Amalan Agar Tak Tinggal Serumah dengan Setan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 26 Juli 2017 08:15
Amalan Agar Tak Tinggal Serumah dengan Setan
Banyak yang tidak menyadari ada setan tinggal di rumah mereka.

Dream - Punya rumah merupakan idaman bagi setiap orang. Tentu, mereka ingin tinggal di rumah yang nyaman dan menenteramkan.

Karena demi mengejar rumah yang nyaman, banyak orang terfokus dengan kegiatan duniawi di dalam rumah. Padahal, sebuah rumah bisa saja ditempati setan.

Mereka pun lupa rasa nyaman bersumber dari kondisi kejiwaan yang damai. Hal itu bisa dilakukan dengan cara meningkatkan ibadah di dalam rumah.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak tinggal dengan setan dalam satu rumah? Ada beberapa adab yang perlu dijalankan meski di dalam rumah sendiri.

Adab pertama, ucapkan salam sebelum masuk rumah. Salam harus tetap diucapkan baik ada maupun tidak ada orang di dalam rumah.

Dari Abu Umamah Al Bahili Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, " Tiga orang yang dijaga oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala; (Rasulullah menyebutkan yang ketiga adalah) … orang yang memasuki rumahnya dengan mengucapkan salam…" (HR Abu Dawud)

Adab kedua, ucapkan basmalah saat masuk rumah. Hal ini untuk melindungi rumah agar setan tidak tidur di rumah kita.

" Apabila seseorang memasuki rumahnya dan berdzikir kepada Allah (dengan membaca basmalah) tatkala masuk dan makan, syaitan akan berkata (kepada kawan-kawannya), 'Kalian tidak mendapatkan tempat menginap dan makan malam (di rumah ini). Dan jika ia masuk namun tidak membaca basmalah, syaitan akan berkata (kepada kawan-kawannya), 'Kalian mendapatkan tempat menginap', dan jika ia tidak membaca basmalah sebelum makan niscaya syaitan akan berkata, 'Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam'." (HR Muslim).

Selengkapnya...

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More