Asmaul Husna ‘Al-Hayyu’ Artinya Maha Hidup, Amalan Dzikir Agar Dijauhkan dari Kesulitan

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 6 Agustus 2022 18:01
Asmaul Husna ‘Al-Hayyu’ Artinya Maha Hidup, Amalan Dzikir Agar Dijauhkan dari Kesulitan
Salah satu nama yang terdapat dalam Asmaul Husna adalah Al-Hayyu yang artinya Maha Hidup.

Dream – Asmaul Husna merupakan kumpulan nama-nama indah bagi Allah SWT. Asmaul Husna telah tercantum di dalam Al-Quran dengan jumlah yang ganjil yaitu 99. Ini menjadi dasar bahwa Allah SWT memang menyukai jumlah yang ganjil. Sebab diri-Nya pun juga ganjil, yakni Maha Esa.

Sebagaimana firman Allah dalam Surah Thaha ayat 8: " Tidak ada Tuhan Melainkan Allah. Dialah Allah yang memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik)."

Nama-nama yang indah bagi Allah ini mewakili keagungan, kekuasaan serta kesempurnaan-Nya. Rasululullah Saw: “ Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Setiap Asmaul Husna memiliki arti dan makna yang sangat baik. Asmaul Husna yang berjumlah 99 itu memiliki berbagai keutamaan apalagi jika mampu memahaminya. Salah satu nama yang terdapat dalam Asmaul Husna adalah Al-Hayyu yang artinya Maha Hidup.

Dalam artikel kali ini, Dream akan mengulas arti dari Asmaul Husna ‘Al-Hayyu’. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Asmaul Husna ‘Al-Hayyu Artinya Maha Hidup

Arti dari Al-Hayyu adalah Yang Maha Hidup. Makna Al-Hayyu bukan hanya sebatas bahwa Allah Maha Hidup, melainkan juga mengandung makna bahwa Allah SWT tidak akan mati untuk selamanya.

Hal ini menegaskan bahwa Allah kekal abadi dari apapun di alam semesta ini. Bahkan saat alam beserta isinya hancur lebur, Allah tetap kokoh di ‘Arsy-Nya.

Asmaul Husna Al-Hayyu artinya tidak berawal serta tidak berakhir. Arti ini bertolak belakang dengan sesuatu yang tidak dapat berbuat apa-apa dan tidak dapat memeroleh apa-apa.

2 dari 3 halaman

Amalan untuk Dzikir

Ilustrasi© Pixabay.com

Asmaul Husna bisa menjadi amalan untuk dzikir dan doa. Berdzikir dengan Asmaul Husna termasuk Al-Hayyu, akan memberikan keutamaan luar biasa bagi pembacanya. Amalan dzikir dengan Asmaul Husna ini bisa dibaca rutin usai sholat maghrib.

Membaca dzikir Al-Hayyu menjadi pengakuan bahwa manusia adalah makhluk yang tidak kekal dan akan binasa sewaktu-waktu. Sementara Allah adalah Al-Hayyu yang Maha Hidup dan tak akan pernah binasa.

Tentu saja mengamalkan dzikir Asmaul Husna akan mendapatkan keutamaan yang besar, di antaranya ketenangan hati, membuka pintu rezeki, meningkatkan keimanan dan sebagai doa agar terhindar dari siksa neraka.

3 dari 3 halaman

Manfaat Melafalkan Asmaul Husna

Manfaat melafalkan Asmaul Husna adalah akan memberikan ketenangan hati dan melapangkan rezeki. Selain itu, manfaat berdzikir dengan Asmaul Husna juga akan membuat seorang Muslim selalu mengingat Allah dan dimudahkan segala urusannya.

Setiap umat Muslim dianjurkan untuk berdoa salah satunya dengan membaca Asmaul Husna. Sebab melafalkan doa Asmaul Husna akan diberi rahmat dan dijauhkan dari segala marabahaya oleh Allah Swt.

Mengutip NU Online, Syekh Shalih al-Ja'fari mengatakan dalam Kitab Khawwash Asma'ul Husna Littdawi wa Qadha-il Hajat, bahwa orang yang berdoa dengan membaca Asmaul Husna maka dirinya akan diberi kebaikan dalam hidup dan dijauhkan dari segala keburukan.

“ Jadi apabila engkau menyebut Ar Rahman Ar Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut Al Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya."

Selain itu, manfaat berdoa dengan menyebut Asmaul Husna juga akan dimudahkan segala urusan di dunia, agama dan akhirat. Tak hanya itu, orang yang membaca Asmaul Husna dan artinya akan diberikan keberkahan dan dijauhkan dari segala kesulitan.

" Menyebut asmaul husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan asmaul husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah utang melainkan Allah tunaikan utangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan asmaul husna."

Beri Komentar