Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Penampakan Kuat Ma'ruf Jadi Saksi Sidang Etik Ferdy Sambo

Begini Penampakan Kuat Ma'ruf Jadi Saksi Sidang Etik Ferdy Sambo Kuat Ma'ruf Jadi Saksi Sidang Etik Ferdy Sambo (merdeka.com)

Dream - Kuat Ma'ruf hadir dalam sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri (KKEP) Irjen Ferdy Sambo, Kamis 25 Agustus 2022. Ia merupakan sopir Ferdy Sambo, sekaligus tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Kuat tiba di Ruang Sidang KKEP Gedung Transnational Crime Center (TNCC), Lantai 1 Rowabprof Divpropam Polri pukul 11.20 WIB.

Ia terlihat mengenakan kemeja berwarna hitam dipadukan dengan celana jeans biru. Kuat bersama tiga personel Provost berbaris membentuk satu banjar memasuki ruang sidang.

Kuat memiliki perawakan berambut pendek tipis, dengan badan yang gempal berisi. Tidak jelas bentuk wajah darinya, karena saat datang mengenakan masker berwarna biru muda dan langsung memasuki ruang persidangan.

Kuat merupakan satu dari 15 saksi yang dihadirkan dalam sidang etik Ferdy Sambo hari ini. “Saya mau update untuk saksi-saksi yang dihadirkan pada hari ini. Tadi disampaikan ada lima orang dari patsus Brimob, dengan inisial HK, BA, AN, S, BH. Mereka hadir bersamaan dengan FS,” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Nurul Azizah, di Mabes Polri Jakarta, Kamis 25 Agustus 2022.

Nurul menambahkan, tambahan saksi datang berasal dari sejumlah anggota yang ditempatkan khusus di Provos dengan total jumlah lima anggota. Mereka adalah RS, AR, ACN, CP, RS.

“Sisanya mereka yang ditempatkan di tempat khusus Bareskrim, yaitu RR, KM, RE dan dua orang saksi dari luar yang tidak ditempatkan di penempatan khusus yaitu HM dan MB. Namun mereka dihadirkan melalui zoom,” jelas Nurul.

Sebelumnya, Kuat Maruf ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kuat Ma'ruf diduga membantu Ferdy Sambo membunuh Brigadir J. Selain itu, ia juga menjadi saksi atas tewasnya Brigadir J.

"KM membantu dan menyaksikan penembakan korban," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto.

Sumber: merdeka.com

Bukan Sopir Sembarangan, Ini Sosok Kuat Ma'ruf 'Squad' yang Ancam Bunuh Brigadir J dan Muluskan Rencana Jahat Ferdy Sambo

Dream - Kuat Ma'ruf, merupakan satu dari lima tersangka pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yoshu Hutabarat.

Kuat ditetapkan tersangka usai terbukti menyaksikan dan terlibat dalam rencana pembunuhan Brigadir J yang diotaki Ferdy Sambo.

Kuat Ma'ruf sudah lama bekerja dengan keluarga Ferdy Sambo sebagai asisten rumah tangga (ART) dan sopir. Saking dekatnya, Kuat Ma'ruf bahkan dipercaya menyimpan informasi penting Sambo.

Baru-baru ini terungkap, Kuat Ma'ruf merupakan orang yang mengancam akan membunuh Brigadir J. Hal itu diungkap Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.

"Kami komunikasi dengan Vera (pacar Brigadir J) keterangan cukup detail salah satu intinya bahwa betul tanggal 7 malam kan kematian tanggal 8, memang tanggal 7 ada ancaman pembunuhan," kata Anam.

Mendapat informasi tersebut, Komnas HAM terus menggali, siapa yang memberikan ancaman pembunuhan tersebut. Kala itu, Vera menyebut ancaman berasal dari 'skuad'. Tapi Vera tidak tahu siapa yang dimaksud dengan 'skuad' yang mengancam Yosua.

"Siapa yang melakukan? Vera bilang oleh skuad. Skuad ini siapa, apa ADC apa penjaga, sama sama tidak tahu, saya juga tidak tahu," ujarnya.

"Ujungnya nanti kita tahu bahwa skuad yang dimaksud itu adalah Kuat Ma'ruf. Si Kuat, bukan skuad penjaga ternyata," imbuhnya.

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit mengungkapkan Kuat juga yang menghubungi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Rhekynellson Soplanit untuk datang ke TKP penembakan Brigadir J di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Salah satunya, Kasat Reskrim Polres Jaksel yang hadir pertama di TKP pukul 17.30 WIB, pada saat itu yang bersangkutan dihubungi driver saudara FS (KM)," kata Sigit dalam rapat bersama Komisi III DPR RI, Rbu 24 Agustus 2022.

Sigit menyebut, polisi yang datang setelahnya adalah personel dari Biro Provos Divisi Propam Polri sekitar pukul 17.47 WIB atas perintah Ferdy Sambo. Mereka kemudian melakukan pendataan dan pengamanan barang bukti.

Sementara itu, masuk pukul 19.00 WIB, para saksi antara lain Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf pun dimintai keterangan di Kantor Biro Paminal Divisi Propam Polri. Untuk pelaksanaan olah TKP baru selesai pukul 19.40 WIB.

Sigit menuturkan, Kuat Maruf sempat mau melarikan diri setelah petugas mengungkap peristiwa yang sebenarnya.

"Tersangka Kuat Ma'ruf sempat mau melarikan diri. Namun, berhasil kami tangkap," ujar Sigit.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Sarifuddin Suding, juga mengungkap keterlibatan Kuat Ma'ruf dan kasus pembunuhan Brigadir J. Menurutnya, pernyataan Kuat Ma'ruf membuat Ferdy Sambo meradang hingga tega menghabisi nyawa ajudannya sendiri.

Pada tanggal 4 Juli, kata Sudding, terjadi sebuah peristiwa di rumah itu. Menurut informasi itu, pada siang hari di tanggal itu, Putri tidur di sofa di ruang tamu. Kemudian datang Brigadir J dan akan membopong Putri ke dalam kamar.

" Melihat kejadian itu, si Kuat membentak Brigadir J agar tidak melakukannya. Lalu Brigadir J mengurungkan niatnya," kata Sudding.

Pada tanggal 7 Juli pukul tujuh pagi, Ferdy Sambo balik ke Jakarta. Setelah itu, ada kejadian lagi di rumah Magelang tersebut, pada sore harinya.

" Pukul 17.30, menjelang Magrib, ini sebenarnya pemicu. Saat itu Brigadir J masuk ke dalam kamar dan Putri di lantai dua, keluar dari kamar dilihat oleh Kuat mengendap-endap lalu kemudian ditegur kenapa masuk ke kamar ibu, kemudian lari," beber Sudding.

Menurut Sudding, informasi itu menyebut terdengar Putri yang berada di dalam kamar menangis. Tangisan itu terdengar oleh Kuat dan Susi. " Lalu kemudian ingin mengonfirmasi apa yang sedang dialami oleh Putri."

Kuat, kata Sudding, lantas menyarankan Putri melaporkan kejadian itu kepada Ferdy Sambo. Sehingga pada pukul sebelas malam, Putri menelepon suaminya untuk melaporkan peristiwa pada tanggal tujuh sore itu.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Kesalahan Saat Pakai Jeans yang Bikin Rusak Penampilan

5 Kesalahan Saat Pakai Jeans yang Bikin Rusak Penampilan

Mulai sekarang, mengenakan celana jeans ada aturannya.

Baca Selengkapnya
Inspirasi Padu Padan Warna Biru untuk Hijaber, Sontek Yuk

Inspirasi Padu Padan Warna Biru untuk Hijaber, Sontek Yuk

Celana jeans yang dipadukan dengan blouse biru lengan balon akan menambah kesan kasual pada look Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Beredar Foto Ferdy Sambo di Tahanan Usai Isu Tak Ditahan dan Tidur di Ruang Ber-AC, Model Rambut Bikin Salfok

Beredar Foto Ferdy Sambo di Tahanan Usai Isu Tak Ditahan dan Tidur di Ruang Ber-AC, Model Rambut Bikin Salfok

Rambutnya terlihat lebih panjang dan dikuncir. Tentu saja penampilannya itu sangat berbeda dibanding saat masih menjadi Kadiv Propam Polri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Memilih Sepatu yang Cocok dengan Celana Jeans Pria, Awas Jangan Salah Kaprah!

Cara Memilih Sepatu yang Cocok dengan Celana Jeans Pria, Awas Jangan Salah Kaprah!

Tips cara memilih sepatu yang cocok dengan celana jeans pria, awas jangan sampai salah pilih!

Baca Selengkapnya
Gelap Mata Nenek Bunuh Suami Gegara Kartu Pos dari Wanita yang Dikencaninya 60 Tahun Silam

Gelap Mata Nenek Bunuh Suami Gegara Kartu Pos dari Wanita yang Dikencaninya 60 Tahun Silam

Bertha menghadapi dakwaan percobaan pembunuhan dan penyerangan terhadap seseorang berusia 65 tahun

Baca Selengkapnya
Curhat Pengantin Bikin Baju Syar'i Sendiri Sampai Rombak Desain 3 Kali

Curhat Pengantin Bikin Baju Syar'i Sendiri Sampai Rombak Desain 3 Kali

Pengantin wanita ini memadukan gaun pengantin yang syar'i tersebut dengan hijab yang menutup dada.

Baca Selengkapnya
Heboh Prabowo Buka Baju di Atas Panggung Saat Konser Dewa 19, Langsung Lempar Kemeja ke Penonton

Heboh Prabowo Buka Baju di Atas Panggung Saat Konser Dewa 19, Langsung Lempar Kemeja ke Penonton

Prabowo yang mengenakan kemeja berwarna biru terlihat naik ke atas panggung menyapa penonton konser.

Baca Selengkapnya
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Biasanya, serabi disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula kelapa, memberikan sentuhan manis yang menggoda.

Baca Selengkapnya
Ini 15 Arti Mimpi Pakai Baju Merah, Pertanda Ambisi dan Keberanian Raih Impian

Ini 15 Arti Mimpi Pakai Baju Merah, Pertanda Ambisi dan Keberanian Raih Impian

Kebenaran arti mimpi pakai baju merah bersifat spekulatif.

Baca Selengkapnya