Maia Estianty Bikin Daftar 12 Alasan Netizen Doyan Membully, Ada Pesan Menohok

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 28 Juli 2022 15:23
Maia Estianty Bikin Daftar 12 Alasan Netizen Doyan Membully, Ada Pesan Menohok
Maia juga memberikan wejangan dari postingannya ini

Dream - Maia Estianty beberapa waktu lalu sempat menjadi sasaran cibiran netizen karena dituding sebagai penyebab penyebab perceraian Sule dan Nathalie Holscher.

Tak mempedulikan komentar-komentar negatif yang menyambar akun media sosialnya, Maia justru mengunggah tulisan berisi penjelasan karakteristik netizen yang sedang merundung orang lain. 

Istri Irwan Musry itu bahkan sampai membuat 12 alasan yang menyebabkan seorang netizen menuliskan komentar di akun media sosial orang lain. Seluruh alasan yang dibuat sendiri oleh Maia tersebut didasarkan pada faktor psikologis dari perundung.  

" Kenapa orang gampang membully atau berkomentar jahat di media sosial …," tulis Maia memulai unggahannya di kolom komentar. 

Dari sisi psiklogis, Maia menduga alasan seorang netizen merundung di sosial media karena latah dengan aksi warganet lain ketika melihat suatu kejadian. Padahal belum tentu informasi yang diterimanya sudah sesuai fakta.

" 1. Latah ikut2an nge bully saat liat suatu kejadian, tanpa melihat peristiwa utuh nya, tanpa mengetahui peristiwa apa yang mengawali kejadian tersebut….tapi ikut2an nge bully karena ber reaksi aja," tulisnya. 

1 dari 3 halaman

Mai melanjutkan unggahannya dengan menyebutkan dua alasan lainnya. " 2. Akun gak dikenal, pake fake account, plus merasa gak dikenal juga.. 3. Nggak ada kerjaan."

Maia© Instagram

Selain itu, Maia juga melihat alasan netizen melakukan adaah tidak memiliki pekerjaan, tidak memiliki rasa empati dan mendapatkan sensasi baru dari menghina orang lain.

" Kurang punya rasa empati 7. Kalo nge bully berasa dapet sensasi baru 8. Rapuh, lemah, belum cukup dewasa 9. Merasa punya ego untuk menyakiti yang lain. 10. Marah dan sakit hati dengan keadaan dia, sehingga dia perlu balas dendam dengan cara nge bully orang lain."  

2 dari 3 halaman

Deretan Gaun Klasik Maia Estianty yang Harganya Selangit© MEN

Dua alasan terakhir yang disampaikan Maia adalah perundung tak berani berhadapan langsung dengan orag yang disindirnya serta mencoba mencari hiburan dengan mem-bully orang lain.  

" 11. Pengecut alias takut kalo hadap2an langsung dengan korban bullying 12. Cari hiburan.. 13. Apalagi hayooo ??? Lanjutkan," tutur Maia.

Maia juga memberikan pesan kepada orang-orang yang gemar merundung untuk menginstrospesi dirinya terlebih dahulu sebelum melemparkan komentar nyinyir.

3 dari 3 halaman

" Ingat, sebelum lihat cermin orang lain, cermin dulu aja… Jangan sampai sifat tukang bully kembali ke diri masing2… have a good day," ungkap Maia.

Ibu dari Al,El dan Dul ini yakin apa yang dilakukan akan berbalik ke diri sendiri. Termasuk juga dengan bullyan, bagi yang gemar membully, dia akan menerima hal yang sama.

" Ingat juga bahwa hidup itu seperti bumerang. Apa yang dilemparkan, lemparan bumerangnya akan kembali ke sang pelempar," tutur Maia.

Beri Komentar