya begini, ya aku nurut. Aku enggak bisa ngatur, aku enggak mau atau gimana," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Pembelaan Luna Maya

Dream - Luna Maya mengaku mendapatkan kecaman setelah cover majalah bersama orangutan beredar luas di sosial media. Tapi kata dia, sebagai orang awam dia tidak mengetahui ada aturan saat melakukan pemotretan bersama hewan yang masuk dalam golongan di Lindungan itu.

" Jujur aku sendiri orang awam aku enggak tahu bahwa ada aturan yang sedemikian rupa," kata Luna Maya saat di Kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat 6 oktober 2017.

luna maya di cover majalah© luna maya di cover majalah

Meski begitu, Luna menganggap jika apa yang dilakukannya itu sebetulnya tidak merugiakn banyak pihak. Pasalnya dia sudah mendapatkan persetujuan sebelum melakukan pemotretan yang sudah lama dia lakukan.

Tapi kata Luna, kejadian seperti ini menjadi pembelajaran bagi dia untuk lebih berhati-hati lagi.

" Dengan adanya ini hikmah yang aku ambil, jadi semakin banyak orang yang tahu oh ternyata begini ya. dan jadi hati-hati lagi memilih pekerjaan," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Ini Kata LSM yang Protes

Dream - Artis cantik Luna Maya mendapat kecaman dari Lembaga Swadaya Masyarakat Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation akibat fotonya di sebuah majalah. Luna dituding telah mengeksploitasi orangutan untuk kepentingan komersil.

Lewat unggahannya di akun Instagram @bosfoundation, LSM tersebut memposting foto Luna bersama seekor orangutan yang merupakan sampul majalah brides. BOS menyayangkan Luna yang berposes dengan hewan yang terancam punah tersebut. 

" Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation merasa sangat kecewa terhadap postingan ini. Orangutan adalah satwa terancam punah dan dilindungi Undang-undang. Tidak selayaknya orangutan diperlakukan seperti ini, dipromosikan sebagai hewan peliharaan atau mainan!," tulis pengelola akun @bosfoundation, diakses Dream pada Rabu, 4 Oktober 2017.

Luna maya© Luna maya

Selain Luna, BOS Foundation juga mengecam majalah yang menayangkan foto tersebut di sampulnya. Tak luput fotografer majalah itu serta pengelola kebun binatang Bali Zoo tidak luput dari kecaman tersebut.

" @bridesindonesia sebagai media dan @bimopermadi sebagai jurnalis seharusnya paham hal ini. @balizoo sebagai lembaga konservasi ex-situ seharusnya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat bahwa orangutan selayaknya hidup di alam, alih-alih dijadikan hewan peliharaan atau hiburan, seperti misalnya memberi kesempatan pengunjung untuk sarapan bersama orangutan."

BOS Foundation pun menandai akun Luna dalam postingan tersebut. Tetapi, hingga berita ini diturunkan, Luna belum memberikan keterangan apapun.

" @Lunamaya adalah tokoh publik dan seharusnya membantu meningkatkan kepedulian akan isu penting nasional dan global seperti pelestarian orangutan, alih-alih memanfaatkannya seperti ini di media sosial,"  tulis BOS Foundation.

Akibat postingan akun @bosfoundation pada Selasa, 3 Oktober 2017, Luna mendapatkan cibiran dari netizen.

" prihatin... makhluk dipaksa melakukan sesuatu yang bukan kodrat dan dunianya #saveorangutans,"  tulis akun 2febbbbbbbbb123

 " Artis apa ini . Kalau mau jadi artis kamu aja gak usah orang utan di bawa bawa,"  tulis akun @nirmalla_gioo.

Beri Komentar