Bacaan Doa agar Pikiran Tenang dan Fokus, Insya Allah Bisa Mengembalikan Konsentrasi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Sabtu, 1 Oktober 2022 19:02
Bacaan Doa agar Pikiran Tenang dan Fokus, Insya Allah Bisa Mengembalikan Konsentrasi
Di saat pikiran sedang tidak tenang, doa inilah yang ampuh membantu.

Dream – Di saat pikiran sedang tidak tenang dan konsentrasi tidak terjaga baik, hal ini sangat berpengaruh pada aktivitas sahabat Dream sehari-hari. Kamu yang seharusnya bekerja atau sekolah, namun karena pikiran sedang terganggu, maka bisa membuat kerjaan atau sekolahmu menjadi tidak berjalan lancar.

Pikiran yang tidak tenang dan fokus tersebut penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya saja sedang ditimpa masalah yang membuat kamu mengalihkan pikiran hanya pada masalah tersebut. Sehingga, aktivitas kamu pun akhirnya terganggu.

Nah, sebenarnya ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan konsentrasi. Salah satunya adalah dengan membaca doa agar pikiran tenang dan fokus. Ya, doa menjadi penjembatan antara diri kamu dan Allah SWT untuk memohon agar bisa diberikan ketenangan kembali.

Berikut adalah bacaan doa agar pikiran tenang dan fokus sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Penyebab Pikiran Tidak Tenang

Penyebab Pikiran Tidak Tenang© Shutterstock.com

Pikiran yang tidak tenang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi ini tidak bisa dianggap sederhana. Karena jika terus berada dalam kondisi tersebut, seseorang akan stres dan bisa saja menjadi depresi. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab pikiran seseorang tidak tenang seperti dikutip dari fimela.com:

Berada di Lingkungan yang Tidak Nyaman

Penyebab yang pertama bisa karena sahabat Dream berada di lingkungan yang tidak nyaman. Karena setiap lingkungan yang ditempati belum tentu cocok dengan diri seseorang. Di saat lingkungan tidak nyaman, maka saat itulah kamu juga kesulitan untuk berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas kamu.

Kehilangan Tujuan Hidup

Setiap orang biasanya memiliki tujuan hidup masing-masing. Karena dengan tujuan itulah yang menjadi motivasi seseorang untuk terus melanjutkan hidup dan berusaha keras meraihnya. Tapi, ketika seseorang sudah kehilangan tujuan hidup, maka pikiran menjadi sulit untuk fokus.

Namun, kondisi ini bisa dikembalikan lagi dengan penanganan yang tepat. Misalnya saja menjalin komunikasi dengan orang terdekat atau orang yang memahami tentang masalah kamu. Tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukan semangatmu kembali.

Mengalami Trauma

Penyebab pikiran tidak tenang juga bisa terjadi karena pernah mengalami trauma. Trauma terjadi karena adanya kejadian yang sangat mengguncang dirimu dan membuat kamu tidak bisa melupakan kejadian tersebut. Bahkan dari rasa trauma ini, hati dan pikiran pun selalu diliputi dengan rasa tidak tenang.

Orang yang mengalami trauma ditunjukkan melalui berbagai sikap, seperti menutup diri, tidak percaya diri, dan selalu merasa takut.

2 dari 2 halaman

Doa agar Pikiran Tenang dan Fokus

Doa agar Pikiran Tenang dan Fokus© Shutterstock.com

Salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan fokus adalah dengan berdoa. Berdoa membuat kamu bisa menyampaikan keluh kesah kepada Allah SWT dan memohon akan kebaikan dirimu kepada-Nya. Berikut adalah bacaan doa agar pikiran tenang dan fokus yang bisa kamu amalkan:

Doa untuk Menyingkirkan Pikiran Negatif

وَقُلْ رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِيْنِ ۙ وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يَّحْضُرُوْنِ

Waqur rabbi a‘ûdzubika min hamazâtis syayâtîn wa a‘ûdzubika rabbi ay yahdlurûn.

Artinya: “ Dan katakanlah, “ Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekati aku.” (QS. Al-Mu’minum: 97 - 98).

Doa Membuka Pikiran

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya:Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

Itulah penjelasan tentang beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seseorang memiliki pikiran yang tidak tenang dan tidak fokus. Selain itu, doa agar pikiran tenang dan fokus tersebut bisa sahabat Dream amalkan untuk membantu agar bisa berkonsentrasi kembali. Sehingga, aktivitasmu sehari-hari pun bisa berjalan dengan lancar.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More