Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat dan Manfaatnya Sebagai Pengingat Kematian

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 19 Maret 2022 06:01
Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat dan Manfaatnya Sebagai Pengingat Kematian
Ziarah kubur adalah aktivitas yang mengingatkan manusia kepada kematian.

Dream - Kegiatan ziarah kubur banyak dilakukan masyarakat terutama menjelang Ramadan seperti saat ini. Setelah saling meminta maaf dengan saudara yang masih hidup karena hendak menyambut bulan puasa, beberapa umat Muslim biasanya membaca doa ziarah ke orang tua atau sanak keluarga lain di makam mereka.

Tak hanya kerabat dekat, di kesempatan berbeda, ada kalanya ziarah kubur juga dilakukan dengan mengunjungi makam tokoh-tokoh terkenal seperti para ulama dan pahlawan. Ziarah kubur bertujuan untuk mendoakan arwah orang-orang yang sudah meninggal. Doa yang dipanjatkan orang hidup dipercaya bisa sampai pahalanya ke orang mati yang ditujukan.

Rasulullah Saw yang awalnya melarang ziarah kubur, pada akhirnya juga menganjurkan melaksanakan ibadah ini. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra dikisahkan Nabi Muhammad saw sedang berziarah di makam ibunya dan kemudian menangis hingga membuat orang-orang di sekitarnya juga turut menangis.

Saat ziarah ke makam ibunya, Rasulullah memohon kepada Allah untuk mengampuni dosa-dosa sang ibu. Selain itu, dalam hadis yang sama ziarah kubur disebut sebagai aktivitas yang mengingatkan manusia kepada kematian. Sehingga penting bagi kita untuk mengikuti sunnah Rasulullah Saw tersebut.

Rasulullah juga telah menjelaskan tentang tata cara ziarah kubur agar tindakan yang kita lakukan tak sampai menjerumuskan pada kemusyrikan. 

Lantas apa yang dilakukan ketika ziarah kubur? Ketika ziarah kubur kita dianjurkan untuk mendoakan orang yang kita ziarahi kuburnya. Bacaan doa ziarah kubur tentu penting diketahui. Jika kamu kesulitan dengan doa ziarah kubur yang panjang, kali ini Dream akan memaparkan bacaan doa ziarah kubur singkat, agar kamu lebih mudah memahami dan menghafalkannya.

1 dari 4 halaman

Doa Ziarah Kubur Singkat

Bacaan doa ziarah kubur singkat dibaca agar para arwah yang telah meninggal dunia diberi keselamatan dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt. Bacaan doa ziarah kubur singkat ini bisa kamu panjatkan untuk semua orang mukmin dan muslim. Dengan membaca doa ziarah kubur singkat ini secara tidak langsung mengingatkan kita kepada kematian yang bisa datang kapan saja tanpa permisi.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu'alaikum ahlad-diyaari minal mukminiina wal muslimiin, wa innaa insyaa alloohu bikum laahiquun, nas 'alullooha lanaa wa lakumul 'aafiyah.

Artinya:

" Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, dan sesungguhnya Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua."

2 dari 4 halaman

Doa Ziarah Kubur Orang Tua Singkat

Selain bacaan doa ziarah kubur singkat di atas, kamu juga bisa membaca doa khusus saat mengunjungi makam orang tuamu. Berikut bacaan doa ziarah kubur untuk orang tua yang sudah meninggal:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

Artinya:

“ Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah), berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

3 dari 4 halaman

Manfaat Ziarah Kubur yang Perlu Diketahui

Sebelum mengetahui bacaan doa ziarah kubur singkat, kamu juga perlu memahami manfaat dari melakukan aktivitas ziarah kubur ini. Tidak seperti yang digaungkan orang anti sunnah, mereka menyebut bahwa ziarah kubur adalah kegiatan syirik dan musyrik.

Padahal ziarah kubur jika dilakukan sesuai sunnah nabi, maka akan memberikan manfaat bagi pelakunya. Berikut beberapa manfaat ziarah kubur yang penting untuk diketahui agar tidak salah paham:

1. Pengingat Kematian

Manfaat ziarah kubur adalah mengingatkan kita kepada kematian. Hal ini seperti hadis yang disampaikan oleh Rasulullah Saw. Beliau memperbolehkan ziarah kubur yang awalnya dilarang karena ternyata ziarah kubur bisa mengingatkan manusia kepada kematian.

2. Mendoakan Almarhum

Orang yang sudah meninggal memerlukan siraman doa-doa dari orang yang masih hidup, termasuk anak sholeh yang mendoakannya.

Dengan ziarah kubur, hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal. Karena para arwah mendapatkan kiriman doa dari orang yang masih hidup.

Tujuan ziarah kubur adalah mendoakan orang yang diziarahi. Dalam doa tersebut mengandung permohonan agar orang yang sudah meninggal mendapatkan ampunan dari Allah serta dilapangkan kuburnya.

4 dari 4 halaman

3. Betawasul kepada Orang-orang Sholeh

Selain kedua manfaat di atas, ziarah kubur juga menjadi sarana bertawasul dengan orang-orang soleh, seperti para nabi dan para ulama yang telah mendakwahkan agama Islam.

Seperti halnya saat bertawasul di makam Walisongo, makam kyai, dan orang-orang sholeh lainnya. Tawasul adalah bagian dari amal ibadah. Hal ini sama dengan berhusnudzon kepada orang-orang sholeh yang diziarahi.

Bahkan tawasul ini tidak harus dengan orang, namun bisa dengan benda-benda yang pernah digunakan oleh orang-orang soleh terdahulu. Hal ini seperti kisah saat Nabi Ayub as bertawasul dengan menggunakan pakaian milik Nabi Yusuf as untuk bisa menyembuhkan matanya yang buta.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar