Bacaan Doa agar Hajat Terkabul, Tata Cara, dan Amalan yang Sebaiknya Dilakukan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 27 September 2022 06:02
Bacaan Doa agar Hajat Terkabul, Tata Cara, dan Amalan yang Sebaiknya Dilakukan
Doa yang dipanjatkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT jika diiringi dengan tata cara yang baik serta melakukan amalan yang diperintahkan-Nya.

Dream – Setiap orang tentu memiliki harapan di dalam hidupnya yang ingin dicapai. Namun, bukan hal mudah untuk bisa meraih harapan tersebut. Memerlukan usaha keras dan yang tak kalah penting adalah doa. Karena usaha dan doa berjalan secara beriringan. Jika salah satunya ditinggalkan, maka akan sia-sia saja.

Islam sendiri selalu mengajarkan agar ketika umatnya memiliki suatu harapan, maka sampaikan melalui doa. Sahabat Dream bisa berdoa kapan saja, misalnya saja setelah menyelesaikan sholat. Dengan memanjatkan doa agar hajat terkabul, insya Allah Allah SWT akan mengabulkannya di waktu yang menurut-Nya paling tepat.

Nah, berikut adalah bacaan doa agar hajat terkabul serta tata cara berdoa yang baik dan benar sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Hajat Terkabul

Bacaan Doa agar Hajat Terkabul© Shutterstock.com

Setiap doa yang dipanjatkan seseorang terdapat harapan di dalamnya. Harapan apapun itu selama memberikan dampak yang baik, maka Allah SWT akan mengabulkannya. Namun, perlu diingat bahwa terkabulnya doa tidak harus selalu di waktu saat sahabat Dream berdoa. Terkabulnya doa bisa kapan saja dengan waktu yang menurut Allah SWT terbaik untuk kamu.

Berikut adalah bacaan doa agar hajat terkabul yang bisa sahabat Dream amalkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Allaahumma innii as’aluka bi annii asyhadu annaka antallaahu, laa ilaaha illaa antal ahadus shamad, alladzii lam yalid wa lam yuulad, wa lam yakullahuu kufuwan ahad.

Artinya: “ Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya.”

Selain itu, sahabat Dream juga bisa memanjatkan doa yang tercantum dalam Al-Quran pada surat Ali Imran ayat 26 – 27 berikut ini:

قُلِ اللهم مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “ Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.” (QS. Ali Imran: 26 -27).

2 dari 3 halaman

Adab dan Tata Cara Berdoa

Setelah mengetahui bacaan doa agar hajat terkabul, sahabat Dream juga perlu mengetahui bagaimana adab dan tata cara berdoa yang baik dan benar. Karena dengan adab dan tata cara yang baik, maka hal ini berpengaruh pada diterimanya doa oleh Allah SWT. Berikut adalah adab dan tata caranya yang perlu sahabat Dream perhatikan seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

  1. Mengonsumsi yang halal.
  2. Meyakini ijabah doanya.
  3. Menjaga hati agar tidak lalai saat berdoa.
  4. Tidak meminta sesuatu yang mengandung dosa.
  5. Tidak meminta sesuatu yang dapat memutuskan silaturahmi.
  6. Tidak meminta sesuatu yang dapat menyia-nyiakan hak umat Islam.
  7. Tidak meminta sesuatu yang mustahil secara umum.
  8. Memanfaatkan waktu-waktu yang afdhol dalam berdoa, yakni saat sujud dan saat jeda antara azan dan iqomah.
  9. Wudhu dan sholat terlebih dahulu sebelum berdoa.
  10. Menghadap kiblat dan mengangkat tangan saat berdoa.
  11. Tobat dan mengakui dosa terlebih dahulu sebelum berdoa.
  12. Ikhlas dalam berdoa.
  13. Membuka doa dengan tahmid dan sholawat Nabi.
  14. Mengakhirinya dengan sholawat Nabi.
  15. Membaca sholawat Nabi di tengah doa.

 

3 dari 3 halaman

Amalan agar Doa Cepat Dikabulkan

 

Amalan agar Doa Cepat Dikabulkan© Freepik.com

 

Ada beberapa amalan dalam Islam yang bisa sahabat Dream lakukan agar doa yang kamu panjatkan bisa cepat dikabulkan. Berikut adalah beberapa amalannya:

Banyak Berzikir

Amalan yang pertama adalah memperbanyak membaca zikir. Zikir juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, setelah menyelesaikan sholat jangan langsung meninggalkan tempat sholat, akan tetapi luangkan waktu untuk berzikir terlebih dahulu.

Bersedekah

Selain berzikir, sahabat Dream juga bisa bersedekah. Bersedekah sendiri tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Justru sedekah bisa membuat kamu kaya hati dan rezeki pun juga bisa bertambah.

Berdoa pada Waktu yang Mustajab

Usahakan saat sahabat Dream berdoa adalah ketika waktu yang mustajab. Yakni di saat sepertiga malam terakhir, saat mendengar azan, saat turun hujan, di hari Jumat, di antara azan dan iqomah, saat berpuasa, saat minum air zam-zam, saat hari Arafah, dan saat malam Lailatul Qodar.

Sholat Tahajud

Jika ingin doa cepat dikabulkan, maka usahakanlah untuk bangun di tengah malam dan melaksanakan sholat tahajud. Dengan mengerjakannya, maka Allah SWT akan memberikan petunjuk-Nya dan membuat hati sahabat Dream menjadi lebih siap dan mantap untuk mengejar apa yang kamu inginkan.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More