Arti Takziah Adalah Beserta Keutamaan dan Adab-adabnya, Lengkap dengan Bacaan Doa yang Bisa Diamalkan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 16 Agustus 2022 16:00
Arti Takziah Adalah Beserta Keutamaan dan Adab-adabnya, Lengkap dengan Bacaan Doa yang Bisa Diamalkan
Takziah tak hanya sekadar datang dan mengucapkan belasungkawa, tetapi juga menghibur dan menyabarkan keluarga yang ditinggalkan.

Dream – Takziah yang biasa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan mendatangi seseorang yang meninggal dunia untuk melayat dan mengucapkan belasungkawa. Selain mengucapkan belasungkawa, bagi masyarakat Indonesia yang bertakziah ke rumah orang yang meninggal biasanya juga dengan memberikan amplop yang berisi uang.

Kemudian dari pihak keluarga yang ditinggalkan sudah menyediakan tempat bagi mereka yang datang bertakziah dan tidak ketinggalan juga disediakan makanan dan minuman. Namun, apakah sebenarnya takziah adalah bagian dari tradisi masyarakat atau Islam sendiri turut memerintahkannya?

Tentunya jika takziah hanya sekadar datang, mengucapkan belasungkawa, dan menerima suguhan yang diberikan pihak keluarga yang ditinggalkan, tentu esensi dari takziyah tersebut terasa kosong, apalagi jika dilihat dari perspektif Islam.

Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai takziah dalam Islam, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Pengertian Takziah

Pengertian Takziah© Shutterstock.com

Sebelum membahas lebih dalam tentang takziah, alangkah lebih baik jika sahabat Dream mengetahui terlebih dahulu pengertian dari takziah itu sendiri. Seperti dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takziah adalah kunjungan (ucapan) untuk menyatakan turut berdukacita atau belasungkawa atau hal menghibur hati orang yang mendapat musibah.

Kemudian dikutip dari islam.nu.or.id, takziah adalah menghibur, menyatakan belasungkawa, menyampaikan duka cita, dan menyabarkan keluarga orang yang meninggal.

Lalu dijelaskan juga oleh Imam Nawawi dalam ad-Adzkar ab-Nawawiyyah bahwa takziah adalah berikut:

Ketahuilah, takziah hakikatnya adalah tashabbur (mengajak sabar), menyampaikan hal-hal yang dapat menghibur keluarga orang meninggal, meringankan kesedihannya, dan memudahkan urusan musibahnya. Hukum takziah sendiri adalah sunnah. Ia mercakup urusan amar makruf dan nahi. Ia juga termasuk ke dalam firman Allah, Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran, (QS. Al-Maidah [al-Maidah [5]: 2). Ayat ini merupakan dalil paling kuat dalam urusan takziah.”

2 dari 3 halaman

Keutamaan Takziah

Setelah mengetahui bahwa takziah adalah tidak sekadar datang ke tempat orang yang meninggal dan mengucapkan belasungkawa, selanjutnya sahabat Dream juga perlu mengetahui apa saja keutamaan dari bertakziah. Mengingat bahwa Islam sendiri mengajarkan agar saling peduli dan menyayangi sesame, bahkan saat sesama meninggal dunia. Maka bertakziah adalah bentuk kepedulian kita kepadanya.

Nah, berikut adalah beberapa keutamaan takziah yang penting sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari umma.id.

Mendapatkan Pahala seperti Pahala Orang yang Tertimpa Musibah

Keutamaan takziah yang pertama adalah bisa mendapatkan pahala seperti pahala orang yang tertimpa musibah. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

Barangsiapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.” (HR. Tirmidzi).

Diberi Pakaian Kehormatan saat Hari Kiamat

Keutamaan melakukan takziah adalah diberikan pakaian kehormatan saat hari kiamat kelak. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berikut:

Tidaklah ada seorang mukmin yang bertakziah kepada saudaranya tatkala tertimpa suatu musibah, melainkan Allah SWT akan memberinya pakaian dari pakaian kemuliaan pada hari kiamat.”

Menjadi Amalan yang Utama

Dengan melakukan takziah, maka hal ini adalah bentuk amalan yang kita lakukan. Bahkan menjadi amalan yang utama. Rasulullah saw pun menjelaskan dalam sabda beliau berikut ini:

Amalan yang paling utama adalah menyenangkan orang mukmin, memberi pakaian dia untuk menutup auratnya, mengenyangkan kelaparannya atau memenuhi kebutuhannya.”

3 dari 3 halaman

Adab-adab Melakukan Takziah

Saat melakukan takziah, maka ada adab-adab yang sebaiknya diperhatikan oleh umat Islam. Hal ini agar takziah yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Berikut adalah beberapa adab takziah yang penting sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari m.oase.id:

  1. Ikhlas untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT.
  2. Menggunakan pakaian yang sopan dan menutup aurat.
  3. Berperilaku sopan dan menggunakan tutur kata yang baik.
  4. Memberikan bantuan kepada keluarga yang ditinggalkan.
  5. Membantu untuk mengurusi jenazah seperti yang dianjurkan dalam ajaran Islam.
  6. Membaca doa.

Berikut adalah bacaan doa saat sedang bertakziah yang bisa sahabat Dream amalkan:

أَعْظَمَ اللَّهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ  وَغَفَرَ لِمَيِّتِكَ

A'zhamallâhu ajrakum, wa ahsana 'azâ'akum, wa ghafara limayyitikum.

Sedangkan jika untuk perempuan, maka bacaannya adalah sebagai berikut:

 Adzamallaahu ajraka wa ahsana 'azaa-aka wa ghafara limayyitika.

Artinya: “ Semoga Allah memperbesar pahalamu, dan kamu bisa berkabung dengan baik serta mayatnya diampuni oleh Allah." (HR Bukhari dan Muslim)

Itulah penjelasan tentang pengertian takziah adalah tidak sekadar datang ke rumah orang yang meninggal dan mengucapkan belasungkawa saja. Tetapi lebih dari itu, yakni menghibur dan juga menyabarkan keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, dalam bertakziah hendaknya tetap memerhatikan adab-adab sesuai dengan ajaran Islam berikut bacaan doa bertakziah yang bisa sahabat Dream amalkan.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More