190 Kata-Kata Bijak Tentang Kesabaran, Buat Hati Lebih Tenang

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 23 Juni 2022 11:55
190 Kata-Kata Bijak Tentang Kesabaran, Buat Hati Lebih Tenang
Tak ada yang merugi jika kita bersifat sabar.

Dream – Sabar menjadi salah satu cara untuk bertahan dalam menghadapi cobaan. Namun, menjadi sabar bukanlah hal mudah. Butuh jiwa yang besar untuk dapat mempraktekkannya. Selain bersabar, berdoa dan mencari jalan keluar kunci menghadapi sebuah ujian.

Namun, sebagai manusia biasa, butuh dukungan dan semangat dari orang lain. Ada kalanya kita memang tak bisa menahan kesabaran sehingga membutuhkan orang di sekitar untuk menenangkannya. 

Cara untuk melatih kesabaran juga bisa dilakukan dengan meresapi kata-kata bijak tentang kesabaran. Tentunya kata-kata itu tak hanya dapat menjadi penyemangat diri, tapi juga dapat disebarkan kepada orang lain.

Kata mutiara sabar bisa dijadikan motivasi agar tetap semangat walaupun cobaan kerap menghampiri. Walaupun hanya sekedar kalimat biasa, namun kata mutiara kesabaran ini bisa kembali memberikan semangat dan kekuatan.

Jika keluarga maupun sahabat kamu tengah mengalami masalah, kamu bisa memberikan semangat dengan kata mutiara tentang kesabaran. Kata mutiara sabar ini bisa mendorong kamu agar lebih bersyukur dan menikmati hidup dan mengurangi mengeluh. Sebab dengan sabar kita bisa menerima cobaan hidup dengan lebih tenang.

Berikut adalah kumpulan kata-kata sabar yang dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 11 halaman

Kata-Kata Bijak Tentang Kesabaran

Sabar© Pexels.com

Di balik kesabaran, pasti ada hikmahnya. Yakinlah hidup memang penuh rintangan, kesedihan, dan penderitaan. Tanpa semua itu, kamu tak akan pernah merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Rencana Tuhan akan lebih baik untuk umat-Nya. Bagi yang mau tetap berusaha dan pantang menyerah. Berikut kata bijak sabar yang bisa menenangkan hatimu:

  1. “ Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.” – Ali bin Abi Thalib
  2. “ Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar.” – Gus Dur
  3. “ Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah tenang dan sabar.” – Umar bin Khattab
  4. “ Semua keberhasilan terbaik Anda, datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar.” – Mario Teguh
  5. “ Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan.” – Aa Gym
  6. “ Jadilah seperti lilin, yang tidak pernah menyesal saat nyala api membakarmu. Jadilah seperti air yang mengalir sabar. Jangan pernah takut memulai hal baru.” _ Tere Liye
  7. “ Hati yang sabar, pemikiran yang religius, tindakan yang baik.” – Soeharto
  8. “ Istri yang tidak menyaksikan suaminya memancing, tidak akan tahu betapa sabar lelaki yang dinikahinya.” – Edgar W. Howe
  9. “ Saya bisa sabar menghadapi kebodohan tapi tidak tahan dengan orang bodoh yang membanggakan kebodohannya.” – Dame Edith
  10. “ Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah.” – Ibnu Mas’ud
  11. “ Kala musibah datang menimpa, maka segera kenakan pakaian sabar. Dengan sabar musibah yang terjadi akan membuka jalan bagi datangnya nikmat.” – Aa Gym
  12. “ Rahmat sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan dan kekecewaan; tetapi kalau kita sabar, kita segera akan melihat bentuk aslinya.” – Joseph Addison
  13. “ Orang yang tidak sabar bukan orang yang sedang jatuh cinta.” – Pietro Aretino
  14. “ Tapi sungguh, siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu.” – Tere Liye
  15. “ Membuat kopi itu ritual laki-laki. Buat Ayah, semua langkah mulai dari memilih beans, grinding, sampai kopinya siap diseduh, prosesnya seperti hidup seorang laki-laki. Sebagai laki-laki, tugas utama kita adalah mengambil pilihan terbaik untuk diri kita sendiri dan orang-orang yang dekat dan tergantung pada kita. Sering proses mengambil pilihan ini nggak bisa sebentar, harus sabar. Sama seperti Ayah sabar memilih-milih biji kopi terbaik, sabar juga menjalani proses membuatnya sampai jadi secangkir kopi yang pantas dibanggakan karena enak banget.” – Ika Natassa
2 dari 11 halaman

Kata-Kata Bijak Tentang Kesabaran

Sabar© Pixabay.com

  1. “ Sabar ketika di bully itu pahit rasanya. Tapi kadang yang pahit itu justru yang bisa menyembuhkan luka.” – Merry Riana
  2. “ Jangan sepelekan murkanya orang sabar dan kecewanya orang yang sudah menjaga, menyayangi, mencintai kita dengan tulus. Karena perasaan orang yang sudah kecewa, akan sulit diobati.” – Indah Riyana
  3. “ Siapa yang sabar dia akan meraih apa yang diinginkannya.” – Habiburrahman El Shirazy
  4. “ Soalnya kini ialah menunggu. Menunggu dengan sabar. Yang mereka perlukan ialah waktu. Dengan penuh khawatir mereka melihat pada terang matahari di luar atap daun-daun kayu di atas kepala.” – Mochtar Lubis
  5. “ Hidup ini dipergilirikan satu sama lain. Kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Kadang kita tertawa, lantas kemudian kita terdiam, bahkan menangis. Itulah kehidupan. Barang siapa yang sabar, maka semua bisa dilewati dengan hati lapang.” – Tere Liye
  6. “ Hidup ini sudah ada yang ngatur. Kita cuma menjalani apa yang sudah digariskan sama Gusti Allah. Harus sabar dan menerima dengan lapang dada.” – Netty Virgiantini
  7. “ Hidup naik turun. Kita yang harus siap. Saat susah kita harus tetap sabar. Sebaliknya kalau kita sedang senang, kita jangan sombong.” -Arumi E
  8. “ Gunting kalah dengan batu, batu kalah dengn kertas, kertas kalah dengan gunting. Orang cerdas, orang kuat, orang kaya, semua kalah dari orang sabar.” – Bong Chandra
  9. “ Memang begitulah para perempuan penjaga adat; sabar, kuat dan sangat eksotis.” -Dzikri el Han
  10. “ Belum mengenal, sudah menolak. Belum tahu, sudah bicara banyak. Kita kadang malas belajar, namun merasa lebih tahu dan kurang sabar.” – Boy Candra
  11. “ Aku bukan tak sabar, hanya tak ingin menanti. Karena berani memutuskan adalah juga kesabaran. Karena terkadang penantian membuka pintu-pintu syaithan.” – Salim A. Fillah
  12. “ Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku, yang dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit yang entah batasnya, yang setia mengusut rahasia demi rahasia, yang tak putus-putusnya bernyanyi bagi kehidupanku.” – Sapardi Djoko Damono
  13. “ Kau tampak sempoyongan, tapi kau bilang: “ Aku tidak mabuk.” Mungkin aku harus lebih sabar menemanimu.” – Joko Pinurbo
  14. “ Sabar, rendah hati, tulus. Semua hal yang dibutuhkan dalam kehidupan.” – Jo Joo-He
  15. “ Menulis itu baik, berpikir lebih baik. Kebijaksanaan itu baik, sabar lebih baik.” – Herman Hesse
3 dari 11 halaman

Kata Mutiara Sabar dalam Islam

Berikut beberapa kata mutiara sabar dalam Islam:

  1. " Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi, Dia mengatakan 'Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar'."
  2. " Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)." (Q.S al-A’raf: 126)
  3. " Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik." (Q.S Al-Ma`arij: 5)
  4. " Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." (HR. Bukhari)
  5. " Dan kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar?" (Q.S al-Furqan: 20)
  6. " Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh." – Ibnu Qayyim
  7. " Dua hal yang dapat menggambarkan kamu, yakni kesabaranmu saat kamu tidak memiliki apa-apa dan sikap kamu saat memiliki segalanya."
  8. " Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian, namun penuh dengan harapan."
  9. " Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran."
  10. " Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."
  11. " Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." (Q.S Huud: 115)
  12. " Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 153)
  13. " Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." - Abu Bakar
  14. " Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." - Ali bin Abu thalib
  15. " Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini."
  16. " Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."
  17. " Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu." (Q.S Luqman:17)
  18. " Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)
  19. " Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban, akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."
  20. " Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah
4 dari 11 halaman

Kata Mutiara Sabar Tentang Jalani Hidup

Berikut beberapa kata mutiara sabar tentang menjalani kehidupan:

  1. “ Kesabaran adalah kunci masuk untuk semua kenikmatan yang bertahan lama”
  2. “ Masalah silih berganti, solusinya selalu sama : sabar, ikhlas & tawakal”
  3. “ Orang yang sabar bukan berarti orang yang tak akan pernah marah. Mereka hanya sebagian orang yang masih bisa tetap diam saat melihat masalah.”
  4. “ Batas kesabaran paling tinggi adalah ketika kamu sadar bahwa sabar tak lagi menyelesaikan masalah.”
  5. “ Orang yang sabar dan ikhlas akan menelusuri setiap relung masalah untuk mencari segala bentuk hikmah sbagai bahan refleksi dan evaluasi diri.”
  6. “ Setiap pekerjaan ada resikonya, setiap kesuksesan pun juga ada resikonya. sabar dan ikhlas dapat mengubah resiko jadi lebih indah”
  7. “ Jangan selesaikan masalah dengan mengeluh, berkeluh kesah dan marah-marah. selesaikan saja dengan sabar, syukur dan jangan lupa tersenyum.”
  8. “ Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya.”
  9. “ Terkadang bersabar itu memang membosankan, tapi dibalik kesabaran itu tersimpan benih-benih kebijaksanaan.”
  10. “ Masalah bukan untuk dihadapi dengan kasar, tetapi disikapi dengan sabar”
  11. " Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."
  12. " Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."
  13. " Musibah bagaikan air keruh, makin kau aduk, makin keruh. Bersabarlah karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih."
  14. " Setiap orang yang bersabar adalah orang-orang yang lulus dari ujian kehidupan. Ujian pasti datang dan kesabaran kita menentukan kualitas nilai kita saat ujian itu datang."
  15. " Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."
5 dari 11 halaman

Kumpulan Kata Sabar dalam Hidup

Ilustrasi© unsplash.com

Efektif tidaknya kata-kata sabar dan ikhlas, memang tidak dapat dipastikan. Kendati begitu, membaca kata-kata ini akan membuat hatimu semakin tenang. Berikut deretan kata sabar dalam menjalani hidup di dunia supaya bisa lebih tenang dan bahagia.

Berikut kumpulan kata sabar dalam menjalani hidup supaya lebih tenang:

  1. " Ketika kamu terlalu takut untuk membuat kesalahan, itu dapat membuat kamu berhenti untuk berusaha."
  2. " Kadang, kita memang harus percaya doa-doa jauh lebih kuat dari segalanya."
  3. " Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang Tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."
  4. " Cinta yang putus bukan kebahagiaan yang putus, kamu hanya perlu bersabar sebentar karena kebahagiaan yang lain sedang menunggu kamu."
  5. " Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagian yang lebih."
  6. " Dalam hidup, kadang kamu harus menerima bahwa tak semua harapan jadi kenyataan. Dan yang kamu butuhkan adalah keberanian untuk merelakan."
  7. " Cobaan hidup itu didikan Allah, tinggal kita berusaha sabar dan ikhlas pada ketentuan-Nya."
  8. " Cara pandang yang optimis memang akan membuat hidup kita tegar dan tabah serta senantiasa penuh harapan."
  9. " Kehidupan akan berkah bila dijalani dengan ikhlas, sabar, penuh rasa syukur dan tidak pernah mau merugikan orang lain."
  10. " Merelakan bukan berarti menyerah, tapi menyadari bahwa ada hal yang tidak bisa dipaksakan."
  11. " Tapi sungguh, siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu." Tere Liye.
  12. " Jangan sepelekan murkanya orang sabar dan kecewanya orang yang sudah menjaga, menyayangi, mencintai kita dengan tulus. Karena perasaan orang yang sudah kecewa, akan sulit diobati." Indah Riyana
  13. " Karena belum pernah ada seorang filsuf yang bisa menanggung sakit gigi dengan sabar." William Shakespeare.
  14. " Soalnya kini ialah menunggu. Menunggu dengan sabar. Yang mereka perlukan ialah waktu. Dengan penuh khawatir mereka melihat pada terang matahari di luar atap daun-daun kayu di atas kepala." Mochtar LubisMochtar Lubis
  15. " Siapa yang sabar dia akan meraih apa yang diinginkannya." Habiburrahman El ShirazyHabiburrahman El Shirazy
  16. " Pada akhirnya, toh kamu harus memilih. Ibarat petualangan, kamu bisa pergi dan berpetualang dengan siapa pun. Tapi, sampai kapan? Ada satu masa ketika kamu akhirnya merasa lelah dan kembali pada seseorang yang denga setia dan sabar menunggumu." Rhein Fathia
  17. " Masa-masa kuliah adalah masa di mana kita diuji kesabarannya dalam menjalani hidup. Sabar nunggu kiriman duit, sabar nunggu pinjeman tugas teman, sabar nungguin dosen yang telat masuk, sabar ngeliat orang lain pacaran, dan sabar buat nahan lapar di akhir bulan." Edotz Herjunot
  18. " Hidup ini sudah ada yang ngatur. Kita cuma menjalani apa yang sudah digariskan sama Gusti Allah. Harus sabar dan menerima dengan lapang dada." Netty Virgiantini
  19. " Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah."
  20. " Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."
  21. " Keikhlasan menjadikan pribadi menjadi lebih berani, kokoh, tegar dan penuh dengan cahaya keindahan."
  22. " Memang begitulah para perempuan penjaga adat; sabar, kuat dan sangat eksotis.." Dzikry el Han
  23. " Bagaimanapun, kematian adalah hukum alam yang tidak dapat dilawan. Manusia tidak diberi kesempatan untuk menawar, melainkan kekuatan untuk sabar."   Ninna Lestari
  24. " Hidup naik turun. Kita yang harus siap. Saat susah kita harus tetap sabar. Sebaliknya kalau kita sedang senang, kita jangan sombong." Arumi E.
  25. " Orang sabar disayang Tuhan, dan berguna bagi nusa dan bangsa." Mia Arsjad.
6 dari 11 halaman

Kata Bijak Sabar Bikin Hati Tenang

Seberapa besar kesabaranmu dalam menghadapi masalah, tergambar jelas dari seperti apa sikap tenangmu. Karena sabar dan menyerah itu dua hal yang berbeda, sikapilah dengan bijak. Berikut kata bijak sabar supaya hatimu menjadi lebih tenang menghadapi sulitnya kehidupan:

  1. " Tapi, sungguh siapapun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama, dan menakjubkan seperti kupu-kupu
  2. " Ketika hal-hal terlalu sulit untuk ditangani, mundurlah dan hitung berkat-berkat yang telah kamu peroleh."
  3. " Jangan pernah membayangkan sakitnya hati orang yang ikhlas, sekeras apapun kamu berusaha menyakitinya, hanya akan membuatnya lebih kuat untuk bersyukur."
  4. " Kesempatan terbaik selalu datang saat sabar menunggu."
  5. " Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar."
  6. " Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."
  7. " Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh."
  8. " Tidak ada waktu untuk mengeluh. Sabar, ikhlas, lalu lanjutkan hidupmu."
  9. " Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."
  10. " Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku."
  11. " Jalan menuju kebahagian yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."
  12. " Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan."
  13. " Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."
  14. " Keikhlasan akan membentuk diri jadi lebih kuat."
  15. " Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."
7 dari 11 halaman

Kata Bijak Sabar Supaya Hari Lebih Bahagia

Sabar itu tidak ada batasnya. Kalau ada batasnya, namanya bukan sabar. Ini dia kata bijak sabar yang bisa membuat harimu lebih cerah dan bahagia:

  1. " Bijaklah dalam masa penantianmu, kelak kamu akan takjub bagaimana Tuhan mempertemukanmu dengan jodohmu."
  2. " Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."
  3. " Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."
  4. " Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya."
  5. " Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."
  6. " Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan maka semangatlah buat hari ini! Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."
  7. " Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil maka dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas, sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil."
  8. " Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas."
  9. " Sabarlah, perlahan hati akan membaik setelah itu."
  10. " Sabar itu sebagian dari iman. Ingat, cuma sebagian, ya! Sisanya bikin pusing."
  11. " Karena sabar itu menenangkan jiwa, ikhlas itu mendamaikan hati. Sabar dan ikhlas mengajarkan kita arti ‘memahami’."
  12. " Andai kesabaran itu dibayar, mungkin aku sudah jadi miliarder.
  13. " Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci."
  14. " Menjadi sabar dan ikhlas itu perlu proses. Pejamkan mata dan tenangkan pikiran."
  15. " Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."
8 dari 11 halaman

Kata-Kata tentang Sabar

Berikut kata-kata tentang sabar lainnya, dialnsir dari Jagokata:

  1. Ya samalah kayak masalah hidup. Kadang kita merasa kewalahan dan kayak enggak ada jalan keluar. Padahal, kalau sabar pasti ketemu kuncinya. Bisa deh, selesai satu per satu. - Lucia Priandarini
  2. Belum mengenal, sudah menolak. Belum tahu, sudah bicara banyak. Kita kadang malas belajar, namun merasa lebih tahu dan kurang sabar. - Boy Candra
  3. Bagaimana bisa ada seorang suami yang begitu sabar dan pengertian padahal istrinya begitu manja dan menyebalkan. - Mayya Adnan
  4. Bagaimanapun, kematian adalah hukum alam yang tidak dapat dilawan. Manusia tidak diberi kesempatan untuk menawar, melainkan kekuatan untuk sabar. - Ninna Lestari
  5. Hidup naik turun. Kita yang harus siap. Saat susah kita harus tetap sabar. Sebaliknya kalau kita sedang senang, kita jangan sombong. - Arumi E.
  6. Orang sabar disayang Tuhan, dan berguna bagi nusa dan bangsa. - Mia Arsjad
  7. Cinta itu rumit, tapi setiap orang tidak sabar untuk jatuh ke dalam kerumitan itu, dan ikut tersangkut dalam jaringnya. - Winna Efendi
  8. Jadi bersikaplah sabar, telaten dan dengarkan apa yang mereka mau bukan yang kita mau. - Deassy M. Destiani
  9. Kesempatan terbaik selalu datang saat sabar menunggu. - Clara Canceriana
  10. Seperti halnya tidak semua orang bernama Sabar adalah orang yang sabar, yang bernama Kasih ternyata tidak selalu penuh kasih. - Seperti halnya tidak semua orang bernama Sabar adalah orang yang sabar, yang bernama Kasih ternyata tidak selalu penuh kasih.
  11. Bersikaplah bijaksana. Ini sulit, tapi cobalah menjalani semua ini dengan ikhlas dan sabar. - Dadan Erlangga
  12. Pikiran yang sabar adalah obat terbaik untuk masalah. - Plautus
  13. Fokus pada hasil, sabar dalam pendakian menuju tujuan. Jangan puas dengan pencapaian yang memabukan. - Lukman Setiawan
  14. Buku memungkinkan Anda menjelajahi topik sepenuhnya dan membenamkan diri lebih dalam daripada kebanyakan media saat ini. Saya tidak sabar untuk lebih banyak mengubah pola makan media saya ke membaca buku. - Mark Zuckerberg
  15. Orang yang tidak sabar, menurut Bacon, seperti lebah, dan bunuh diri dengan menyengat orang lain. - George Eliot
  16. Sabar! Jangan mengandalkan inspirasi. Itu tidak ada. Satu-satunya kualitas seniman adalah kebijaksanaan, perhatian, kesungguhan, kehendak. Kerjakan pekerjaan Anda sebagai pekerja yang jujur. - Auguste Rodin
  17. Sabar, Karena dunia itu luas dan luas. - William Shakespeare
  18. Seekor keledai akan bekerja sepuluh tahun dengan sukarela dan sabar untuk Anda, untuk hak istimewa menendang Anda sekali. - William Faulkner
  19. " Sabarlah, perlahan hati akan membaik setelah itu."
  20. " Sabar itu sebagian dari iman. Ingat, cuma sebagian, ya! Sisanya bikin pusing."
9 dari 11 halaman

Kata-Kata tentang Sabar

ilustrasi© Foto : Shutterstock

  1. " Terkadang cobaan menghampiri hidup kita, agar kita menjadi orang yang lebih sabar dan ikhlas untuk menghadapi segalanya."
  2. " Salah satu cara untuk tetap bertahan hidup adalah dengan cara menerima kenyataan hidup dengan keikhlasan."
  3. " Hidup bukanlah masalah yang harus diselesaikan, tapi hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi."
  4. " Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan."
  5. " Dalam hidup, kadang kamu harus menerima bahwa tak semua harapan jadi kenyataan. Dan yang kamu butuhkan adalah keberanian untuk merelakan."
  6. " Kalau setiap cerita hidup kita selalu indah,hati tak pernah kenal dekat dengan sabar dan ikhlas."
  7. " Jalani hidup meski kadang ada bagian yang tidak disukai. Terimalah kenyataan yang ada, bersyukur, ikhlas dan sabar."
  8. " Orang yang bisa mengikhlaskan sesuatu cobaan yang berat di dalam hidupnya, akan selalu mendapatkan jalan keluar yang indah dalam hidupnya."
  9. " Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."
  10. " Kehidupan akan berkah bila dijalani dengan ikhlas, sabar, penuh rasa syukur dan tidak pernah mau merugikan orang lain."

 

10 dari 11 halaman

Kata-kata Sabar Menunggu Seseorang

Kata-kata Sabar Menunggu Seseorang© Unsplash.com

Dalam masa penantian menunggu seseorang, kegelisahan kerap kali melanda. Bahkan di pikiran pun muncul berbagai pertanyaan yang tak terjawab. Apakah dia baik-baik saja, kapan dia kembali, apakah dia merindukanku, dan sebagainya. Selama menunggu itulah, hanya kesabaran yang bisa diandalkan. Kamu juga bisa menggunakan kata mutiara tentang kehidupan yang menunjukkan betapa pentingnya bersabar di masa-masa seperti ini.

Berikut adalah beberapa kata-kata mutiaran tentang kehidupan yang menggambarkan kesabaranmu:

  1. " Ada hati yang menunggumu pulang, ada hati yang menunggumu kembali, ada hati yang kosong sejak kamu pergi."
  2. " Jika kita tidak mudah menyerah, maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena di dunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan. Orang yang sabar dan orang yang tidak mudah menyerah." (Tere Liye)
  3. " Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."
  4. " Kadang diam dan menunggu lebih bernilai dari bergerak tanpa arah." (Bong Chandra)
  5. " Tidak ada yang namanya kegagalan, hanya menunggu kesuksesan." - John Osborne
  6. " Kesuksesan datang pada orang yang bergerak cepat ketika ia sedang menunggu." (Thomas Alva Edison)
  7. " Anda tidak hanya menunggu dengan sia-sia. Ada tujuan di balik setiap penundaan." - Mandy Hale
  8. " Menunggu itu sakit, jenuh dan membosankan, namun kenapa ketika aku ingin berhenti menunggumu tapi hatiku memaksaku untuk tetap memperjuangkanmu."
  9. " Terkadang dalam banyak keterbatasan, kita harus bersabar menunggu rencana terbaik datang, sambil terus melakukan apa yang bisa dilakukan." (Tere Liye)
  10. " Tetapi, hal terpenting tentang belajar menunggu adalah mengetahui apa yang kamu tunggu." - Anna Neagle
  11. " Hidup itu bukan tentang menunggu badai berlalu, tapi tentang bagaimana belajar menari dalam hujan." (Moammar Emka)
  12. " Kadang diam dan menunggu lebih bernilai dari bergerak tanpa arah." (Bong Chandra)
  13. " Kesabaran bukan tentang berapa lama kamu bisa menunggu, tapi seberapa baik kamu bersikap saat sedang menunggu."
  14. " Kesabaran bukan hanya kemampuan untuk menunggu, tapi bagaimana kita berperilaku saat kita menunggu." - Joyce Meyer
  15. " Semua hal datang pada waktu yang tepat bagi mereka yang bisa menunggu." (Francois Rabelais)
  16. " Tidak ada yang akan datang kepada kamu, yang hanya duduk-duduk dan menunggu." - Zoe Kazan
  17. " Lebih baik menunggu sebentar lagi untuk mendapatkan jodoh terbaik, daripada mendapatkan dengan cepat seseorang yang kelak melukai hatimu."
  18. " Jika seseorang tetap menunggu saat kita pergi tanpa kabar. Maka dia berhak ditunggu, pun jika itu tiada pasti kembali." (Tere Liye)
  19. " Kamu biasanya harus menunggu apa yang pantas untuk ditunggu." - Craig Bruce
  20. " Kau jangan tergesa-gesa, tunggulah pelan-pelan. Emas murni tidak takut ditempa dengan api. Cinta tidak takut menunggu." (Giddens Ko)
11 dari 11 halaman

Kata-kata Sabar dalam Bahasa Jawa dan Artinya

Kata-kata Sabar dalam Bahasa Jawa dan Artinya© Unsplash.com

Sabar memang tampaknya sederhana. Namun dalam pelaksanaannya sendiri tidaklah mudah. Kita harus bisa mengontrol diri sendiri agar tetap terkendali. Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan prosesnya masing-masing untuk bisa bersabar. Bahkan di dalam sabarnya, bisa saja muncul kata bijak kehidupan manusia yang sebenarnya untuk memotivasi diri sendiri. Ini bisa menjadi kata-kata hari ini yang bisa dipersembahkan untuk dirimu.

Berikut adalah beberapa kata-kata singkat bijak tentang kesabaran yang berbahasa Jawa:

  1. " Alon-alon waton kelakon." (Pelan-pelan yang penting terlaksana.)
  2. " Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Bertingkah laku dengan mengutamakan kesabaran itu diibaratkan melakukan sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan.)
  3. " Dipikir wening sakdurunge tumindak." (Dipikir baik-baik sebelum berbuat.)
  4. " Ojo milik barang kang melok." (Jangan tergiur sama barang-barang yang tampak mewah.)
  5. " Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup.)
  6. " Ora butuh sing mewah, sing sederhana wae penting ati bungah. Percuma mewah tapi atine susah." (Tidak butuh yang mewah, yang sederhana saja penting senang. Percuma kalau mewah tapi hati susah.)
  7. " Ojo dadi kacang sing lali kulite." (Jangan jadi kacang yang lupa kulitnya.)
  8. " Sing sabar lan ngalah dadi kekasih Allah." (Yang sabar dan mengalah akan menjadi kekasih Allah.)
  9. " Kridhaning ati ora bisa mbedhah kuthaning pasthi." (Kehendak manusia tidak dapat merubah garis tangan Tuhan.)
  10. " Seng sabar yo ngger, dalan uripmu pancen gek kon ngene." (Yang sabar ya nak, jalan hidupmu memang baru disuruh seperti ini.)
  11. " Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti." (Segala sifat keras hati, hanya bisa dikalahkan dengan sikap lembut dan sabar.)
  12. " Sak apik-apike wong, yen aweh pitulungan kanthi dhedhemit." (Sebaik-baiknya manusia, jika memberi pertolongan dengan ikhlas tanpa diketahui orang lain.)
  13. " Sabar kui langka balese. Nek pancen niat gelem sabar." (Sabar itu akan terbalaskan. Kalau memang berniat untuk sabar.)
  14. " Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo meneh sing gak duwe." (Orang yang punya pacar itu harus bersabar dengan pasangan yang dimilikinya. Apalagi yang tidak punya.)
  15. " Tutukna rekasamu bakal mulya akhiratmu lan bakal beja masa tuamu." (Hidup harus dibuktikan dengan Kenyataan bukan dengan angan-angan.)
  16. " Ladak kecangkrak." (Orang sombong banyak musuhnya dan seing celaka.)
  17. " Nandur ngunduh, tlaten panen." (Usaha yang sungguh-sungguh, telaten, dan sabar suatu saat akan menuai hasil yang dicita-citakan.)
  18. " Wong sabar, rejekine jembar. Wong ngalah, uripe berkah." (Orang sabar, rejekinya banyak. Orang yang mengalah, hidupnya berkah.)
  19. " Lembah manah lan andhap asor." (Rendah hati dan sopan santun.)
  20. " Kadang niat apik ora mesti tanggepan wong liane apik juga." (Terkadang niat baik tidak selalu ditanggapi baik oleh orang lain.)
Beri Komentar