Arti Kata Gimmick dan Penerapannya dalam Berbagai Bidang

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 27 September 2022 17:35
Arti Kata Gimmick dan Penerapannya dalam Berbagai Bidang
Gimmick tak hanya digunakan di dunia hiburan saja, tetapi bisa juga di dunia politik dan marketing.

Dream – Istilah gimmick bukanlah kata yang digunakan dalam pembicaraan sehari-hari. Meski begitu, kata ini cukup populer di tengah masyarakat, terutama anak-anak muda. Apalagi saat ini semakin banyak bahasa gaul yang diucapkan oleh anak muda dan dengan cepatnya menjadi viral melalui media sosial.

Kata gimmick sendiri umumnya lebih sering digunakan dalam dunia hiburan, di mana ditujukan pada public figure yang ingin menarik perhatian masyarakat. Sehingga istilah ini pun kerap diasumsikan sebagai hal yang negatif.

Meski begitu, kata gimmick juga bisa digunakan pada bidang-bidang lainnya. Seperti di bidang politik dan marketing. Karena banyak orang yang menyebutkan kata gimmick, baik secara lisan maupun tulisan melalui media sosial, maka sahabat Dream pun perlu untuk mengetahui arti kata gimmick yang sebenarnya.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang arti kata gimmick sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Arti Kata Gimmick Menurut Kamus

Arti Kata Gimmick Menurut Kamus

Seperti dikutip dari kapanlagi.com, kata gimmick berasal dari bahasa Inggris. Di mana menurut cambridgedictionary.com, gimmick berarti suatu hal yang tidak serius atau bernilai nyata yang digunakan untuk menarik perhatian atau minat orang untuk sementara, terutama untuk membuat mereka membeli sesuatu.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gimik adalah gerak-gerik tipu daya aktor untuk mengelabui lawan peran; sesuatu (alat atau trik) yang digunakan untuk menarik perhatian.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Gimmick di Media

Saat berselancar di media sosial maupun media elektronik seperti televisi, tak sedikit yang menggunakan istilah gimmick. Apalagi jika media tersebut sedang membahas tentang berita-berita artis, maka istilah ini kerap kali digunakan untuk menunjukkan suatu karakter dari artis yang dituju. Di mana gimmick tersebut digunakan oleh public figure untuk bisa meningkatkan rating.

Gimmick yang dilakukan oleh public figure misalnya saja dari sisi riasan yang tampak menonjol, adegan tertentu, dan sebagainya. Dengan menggunakan gimmick, maka hal ini mampu meningkatkan kepopuleran dari artis tersebut di dunia hiburan. Sehingga cara ini bisa membantunya untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut dan membuatnya semakin laris.

Namun, di balik gimmick yang menguntungkan, tetaplah harus berhati-hati. Karena seiring berjalannya waktu, masyarakat atau penonton pun semakin pandai dalam menilai tontonan yang mereka nikmati. Jika gimmick itu dilakukan dengan berlebihan dan terlalu jelas, maka penonton bisa saja tidak merasa tertarik dan meninggalkannya.

3 dari 4 halaman

Arti Gimmick di Bidang Politik

Selain dari sisi dunia hiburan, arti kata gimmick juga digunakan dalam bidang politik. Menurut Dr. Tengku Murphi Nusmir, politik tanpa gimmick kurang menarik. Bentuk gimmick di dunia politik pun sangatlah beragam yang tidak hanya dari sisi program kerja pemerintahan saja. Tetapi bisa juga gimmick melalui fashion yang digunakan oleh para pejabat.

Misalnya saja seorang pejabat yang menerapkan fashion ala anak muda. Nah, cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian generasi milenial. Hal inilah yang pernah dilakukan oleh bapak Presiden Joko Widodo saat menggunakan sepatu jenis sneakers yang identik dengan anak muda.

Dari fenomena inilah, Silvanus Alvin selaku pengamat komunikasi politik mengatakan bahwa gaya hype kekinian yang digunakan oleh bapak Joko Widodo dikatakan sebagai gimmick. Hal itu dianggap sah saja dilakukan karena saat itu belaiu adalah salah satu celebrity politician dan memiliki daya tarik tersendiri.

4 dari 4 halaman

Arti Kata Gimmick di Bidang Marketing

Arti Kata Gimmick di Bidang Marketing

Arti kata gimmick cukup luas tergantung dengan bidang yang sedang dibahas. Dalam dunia marketing, kata gimmick ini juga termasuk kerap digunakan. Di dunia marketing, gimmick adalah bagian dari strategi pemasaran supaya produk yang ditawarkan menjadi terkenal dan diketahui oleh masyarakat. Gimmick yang diciptakan bisa berupa tampilan produk yang menarik hingga fitur-fiturnya.

Berikut adalah beberapa contoh gimmick di dunia marketing yang perlu sahabat Dream ketahui:

  • Produk dengan nama yang menarik. Nama yang menarik tersebut biasanya mudah untuk diingat dan membuat setiap orang langsung berpikiran pada produk itu.
  • Gimmick bisa dilakukan dengan cara yang simpel atau tidak merepotkan. Hal ini karena gimmick paling baik adalah saat tidak melakukan gimmick sama sekali. Dengan begitu, penggunaan gimmick pun bisa lebih diminimalisir.
  • Menciptakan iklan dengan hal yang tidak biasa.
Beri Komentar