Merinding, Isak Tangis Tak Berhenti Sepanjang Pemakaman Glenn Fredly

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 9 April 2020 15:17
Merinding, Isak Tangis Tak Berhenti Sepanjang Pemakaman Glenn Fredly
Keluarga tak kuasa menahan rasa kesedihan

Dream - Setelah disemayamkan di rumah duka Dharmais dan ibadah pelepasan di GPIB Sumber Kasih, jenazah Glenn Fredly langsung dibawa ke Pemakaman Umum Tanah Kusir, Kamis, 9 April 2020.

Kedatangan Jenazah langsung disambut isak tangis keluarga yang sudah menunggu kedatangan kendaraan yang membawa jasad mendiang Glenn Fredly menuju rumah peristirahatan abadinya.

Prosesi pemakaman Gleen Fredly sendiri berlangsung terbatas hanya untuk kalangan keluarga dan kerabat dekat. 

Meski proses pemakaman terus dipenuhi isak tangisan pengunjung, keluarga Glenn terlihat khusyu saat memanjaatkan doa dan nyanyian-nyanyian untuk mengiringi kepergian sang musisi legendarais tersebut.

Diketahui Glenn Fredly meninggal dunia akibat mengidap meningitis pada rabu, 8 April pukul 18.47 wib di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan.

Glen meninggal dalam usia 44 tahun dan ia meninggalkan seorang istri Mutia Ayu dan juga seorang anak yang usianya masih 1,5 bulan.(Sah)

1 dari 7 halaman

Terisak, Tompi Cerita Glenn Fredly Minta Penyakitnya Dirahasiakan dari Keluarga

Dream - Tompi ikut hadir dalam prosesi pelepasan jenazah Glenn Fredly di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 9 April 2020.

Penyanyi yang juga berprofesi sebagai dokter itu juga memberi kata sambutan, mewakili sahabat-sahabat Glenn Fredly. Menurut Tompi, Glenn merupakan sosok yang sangat baik.

" Sejak semalam saya mencari tahu apa yang salah, dia itu terlalu baik. Selalu memikirkan orang lain dulu dibanding dirinya," kata Tompi dengan terbata-bata.

 Tom© Instagram

Glenn dan Tompi memang sangat dekat. Bersama Sandy Sandoro, mereka tergabung dalam Trio Lestari. Mereka juga terlihat sering tampil bersama.

2 dari 7 halaman

Tompi, yang dalam acara itu mengenakan kaos hitam, bertopi, dan bermasker, itu masih ingat betul saat awal Glenn didagmosa memiliki penyakit meningitis.

Menurut dia, Glenn berpesan agar tidak menginformasikan penyakitnya itu kepada siapapun, termasuk keluarga.

" Waktu dia sakit, dia bilang, 'tolong jangan kasih tahu orang-orang di rumah, saya enggak mau orang lain repot'," tutur Tompi.

Glenn meninggal setelah mengidap penyakit meningitis. Kondisi Glenn sempat drop sejak Senin lalu sampai ahirnya mengembuskan napas terakhir pada Rabu malam 8 April 2020.

3 dari 7 halaman

Pesan Terakhir Glenn Fredly Sebelum Meninggal

Dream - Sebelum menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 8 April 2020, pukul 18.47 WIB, Glenn Fredly ternyata sudah menitipkan pesan terakhir untuk keluarganya.

" Ngomong minta maaf kalau bung ada salah, baik kata terucap yang sengaja atau tidak disengaja yang menyakiti, atau apapun perbuatannya mohon dibukakan pintu maaf," kata Uti adik Glenn di rumah duka Dharmais, Jakarta Barat, Kamis 9 April 2020.

Suami Mutia Ayu ini berpesan agar keluarganya tetap terus bersatu, baik dalam kondisi apapun.

" Dia banyak pesan sama kita di hari terakhir, dia bilang 'family stick together,' dan dia benar-benar orang yang low profile," ungkap Uti.

Glenn tidak mau membebankan masalah apapun yang sedang ia hadapi. Termasuk soal sakitnya, mantan suami Sandra Dewi itu sangat tertutup soal penyakitnya itu kepada keluarga.

" Dia orang sederhana banget dan dia nggak mau orang lain tahu kalau dia kayak kemarin sakit," ujarnya dia.

4 dari 7 halaman

Video Penampilan Terakhir Glenn Fredly, Nyanyi dengan Wajah Pucat untuk Amal

Dream - Dunia musik Tanah Air tengah berduka dengan meninggalnya Glenn Fredly. Tak hanya para penggemar, sejumlah tokoh pun menyampaikan rasa duka mereka.

Najwa Shihab, misalnya. Dia menuliskan perjumpaan terakhirnya melalui Instagram. " Sahabat saya, Glenn Fredly berpulang malam ini. Terakhir kami berkontak minggu lalu," tulis Najwa Shibab, Rabu 8 April 2020.

Dalam video yang diunggah Najwa Shihab itu, Glenn terlihat mengenakan kaus putih. Dia mengenakan topi abu-abu. Dengan suara emasnya, Glenn menyanyikan tembang Rumah Kita dengan iringan piano.

" Memintanya merekam video ini dan mengajaknya ikut konser musik amal #dirumahaja," lanjut Najwa Shihab. Raut Glenn terlihat pucat saat melantunkan tembang ciptaan God Bless tersebut.

      View this post on Instagram

Sahabat saya, Glenn Fredly berpulang malam ini. Terakhir kami berkontak minggu lalu. Memintanya merekam video ini dan mengajaknya ikut konser musik amal #dirumahaja. Belakangan saya baru tahu ketika menyanyikan dan membuat video ini Kakak Glenn sedang menahan sakit kepala luar biasa. Tapi dia memang orang yang tidak pernah mau mengecewakan orang lain. Video ini adalah rekaman penampilan terakhirnya sebelum berpulang. Terima kasih kakak. Nanti kita cerita soal kakak lagi. Karena cerita soal kebesaran hati kakak terlalu berharga jika tidak dibagi. Salam sayang dari kami semua di Narasi.

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on 

5 dari 7 halaman

Dia sama sekali tidak tahu bila saat itu Glenn Fredly merasakan sakit luar biasa. Meski demikian, Glenn tetap bersedia menyanyi untuk menghibur masyarakat yang sedang tinggal dii rumah untuk mencegah penularan virus corona.

" Belakangan saya baru tahu ketika menyanyikan dan membuat video ini Kakak Glenn sedang menahan sakit kepala luar biasa," tutur Najwa Shihab.

" Tapi dia memang orang yang tidak pernah mau mengecewakan orang lain," tambah dia.

  glenn fredly© Ilustrasi foto : najwashihab

6 dari 7 halaman

Video itu, tambah Najwa Shihab, merupakan rekaman penampilan terakhir Glenn Fredly sebelum meninggal dunia.

" Video ini adalah rekaman penampilan terakhirnya sebelum berpulang," tulis Najwa.

  glenn fredly© Ilustrasi foto :najwaahihab

Dia berterima kasih kepada Glenn Fredly. Menurut dia, Glenn merupakan sosok yang sangat besar hati.

" Terima kasih kakak. Nanti kita cerita soal kakak lagi. Karena cerita soal kebesaran hati kakak terlalu berharga jika tidak dibagi," tulis dia.

 

   

7 dari 7 halaman

Kolom komentar Najwa Sihab pun akhirnya banjir komentar haru dari para warganet dan selebriti tanah air. 

  glenn fredly© Ilustrasi foto : najwashihab

Mereka mengenang Glenn sebagai sosok panutan dengan karyanya yang luar biasa. Selamat Jalan Bung Glenn Fredly.

Karyamu tak akan pernah kami lupakan.

Beri Komentar