Feby Febiola Shock Saat Divonis Kanker Ovarium

Reporter : Amrikh Palupi
Rabu, 5 Agustus 2020 17:23
Feby Febiola Shock Saat Divonis Kanker Ovarium
Ini kata Feby Febiola.

Dream - Feby Febiola mengku shock saat divonis mengidap kanker ovarium oleh dokter. Dia benar-benar tertekan saat mendapat vonis tersebut.

" Bukan stres lagi. Jadi begini, karena gue itu saat-saat paling nervous adalah saat gue dibilang ada massa pas lagi CT scan itu,” ujar Feby Febiola dalam YouTube Maia Estiaty.

Usai tahu ada kanker di rahimnya, Feby Febiola menempuh operasi yang dikenal dengan frozen section untuk mengambil sampel untuk diteliti di laboratorium.

Sambpel itu diteliti untuk mengetahui jenis kanker tersebut ganas atai tidak. Setelah menjalani operasi, Feby Febiola bertanya kepada sang suami tentang hasil tes laboratorium sampel sel kankernya termasuk ganas atau tidak.

Febi Febiola© Febi Febiola

" Suamiku bilang, ya, itu kanker ganas. Pas dengar itu kanker ganas, gue santai saja," urai Feby Febiola.

Namun, wanita kelahiran Jakarta 24 Mei 1978 itu mengaku sedikit lega karena kanker ovariumnya belum menyebar.

" Suamiku bilang, tapi menurut penglihatan mata dokternya belum nyebar. Pas dibilang belum nyebar itu, gue agak lega," kata Feby.

Namun, istri Franky Sihombing ini mengingat momen menegangkan usai divonis kanker ovarium. Ia sudah melakukan pengangkatan tumor tapi dokter harus mengecek kembali untuk mengetahui apakah penyakitnya sudah menyebar atau belum

" Yang paling seram, waktu dokter bilang begini, 'Mbak Feby, kita sudah berhasil angkat tumornya. Tapi untuk tahu sampai mana penyebarannya, itu kita harus tunggu seminggu lagi'. Muka gue langsung pucat," ucapnya.

Penantian selama sepekan diisi Feby Febiola dengan doa. Setelah itu dokter menyatakan sel-sel kanker belum menyebar tapi ia harus menjalani kemoterapi. Habis operasi berat badannya turun sekitar 7 kg.

" Naiknya justru habis kemoterapi. Cuma memang kemoterapi ada efeknya sekitar dua atau tiga hari gue merasa bad mood, pegal-pegal, badan gue kayak ada semut gitu lo tiba-tiba jalan di (bagian tubuh) mana, kayak diestrum-setrum," tuturnya.

Sumber : YouTube.com

1 dari 6 halaman

Terungkap! Ini Penyakit yang Bikin Kepala Feby Febiola Botak

Dream - Lama tak terlihat di layar kaca, artis Feby Febiola muncul dengan kabar yang mengejutkan. Kepalanya yang plontos alias botak menyita perhatian publik.

Ya, Feby kini sedang menjalani kemoterapi karena mengidap penyakit kanker ovarium.

" Sakitnya itu kanker ovarium stadium 1C. Tapi asal daripada kanker itu dari tumor dan tumor itu sudah diangkat," ujar Feby di insta storiesnya.

Feby mengaku sebetulnya tidak menyadari mengidap penyakit itu. Karena memang ia tak mengalami gejala yang aneh.

" Nggak ada gejala apa-apa. Waktu itu pas lagi check up ke dokter kandungan saja di-USG terus baru ketahuan. Jadi buat kalian perempuan-perempuan rajin check up saja 7 bulan sekali paling nggak," kata Feby.

Feby© Instagram


Meski demikian, menurut Feby, kanker yang timbul ini memang pengaruh atas tumor ovarium yang sebelumnya pernah dia idap. Tumor itu sudah berhasil diangkat beberapa waktu lalu. Namun kini ia malah mengidap kanker ovarium.

" Jadi tumor itu yang akhirnya menghasilkan sel kanker itu, tadinya dari endometriosis yang kelamaan dibiarin, karena aku memang lama banget nggak cek ke dokter kandungan," ungkap Feby.

Kini pun Feby sudah menjalankan kemoterapi. Ia pun merasa tubuhnya jauh lebih sehat dan bugar setelah menjalani kemo.

" Keadaan aku sekarang sehat-sehat saja. Jadi jangan terlalu khawatir atau sedih atau apa, karena habis kemo pertama ini keadaan aku jauh lebih baik kok, hampir normal," ungkapnya.

 

 

2 dari 6 halaman

Haru! Suami Pangkas Cepak Rambut Demi Feby Febiola yang Idap Kanker

Dream - Penampilan Feby Febiola yang memangkas rambutnya hingga botak mengejutkan masyarakat. Artis yang terkenal dengan rambut panjang dan tebal itu terpaksa memangkas habis mahkotanya setelah diketahui tengah menjalani kemoterapi.

Dukungan mengharukan diberikan suami Febi Febiola, Franky Sihombing yang turut memangkas rambutnya hingga menjadi cepatk.

" Dulu aku suka bangga sama rambut sendiri, rambutku itu sehat, kuat dan tidak mudah rontok, akhirnya kemo mengugurkan helai demi helai," tulis Feby Febiola di akun Instagramnya.

Feby memahami proses penyembuhan dari kanker yang diidapnya akan mengubah penampilan terutama rambut panjangnya yang tak bisa lagi seperti dahulu. Namun Feby menyadari semua yang dialaminya saat ini sudah menjadi kehendak Tuhan.

" Aah betapa rapuhnya manusia, sampai rambut aja bukan kuasa kita yang mengatur. Memang semuanya anugerah," kata feby.

Dengan mengunggah foto berdua sang suami, kini penampilan Febi dan Franky semakin mirip karena model rambut yang sama. Feby bahkan menyebutkan diri seperti kue nastar.

" Jadilah kita sekarang, ibarat dua cengkeh kue nastar. Yang satu sih sengaja botakin katanya biar kompak sama istrinya, terima kasih sayang," katanya lagi.

3 dari 6 halaman

Tampilan Mengejutkan Feby Febiola Usai 6 Kali Kemoterapi

Dream - Penampilan Feby Febiola berubah total usai menjalani operasi. Tak seperti biasanya, artis kelahiran tahun 1978 tersebut memangkas habis rambut panjangnya. 

Dalam instagram pribadinya @febyfebiola_, Feby menceritakan memang sudah menjalani kemoterapi sebanyak 6 kali. 

Meski tak menjelaskan detail terkait penyakit yang dideritanya, Feby memutuskan untuk tampil bondol setelah terus-terusan mengalami kerontokan hebat akibat kemoterapi.

" Jadi ceritanya aku harus melewati 6x session chemotherapy, udah mulai rontok rontok, sekalian aja dibondol. Nanti aku ceritain semuanya deh, aku janji," tulisnya. 

4 dari 6 halaman

Banjir Dukungan

Melihat pengakuan Feby yang sudah menjalani kemoterapi berkali-kali, banyak pihak yang khawatir terhadapnya. Feby lalu menegaskan kondisinya sekarang baik-baik saja.

" Kondisi aku sekarang baik-baik aja, Makasih yang udah nanyain dan doain.." ucap istri dari Franky Sihombing. 

Kondisi Feby Febiola setelah kemoterapi© Instagram @febyfebiola_

Postingan Feby tersebut dibanjiri banyak dukungan dari rekan sesama artis dan warganet. Banyak yang menyemangati dan memberi doa terbaik bagi kesehatannya.

" Hugs n Kisses kak Feb...sampe ketemu lagi kita di bali ngopi-ngopi yahhh.. semoga therapy berjalan lancar.. Love," tulis @chelseaoliviaa

" Heyy u .. keep strong !! doa aku selalu buat kamu dan keluarga," @baimwong

" semangatt sayaang," @ussypratama

" Tante Amerika harussss sehat trus dan cantik trus supaya kita bisa syuting lagi kek tom en jeri ama vasant yaak sayangkuuuhh febyyy..." @jihanfahirareal

" semangat Feb si cewek hebat kuat.." @wulanguritno. 

5 dari 6 halaman

Sempat Down

Dalam unggahan Feby lainnya, ia menyebutkan sempat merasa down dan takut setelah dokter menemukan massa di indung telur sebelah kanannya. Feby pun berusaha keras untuk tetap tenang, namun hasilnya nihil.

" Saya ketakutan setengah mati, saya berusaha menenangkan hati dan pikiran saya dengan mengalihkan pikiran saya dengan musik, lagu, film, pikiran positif. Dan itu semua tidak berhasil," kenangnya. 

Potret Feby dan Suami© Instagram @febyfebiola_

Feby menjadi tenang setelah menyadari semua kehidupannya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

" Saya langsung tenang sehingga operasi berjalan lancar..bahkan pemulihan juga berjalan lancar..sampai hari ini.."

 

6 dari 6 halaman

Beri Komentar