Rasakan Sedihnya Keguguran, Annisa Pohan Beri Pesan untuk yang Suka Tanya Kapan Punya Anak

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 3 Juli 2022 18:28
Rasakan Sedihnya Keguguran, Annisa Pohan Beri Pesan untuk yang Suka Tanya Kapan Punya Anak
Istri Agus Yudhoyono ini mengatakan banyak orang yang sebetulnya bersedih hati ketika diajukan pertanyaan kapan punya momongan. Annisa pun menyarankan satu cara yang bisa membuat perempuan sedih.

Dream - Kabar duka datang dari keluarga Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan. Janin berusaha 7 minggu yang sebelumnya tumbuh di dalam rahim Annisa tak bisa berkembang dan terpaksa dikeluarkan.

Meski getir dengan ujian yang dihadapinya, Annisa berusaha tegar. Pengalamannya mengalami keguguran menjadikan ibu satu anak itu turut merasakan sedihnya tinggal seorang anak meski belum lahir.

Lewat unggahannya, penyebab Annisa Pohan keguguran dijelaskan dengan detail dari awal kehamilan hingga tindaan dokter melakukan operasi kuret. Sebagai seorang ibu, Annisa juga mencurahkan isi hati dan memberikan semangat pada ibu lainnya yang mengalami musibah serupa.

Instagram @annisayudhoyono.© Instagram @annisayudhoyono.

" Untuk teman-teman yang mengalami hal yang sama dengan kami, untuk yang masih terus berikhtiar untuk memiliki keturunan atau yang pernah mengalami keguguran, tetap semangat ya! Semua sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa," jelas Annisa Pohan pada akun Instagramnya @annisayudhoyono.

1 dari 7 halaman

"Kapan Punya Anak?"

Menghadapi ujian ini, Annisa mengaku perasaannya bercampur aduk dan tidak mudah melewatinya. Disadari ujian setiap manusia memang berbeda-beda. Hanya dengan banyak berdoa dan tawakal semua kesedihan menghadapi ujian itu bisa membuat hatii tenang.

Instagram @annisayudhoyono.© Instagram @annisayudhoyono.

Mengalami kesedihan mengalami keguguran menjadi pelajaran berharga bagi Annisa tentang perasaan kehilangan buah hati.

Bahkan Annisa turut memberi saran kepada masyarakat yang selama ini tanpa sengaja membuat perasaan sedih ketika bertanya, kapan punya anak kepada rekan, saudara, atau tetangganya.

" Untuk yang suka bertanya “ kapan punya momongan” dan yang serupa, sesungguhnya pertanyaan seperti itu untuk sebagian orang bisa menghadirkan suatu kesedihan," jelas Annisa.

2 dari 7 halaman

Ganti Pertanyaan dengan Doa

Instagram @annisayudhoyono.© Instagram @annisayudhoyono.

Istri Agus Yudhoyono ini menyarankan untuk mengganti pertanyaan kapan punya momongan dengan memberikan doa agar yang bersangkutan segera diberikan keturunan.

" Karena doa yang tulus tentu sangat berarti, juga menyejukkan dan menguatkan," tambah Annisa.

3 dari 7 halaman

Jadi Pahala

Ibu satu anak ini berharap musibah yang terjadi bisa menjadi pahala bagi dirinya dan suami. Tak lupa ia pun mendoakan para orangtua yang mengalami hal serupa.

" Saya mohon doanya dari teman-teman, agar musibah keguguran ini menjadi pahala untuk saya dan mas Agus, kemudian Allah akan gantikan dengan yang lebih baik untuk kami berdua. Doa yang sama dari kami untuk teman-teman yang mengalaminya," tulis Annisa.

Sebelumnya kabar duka kehilangan janin yang sedang berkembang disampaikan Annisa melalui akun Instagramnya. 

4 dari 7 halaman

Cerita Kehamilan Annisa Yudhoyono

Dengan foto saat dipapah AHY menggunakan kursi roda, Annisa menceritakan kisah sedih yang baru dialami keluarga kecilnya itu.

Di awal unggahannya, Annisa mengaku banyak orang yang bertanya soal vakumnya dirinya dari media sosial. Pertanyaan yang sama juga muncul semenjak Annisa jarang lagi muncul di acara publik.

" Banyak yang bertanya-tanya dan DM saya kenapa saya jarang terlihat belakangan ini, bahkan menutup whatsapp saya dan membukanya kalau penting saja," tulisnya.

5 dari 7 halaman

Kabar Kehamilan dan Saran Beristirahat Total

Tindakan itu ternyata sengaja dilakukan ibu satu anak tersebut karena dirinya dinyatakan positif hamil. Dokter menyarankannya untuk beristirahat total selama satu bulan untuk menghindari hal-hal yang bisa membuatnya stres. Anjuran itu juga diberikan agar kehamilannya bisa sehat dan lancar.

Namun kenyataann sedih harus dihadapi Annisa dan AHY. Kehamilan yang disambutnya dengan bahagia itu beruba menjadi ujian ketika janin berusia 7 minggu di rahimnya tak berkembang.

" Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik," ujarnya.

Gara-gara Unggah Foto Ini, Annisa Pohan Disebut Hamil Anak Kedua© MEN

 

6 dari 7 halaman

Penyebab Annisa Yudhoyono Keguguran

Menurut Annisa, ukuran bayi berkembang terlalu kecil dan tidak ada detak jantung sehingga tidak dapat dipertahankan.

Atas saran dari dokter, Annisa memutuskan untuk mengeluarkan janin dan membersihkan rahim dengan sistem ERPOC, serupa kuret. Tindakan operasi ini sudah dilakukan pada 2 Juli 2022 lalu.

Mantan Gadis Sampul Tahun 197 itu mengaku sudah bertahun-tahun berikhtiar untuk menambah keturunan. Saat mendapat kabar positif hamil, Annisa dan AHY menyambutnya sebagai anugerah yang luar baisa dari Allah.

" Dan ketika harus mengalami keguguran, tentu menjadi hal yang sangat berat untuk kami. Namun kami ikhlas, dan meyakini bahwa ketetapan Allah SWT adalah yang terbaik," tulisnya.

5 Potret Annisa Pohan dalam Balutan Hijab, Adem Banget!© MEN

 

7 dari 7 halaman

Berusaha Ikhlas dan Pulih

Meski telah berusaha ikhlas, Annisa menyadari sebagai hamba Allah yang lemah, airmata dan kesedihannya tak begitu saja mudah dibendung. Untuk saat ini Annisa hanya berharap waktu yang akan menyembuhkan kesedihannya tersebut.

Suami dan anak saya Almira yang senantiasa " menemani, menyemangati, dan menghibur, masyaAllah dapat memberikan saya sedikit senyum dan tawa. Allhamdulillah…," ujarnya.

Mantan model, presente, dan model iklan ini juga berusaha untuk selalu mensyukuri banyak hal yang telah diberikan Allah kepadanya, atas semua hal yang dimiliki sekarang, sekaligus merelakan hal-hal yang tidak dapat saya miliki.

Pamer Foto Berhijab, Annisa Pohan Diperingatkan Netizen© MEN

" Sebagai manusia biasa tidak semua hal bisa kita dapatkan, tapi sebagai hamba kita hanya bisa memohon ridho dan kasih Allah semata," tulisnya.

Kini, lanjut Annisa, dirinya sedang dalam tahap pemulihan dan kondisinya sudah lebih baik setelah menjalani prosedur kesehatan kemarin. " Ke depan, hidup harus terus berjalan dengan baik, dan tidak ada kata putus asa," ujarnya.

Beri Komentar