4 Tips Agar Pengalaman Puasa Jadi Lebih Berkah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 5 Mei 2020 20:03
4 Tips Agar Pengalaman Puasa Jadi Lebih Berkah
Perbaiki niat dalam berpuasa.

Dream – Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbagai cara pun dilakukan. Salah satunya dengan berpuasa.

Setiap orang akan mengalami pengalaman berpuasa yang berbeda-beda. Tergantung bagaimana mereka menjalaninya.

Semakin baik niat dan tujuan berpuasa, semakin tinggi keberkahan yang didapatkan. Begitupun sebaliknya.

Berikut beberapa tips untuk membuat pengalaman berpuasa kamu agar lebih berkah.

1 dari 4 halaman

Percaya bahwa Puasa adalah ibadah yang spesial

Puasa© Pixabay.com

 

Puasa adalah salah satu ibadah yang spesial. Karena berpuasa hanya benar-benar dilakukan oleh orang yang memiliki keyakinan kuat. Puasa menghilangkan segala unsur kemunafikan dan ketidakpercayaan.

Allah SWT berfirman “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

2 dari 4 halaman

Menikmati Proses Selama Berpuasa

Puasa© Pexels.com

 

Berpuasa memiliki tantang tersendiri. Selain harus menahan lapar dan dahaga, berpuasa juga berarti harus mampu menahan segala hawa nafsu duniawi.

Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun ketika kamu berhasil menjalani setiap proses selama berpuasa, Allah menjanjikan surga sebagai balasannya.

Berbahagialah karena masih dipertemukan dengan bulan penuh keberkahan ini. Bulan dimana segala amal ibadah akan dilipatgandakan.

3 dari 4 halaman

Berpuasa Juga Berarti Mengikuti Jejak Rasul

Puasa© Pixabay.com

 

Dalam Al-Quran sudah jelas dikatakan bahwasanya puasa sudah ditetapkan jauh sejak zaman para nabi. Karena itu, jika berpuasa artinya kita telah mengikuti jejak Rasul dan para nabi terdahulu.

Puasa tidak bisa dipisahkan dari kehadiran manusia di muka bumi. Berpuasa sejak zaman para nabi telah menjadi salah satu tujuan yang mulia. Berpuasa juga menjadi pembeda yang luar biasa antara manusia dan ciptaan Allah yang lain.

Untuk itu, berbahagialah bagi orang-orang yang mampu menjalankan puasa. Jadikan setiap tauladan para Nabi dan Rasul dalam setiap jejak kehidupan kita.

4 dari 4 halaman

Berpuasa Berarti Pembebasan

Puasa© Pexels.com

 

Berpuasa bukan semata-mata untuk menahan diri dari segala nafsu dunia. Puasa justru memiliki makna yang jauh lebih luas. Yaitu sebagai bentuk pembebasan diri.

Saat bulan puasa, gaya kehidupan pun akan berubah. Semuanya akan melibatkan spritual dalam diri. Karena setiap perbuatan baik akan terhitung sebagai ibadah berlipat ganda.

Ini berarti pembebasan diri dari segala bentuk kemunafikan didalam diri. Membawa keberkahan bagi jiwa-jiwa yang mencari ridho Allah. Bahkan, bukan hanya selama bulan suci Ramadhan, dalam bulan-bulan selanjutnya keberkahannya akan terus mengalir jika mampu menjaga diri selama bulan puasa.

(Sumber: aboutislam.net)

Beri Komentar