Bacaan Doa Menghadapi Orang Marah dan Cara Mengatasi yang Tepat agar Emosi Mereda

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 20 September 2022 20:01
Bacaan Doa Menghadapi Orang Marah dan Cara Mengatasi yang Tepat agar Emosi Mereda
Doa menjadi jurus jitu ketika ada orang marah agar dirinya bisa tenang kembali.

Dream – Ketika seseorang sedang diliputi kemarahan, tak jarang orang di sekitarnya berusaha menghindar. Apalagi jika sampai emosi meluap hebat dengan nada tinggi, sebisa mungkin menjauh dari orang tersebut agar tidak menjadi sasaran kemarahannya.

Tapi, tahukah sahabat Dream bahwa di dalam Islam ada doa menghadapi orang marah? Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika melihat orang yang sedang marah atau suasana hatinya tampak sedang tidak senang. Berharap dengan doa tersebut, kemarahan seseorang bisa mereda dan tenang kembali.

Selain membaca doa menghadapi orang marah, sahabat Dream juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi orang yang sedang marah. Jangan sampai kamu salah cara dan justru menjadi bagian dari kemarahannya.

Nah, berikut adalah bacaan doa menghadapi orang marah yang bisa diamalkan dan cara mengatasinya sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Menghadapi Orang Marah

Bacaan Doa Menghadapi Orang Marah© Shutterstock.com

Melihat orang yang sedang marah, akan lebih baik jika sahabat Dream tidak turut campur di dalamnya. Hal ini bisa saja akan semakin menambah kemarahan. Apalagi di suasana seperti itu hanya ada emosi yang memenuhi hati dan pikiran. Dikhawatirkan orang yang sedang marah bisa melakukan sesuatu yang membahayakan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memanjatkan doa menghadapi orang marah saja.

Berikut adalah bacaan doanya yang bisa sahabat Dream amalkan:

لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لآَاِلهَ اِلآّ اَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

La ilaaha illalloohul haliimul hakiimu subhaanallohi robbis samaawaatis sab’i wa robbil ‘arsyil ‘adziimi laa ilaaha illaa anta ‘azza jaaruka wa jalla tsanaa uka.

Artinya: “ Tiada Tuhan melainkan Allah yang Maha kasih sayang lagi Maha bijaksana, Maha suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan yang memelihara 'arsy yang besar tiada Tuhan melainkan Engkau, sangat kuat perlindunganMu dan Maha tinggi perlindunganMu.”

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Orang yang Marah

Cara Mengatasi Orang yang Marah© Unsplash.com

Menghadapi orang yang sedang marah memang tidaklah mudah. Ada tipe orang yang bisa didekati oleh orang-orang tertentu saja saat sedang marah. Tapi ada juga yang tidak bisa didekati ketika sedang marah dan justru bisa saja emosinya akan semakin memuncak. Oleh karena itu, sahabat Dream harus ekstra hati-hati saat menghadapi orang yang sedang marah.

Jika ingin menghadapi orang yang marah, pastikan sahabat Dream mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa caranya sebagaimana dirangkum Dream melalui fimela.com:

Tiap Orang Miliki Temperamen yang Berbeda

Perlu untuk diketahui bahwa setiap orang memiliki temperamen yang berbeda-beda. Mungkin bagi kita hal yang sederhana, tapi bagi orang lain itu bisa menyulut amarah. Jadi, penting untuk memahami temperamen dari orang-orang yang kamu hadapi.

Kita pun tidak kuasa untuk mengubah karakteristik orang. Hanya bisa berusaha untuk menggunakan cara-cara terbaik agar bisa menghadapinya, tanpa memunculkan masalah baru.

Berbicara secara Lembut

Saat menghadapi orang yang marah, kita tidak bisa sama-sama bersikap marah. Ibarat api yang bertemu api, maka akan semakin berkobar. Ketika sudah ada api, maka bersikaplah sebagai air yang menenangkan. Berbicaralah dengan nada yang lembut. Cara ini ampuh utnuk menghemat energi kita sendiri serta membuat situasi menjadi lebih tenang.

Menyampaikan Perasaan

Tak jarang ketika menasihati orang yang marah adalah dengan mengucapkan kalimat “ jangan marah-marah”. Namun, akan lebih baik jika kalimat tersebut diganti dengan “ bisa nggak kalau kamu tidak marah-marah sama aku?”. Dalam hal ini kita berfokus pada perasaan diri kita sendiri. Tidak bermaksud untuk menyudutkan orang yang sedang marah. Karena ketika mereka disudutkan, tidak menutup kemungkinan kemarahannya akan semakin menjadi.

Menjaga Jarak

Selain membacakan doa menghadapi orang marah, sahabat Dream juga bisa menjaga jarak dengan orang marah tersebut demi meredam amarahnya. Karena tidak jarang, orang yang menghadapi orang marah juga bisa ikut-ikutan marah dan jengkel.

Jadi, tinggalkan orang tersebut untuk beberapa waktu agar kemarahannya mereda secara perlahan. Jika dirasa sudah mereda, maka bisa diajak bicara pelan-pelan. Dan ika memang sudah tidak ada hal penting lagi yang dibicarakan, sebaiknya kamu pergi dan melakukan aktivitas lainnya yang lebih penting.

Mencari Mediator

Cara mengatasi orang yang marah berikutnya adalah mencari mediator. Terutama ketika menghadapi orang yang pemarah dan juga melakukan kekerasan. Maka, demi menjaga keamanan diri sendiri, sebaiknya mencari mediator yang bisa menjadi penengah untuk menolong kamu. Karena kembali lagi, setiap orang memiliki hak untuk bisa mendapatkan hidup yang nyaman dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

Beri Komentar