Perjuangan Saep Bos Copet Preman Pensiun 4, Sempat Gagal Casting 20 Kali

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 9 Juni 2020 10:23
Perjuangan Saep Bos Copet Preman Pensiun 4, Sempat Gagal Casting 20 Kali
Cuma dibayar Rp50 ribu. Sampai akhirnya ia berpisah dengan istrinya.

Dream - Icuk Baros, sosok bos copet bernama Saep di Preman Pensiun 4 menceritakan awal perjalanan karirnya. Ia mengaku mulai tertarik ke dunia entertaiment saat sering ditunjuk sebagai MC di acara kelurahan.

Saat itu Saep menjabat sebagai ketua karang taruna. Dan akhirnya menjadi langganan MC untuk kelurahan di tempat tinggalnya.

" Saya sejak SMA jadi Ketua Karang Taruna. Akhirnya saya disuruh menjadi MC. Setiap ada acara di kelurahan saya, saya jadi MC sehingga di situ lah saya dididik tidak grogi di depan umum," kata Icuk Baros dikutip Dream dari Youtube Lolodox Team, Senin 8 Juni 2020.

Saep mengaku kemampuan MC terus ia asah sampai membuatnya tidak malu atau grogi tampil di depan umum. " Diasah terus jadi MC di situ lah saya urat malu saya putus dan tidak punya malu dari situ saya modal PD," ucapnya.

1 dari 5 halaman

Film Pertama

Di awal karirnya, Saep sempat membintangi film yang tayang di televisi lokal kota Bandung, Jawa Barat. Dari situ tekadnya kuat untuk meniti karir di dunia hiburan.

Saep Preman Pansiun 4© Saep Preman Pansiun 4

" Film pertama saja Gede Rasa di PJTV, TV lokal Bandung. Masih ada DVD-nya kalau mau nonton bareng di sini. Dan itu pertama kali menikmati dunia film seperti ini,' kata Saep.

2 dari 5 halaman

20 Kali Gagal Casting

Setelah sempat beberapa waktu tidak syuting lagi, Saep mendapatkan informasi dari teman-temannya adanya casting lain.

Namun ia mengaku tidak mengetahui apa itu casting. Dia mengaku belum berpengalaman. Alhasil, berkali-kali casting, namun hasilnya masih belum sesuai seperti yang diharapkan.

Saep Preman Pansiun 4© Saep Preman Pansiun 4

" Saya 20 kali ikut casting tak pernah diterima, bolak-balilk Bandung-Jakarta, Bandung-Jakarta, patungan pakai mobil, berangkat. (Tapi) tetap bukan rezeki, dan saya juga belum pengalaman di bidang itu," katanya.

3 dari 5 halaman

Jadi Figuran

Lantaran belum mendapatkan peran, Saep akhirnya pernah menjadi figuran atau extras. Dari peran figuran itu, dia bersyukur, pasalnya bisa bertemu aktor-aktor besar.

Saep Preman Pansiun 4© Saep Preman Pansiun 4

" Banyak teman yang tawarin jadi figuran atau extras saja. Ternyata di figuran itu saya bisa bertemu dengan artis-artis besar seperti Reza Rahadian, Iko Uwais, Didi Petet juga. Akhirnya akhirnya aku senang bertamu dengan aktor-aktor besar," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Dibayar Rp50 ribu

Saep juga sempat tidak disetujui oleh keluarganya lantaran penghasilan sebagai figuran tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup. Ia hanya dibayar sebesar Rp50 ribu.

Uang Rp50 ribu itu hanya akan sisa Rp10 ribu untuk diberikan kepada istrinya. itu karena sudah habis dengan ongkos dan keperluan lainnya. Sampai akhirnya ia berpisah dengan istrinya.

" Akhirnya keluarga tidak mendukung, karena tidak menghasilkan uang. Mantan istri saya pernah ngomong, 'apa-apaan kaya gini enggak bakal jadi artis'," kata Saep.

5 dari 5 halaman

Jadi Pemain Preman Pensiun

Tapi tekad Saep ingin jdi aktor terus berkobar. ia mulai kembali casting usai berpisah dari istrinya. Ia mengaku melakukan delapan casting lagi sampai mendapatkan peran sebagai pencopet di Preman Pensiun. Ia mengaku datang pertama untuk casting karena obsesinya sebagai aktor.

Saep Preman Pansiun 4© Saep Preman Pansiun 4

Foto : @saep_copet

" Di Preman Pensiun saya datang yang pertama, tidak ada siapa-siapa masih kosong. Casting jam 8, saya jam setengah 8 sudah di situ. Saking rajin dan obsesi saya pengen jadi (aktor), (dan) menunjukkan saya juga bisa," ujarnya.

Akhirnya nasib baik pun datang kepada Saep, ia dikabari oleh tim RCTI diterima menjadi salah satu pemain Preman Pensiun sampai sinetron garapan Aris Nugraha sudah seri keempat.

Sumber : youtube.com

Beri Komentar