Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Beserta Keutamaan Membacanya, Bisa Dibukakan Pintu Langit

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 25 November 2022 09:27
Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Beserta Keutamaan Membacanya, Bisa Dibukakan Pintu Langit
Meskipun sunah, tapi alangkah lebih baik jika doa iftitah dibaca ketika sholat wajib maupun sunah.

Dream – Doa iftitah adalah salah satu doa yang dibaca ketika umat Islam sedang mengerjakan Sholat. Iftitah sendiri berasal dari kata “ fataha” yang artinya adalah pembukaan. Oleh karena itulah, doa iftitah ini dibaca pada awal sholat. Lebih tepatnya setelah takbiratul ihram.

Ada beberapa jenis bacaan doa iftitah, salah satunya adalah doa iftitah allahumaa baid baini. Doa iftitah ini jugalah yang kerap dibaca oleh Nabi Muhammad saw saat sedang mengerjakan sholat.

Meskipun hukum membaca doa iftitah adalah sunah, namun alangkah lebih baik jika doa tersebut tetap dibaca. Hal itu karena ada keistimwaaan barangsiapa membacanya. Jadi, akan sangat disayangkan jika sahabat Dream lewatkan begitu saja ketika sholat.

Berikut adalah bacaan doa iftitah allahumma baid baini yang dilengkapi dengan Arab, latin, dan artinya serta keistimewaan membaca doa tersebut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini© Unsplash.com

Membaca doa iftitah allahumma baid baini adalah sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra berikut:

Jika memulai shalatnya, Rasulullah diam sejenak. Maka aku bertanya, " Demi Allah, wahai Rasulullah, apa yang engkau baca saat diam antara takbir dan bacaan (al-Fatihah)?" Rasulullah menjawab, " Aku mengucapkan " Allahumma, ba'id baini..." (HR. Al-Bukhari).”

Sedangkan berikut ini adalah bacaan doa iftitah allahumma baid baini secara lengkap, baik Arab, latin, dan artinya yang bisa sahabat Dream hafalkan:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baid bainiy wa baina khotoyaaya kamaa baa'idta bainalmasyriqi walmaghribi. Allahumma naqqiiniy min khotoyaaya kamaa yunaqqii tsaubul abyadu minnad danasi. Allahummaghsilniyy min khotoyaaya bistalji wal maai wal barodi.

Artinya:Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkan (sucikan) dariku kesalahanku sebagaimana Engkau bersihkan (sucikan) baju yang putih dari kotoran. Ya Allah cucilah (bersihkanlah) aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air, dan embun.”

2 dari 4 halaman

Keistimewaan Membaca Doa Iftitah

Keistimewaan Membaca Doa Iftitah© Shutterstock.com

Meskipun membaca doa iftitah dalam sholat hukumnya adalah sunah, namun di baliknya terdapat keistimewaan barangsiapa membacanya. Oleh karena itu, membaca doa iftitah, seperti doa iftitah allahumma baid baini sangatlah dianjurkan. Berikut adalah beberapa keistimewaan membaca doa iftitah dalam sholat yang perlu sahabat Dream ketahui:

Mendapatkan Pahala

Keistimewaan membaca doa iftitah saat sholat adalah mendapatkan pahala. Ya, Allah SWT memberikan banyak sekali peluang bagi umat Islam untuk mengumpulkan pahala. Salah satunya melalui bacaan doa iftitah ketika mengerjakan sholat. Baik itu sholat fardhu maupun sholat sunah.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa bacaan doa iftitah ini menggambarkan tentang hakikat seorang makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak pernah lepas dari adanya dosa dan salah. Nah, doa iftitah ini adalah bentuk permohonan kepada Allah SWT dan menjadi sumber pahala bagi setiap umat Islam.

Doanya Diangkat oleh Para Malaikat

Keistimewaan yang kedua dari membaca doa iftitah, seperti doa iftitah allahumma baid baini adalah doanya diangkat oleh para malaikat. Hal ini sesuai dengan hadis shahih dari Anas bin Malik ra bahwa saat ada seorang laki-laki Muslim yang membaca doa iftitah dan ketika itu sedang mengerjakan sholat, saat itulah Nabi Muhammad saw bersabda:

Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki Muslim) mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah SWT.” (HR. Muslim).

Untuk Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Ada berbagai cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Misalnya saja dengan sholat, berdoa, berdzikir, dan sebagainya. Selain itu, melalui membaca doa iftitah juga adalah bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal ini karena membaca doa iftitah sangatlah lengkap. Dalam bacaan tersebut mencakup tentang permohonan ampun kepada Allah SWT, mohon untuk diberikan petunjuk dan memohon keselamatan serta perlindungan kepada-Nya.

Oleh karena itulah, doa iftitah seperti doa iftitah allahumma baid baini sangatlah dianjurkan dibaca ketika sholat. Baik itu saat sahabat Dream mengerjakan sholat wajib maupun sholat sunah.

Dibukakan Pintu Langit

Keistimewaan berikutnya dari membaca doa iftitah adalah dibukakan pintu langit. Hal ini sesuai dengan hadis sunah dari Ibnu Umar ra bahwa Ibnu Umar berkata saat kami mengerjakan sholat dengan Nabi Muhammad saw lalu melihat seorang laki-laki membaca doa iftitah dalam sholatnya, kemudian Nabi saw bersabda:

Aku heran dibukakan baginya pintu-pintu langit.”

Lalu Ibnu Umar ra berkata sejak itulah ia tidak pernah lagi meninggalkan doa iiftitah, yakni sejak Nabi saw berkata seperti itu.

 

3 dari 4 halaman

Kaidah Membaca Doa Iftitah

Ketika sahabat Dream membaca doa iftitah, maka ada kaidah-kaidah yang harus diperhatikan. Tentunya kaidah tersebut jangan sampai dilanggar oleh umat Islam. Berikut adalah beberapa kaidah membaca doa iftitah yang perlu sahabat Dream ketahui:

  1. Doa iftitah hanya dibaca pada saat rakaat pertama saja.
  2. Doa iftitah dibaca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al-Fatihah.
  3. Jika sahabat Dream lupa membaca doa iftitah di rakaat pertama, maka boleh membacanya pada rakaat yang berikutnya.
  4. Untuk makmum masbuk atau orang yang datangnya terlambat dan tertinggal bacaan Al-Fatihah oleh imam, maka diperbolehkan untuk tidak membaca doa iftitah.
4 dari 4 halaman

Adab dan Etika Membaca Doa Iftitah

Selain ada kaidah-kaidah yang harus dipatuhi saat membaca doa iftitah, ada juga adab dan etika membaca doa iftitah yang tak kalah penting untuk diperhatikan oleh umat Islam ketika mengerjakan sholat. Berikut adalah beberapa adab dan etika membaca doa iftitah yang penting sahabat Dream ketahui:

  1. Doa iftitah dibaca dengan suara yang pelan dan tidak boleh mengganggu kekhusyukan ibadah orang lain.
  2. Jika kamu khawatir akan tertinggal bacaan surat Al-Fatihah bersama dengan imam, maka disunahkan untuk membaca doa iftitah yang versi pendek saja.
  3. Makruh hukumnya untuk membaca doa iftitah dengan suara yang keras.
  4. Hukumnya sunah untuk menggabungkannya dengan bacaan takbiratul ihram.
  5. Diperbolehkan untuk menggabungkan dengan beberapa versi dari doa iftitah, selama hal itu memenuhi syarat tertentu.

Itulah bacaan doa iftitah allahumma baid baini yang mudah untuk sahabat Dream hafalkan, beberapa keistimewaannya yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja, kaidah membaca doa iftitah, serta adab dan etika membaca doa iftitah. Jadi, usahakan untuk selalu membacanya ketika sedang sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunah ya, sahabat Dream.

Beri Komentar