Ustaz Arifin Ilham: Kematian Adalah Pintu yang Indah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 23 Mei 2019 12:50
Ustaz Arifin Ilham: Kematian Adalah Pintu yang Indah
Ini pesan terakhirnya kepada Yusuf Mansur.

Dream - Ustaz Yusuf Mansur punya kenangan mendalam bersama Ustaz Arifin Ilham. Pria yang beken dengan panggilan Ustaz YM itu menuliskan kesan itu melalui penggalan pesan WhatsApp yang diunggah ke Instagram.

Pada pesan itu, Uztaz YM menerima kabar duka dan langsung menelepon adik Ustaz Arifin Ilham. " Saya terima kabar tanggal 22, jam 22.30an. Langsung saya bel ke Ust Azmi, adik beliau," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia saat menjalani perawatan di Penang, Malaysia. Pendiri pesantren Az Zikra itu memang sudah lama berjuang melawan kanker kelenjar getah bening.

Ustaz YM masih ingat betul saat menjenguk Ustaz Arifin Ilham yang kala itu masih dirawat di RSCM, jakarta. Saat itu, Ustaz YM menerima pesan dari Ustaz Arifin Ilham.

1 dari 2 halaman

Sudah Ikhlas

Dengan kondisi terbaring di ranjang rumah sakit, Ustaz Arifin Ilham mengaku sudah ikhlas dengan takdirnya.

" Kenang2an trakhir banget, secara fisik, saat beliau di RSCM, 'Abang udah siap menghadap Allah. Kekasih ketemu kekasihnya, pasti senang."

Ustaz Arfin Ilham juga sempat menyebutkan bahwa kematian merupakan hal yang indah.

" Kematian adalah pintu yang sangat indah. Bagi seorang hamba, jika ia kekasih, untuk ketemu dengan kekasihnya,' begitu katanya," lanjut Ustaz Yusuf Mansur.

 Yusuf Mansur

Foto: Instagram @yusufmansurnew

2 dari 2 halaman

Pesan Terakhir

Ustaz 42 tahun itu juga mengenang momen tak terlupakan bersama Ustaz Arifin Ilham.

Menurutnya, almarhum sering mendatangi rumah untuk sekadar bersilaturahmi. Hal itu dilakukannya bukan hanya sekali.

" Kyai seneng silaturahim. Seneng ngumpulin orang. Seneng berkumpul. Seneng bercanda. Seneng makan bareng. Seneng ngajak olahraga dan olahraga bareng," imbuhnya.

Selain itu Ustaz Arifin Ilham juga meninggalkan ajaran yang cukup membekas bagi Yusuf Mansur, yaitu menjaga wudhu 24 jam.

" Supaya senantiasa dianggap zikir. Selama ada wudhu. Sampe batal lagi. Walau mulut dan hati tidak berzikir. Makanya harus jaga wudhu. Plus kalo mau tidur, malaikat akan mendoakan tanpa henti, sampe bangunnya," pungkas bapak 5 anak itu.

 Yusuf Mansur

Foto: Instagram @yusufmansurnew

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa