Viral Uang Kondangan Langsung Dipajang di Depan Pintu Masuk

Reporter : Okti Nur Alifia
Minggu, 11 September 2022 15:15
Viral Uang Kondangan Langsung Dipajang di Depan Pintu Masuk
Cara kondangan yang unik ini jelas-jelas menampakkan berapa jumlah uang yang disumbangkan untuk kondangan dalam hajatan tersebut.

Dream - Menghadiri sebuah acara pernikahan atau khitanan, biasanya para tamu datang membawakan amplop berisi uang. Hal itu sebagai tanda selamat yang juga sebagai tanda untuk menghormati pemangku hajat.

Ada yang berbeda dari hajatan viral berikut ini, dengan kondangan yang tak lagi memakai amplop, melainkan uang-uang yang dipajang.

Sebuah video di akun TikTok @temin424. Tampak lembaran uang mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000 dipajang dalam sebuah pohon bambu.

Cara kondangan yang unik ini jelas-jelas menampakkan berapa jumlah uang yang disumbangkan untuk kondangan dalam hajatan tersebut. Bagaimana tidak, nama-nama dari yang memberi beserta nominalnya juga ditulis dalam sebuah kertas.

1 dari 4 halaman

Tak hanya nama, alamat dari yang memberi juga ditulis. Video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan warga yang tengah memberikan sumbangan memakai sebilah bambu.

Tak ada lagi kotak amplop ataupun amplop yang diselipkan ke tangan yang punya hajatan. 

amlop kondangan viral© TikTok @temin424

Entah bagaimana caranya uang tersebut dirangkai, tetapi uang yang dipajang nampak sangat banyak layaknya buket bunga berisi uang. Lihat saja ada bambu bertuliskan nominal Rp300 ribu, Rp500 ribu. Bahkan Rp1 juta hingga Rp2 juta.

2 dari 4 halaman

Warganet yang membanjiri kolom komentar pun menuliskan bahwa tradisi unik ini berasal dari Madura yang disebut dengan tradisi Sogukan atau Sogug.

Tradisi ini layaknya selebrasi dalam bentuk sumbangan untuk para penggelar hajatan. Seperti 'pohon uang, ini jadi pemandangan tersendiri dan jarang ditemui di daerah lainnya. 

amlop kondangan viral© TikTok @temin424

Banyak warganet yang juga mempertanyakan banyaknya duit orang-orang Madura yang begitu royal untuk menyumbangkan uang sebanyak itu.

Adapula yang menginfokan, jika masih ada ikatan keluarga, uang yang dikirim bisa besar-besaran.

3 dari 4 halaman

Berikut ini beberapa komentar warganet dengan ketakjubannya.

" Kalo gak salah ini tradisi sagukan, tradisi orang Madura, kalo salah."

" Kalau gak salah biasanya orang Madura acara hajatan. klu msih ada ikatan sanak familih sprti itu. besar" an klu yg mampu," balas akun @AZREL.

" Pohon uang semoga tumbuh di rumah ku juga amin," kata akun @Kami Asri.

" MAU TANYA TOLONG D JAWAB YAA, KENAPA ORANG MADURA ROYAL GLAMOR. KASIH TAU CARA JEMPUT REZEKI GMN."  

" y Allah ini acara apa ya ??" ucap akun @Musliha Mus

" bru tau uangnya di gituin... maaf ini acara apa ya…."  

" Ini hajatan pengantin."  

 

Beri Komentar