Petugas Cleaning Service Bandara Kualanamu, Dewi Lestari, Temukan Emas 97 Gram (Instagram @tkpmedan)
Dream - Seorang petugas kebersihan di Bandara Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, Dewi Lestari, 30 tahun, menuai kekaguman. Dia memilih mengembalikan emas seberat 97 gram yang ditemukan tergeletak di toilet bandara.
Penemuan itu berlangsung pada 4 Januari 2022. Saat sedang bertugas membersihkan toilet di lantai II, Dewi menemukan sebuah pouch bag yang diduga milik penumpang.
Dewi memeriksa isi pouch bag itu dan terkejut. Di dalamnya ada emas dalam bentuk perhiasan.
" Saya melihat ada pouch bag di dalam toilet, setelah dilihat isi di dalamnya ternyata emas, sangat terkejut sekali," ujar Dewi.
Begitu tahu isi tas itu barang berharga, Dewi tak gelap mata. Dia memilih menyerahkan barang itu ke pengelola bandara.
Sebelum diserahkan, Dewi melapor koordinator kebersihan Bandara Kualanamu mengenai temuannya. Setelah itu, barang tersebut diserahkan kepada bagian keamanan bandara.
" Saya melaporkan dengan pengawas, selanjutnya emas tersebut diserahkan kepada petugas Avsec (Aviation Security) Bandara Kualanamu," kata dia.
Dewi bekerja sebagai petugas kebersihan di bawah naungan PT Angkasa Pura Solusi. Perusahaan ini merupakan anak usaha PT Angkasa Pura II yang dibentuk melalui skema kerja sama dengan ISS Indonesia.
Manajer KSO APS ISS, Beng Syandi, mengaku bangga dengan kejujuran Dewi. Menurut dia, Dewi sudah bekerja sejak 2017 dan memiliki kinerja serta perilaku baik.
" Selama lima tahun kerja, dia dinilai baik," kata Syandi.
Asisten Manager Humas Angkasa Pura II Kualanamu, Novita Maria Sari, menyatakan emas tersebut saat ini masih disimpan Avsec. Barang itu belum diambil oleh pemiliknya.
" Kami hingga detik ini menunggu pemilik emas itu," kata Novita, dikutip dari Merdeka.com.
Dream - Seorang pekerja cleaning service Bandara Soekarno-Hatta Tangerang menjadi bukti sifat jujur masih ada di kalangan masyarakat. Halimah (36) tak silap dengan harta saat menemukan sebuah dompet berisi cek senilai Rp35,9 miliar.
Perempuan warga Bojong Rojed, Teluknaga Tangerang ini memutuskan menyerahkan dompet yang juga berisi paspor kepada petugas keamanan. Saat ditemukan, Halimah sama sekali tak mengetahui isi di dalamnya.
Bekerja selama 10 tahun sebagai pengawas cleaning service, Halimah, mengaku menemukan dompet tersebut tergeletak di kursi ruang tunggu koridor sebelum areal boarding lounge Bandara.
Di hari itu, Halimah sedang bertugas mengawasi kebersihan area Centra Coridor Departure terminal 2E Bandara Soetta.
" Sama sekali tidak saya buka, saya langsung laporkan ke sekuriti yang berjaga saat itu," ucap ibu dua anak ini dikutip dari Merdeka.com.
Dia menerangkan, dompet itu ditemukan pada Jumat (29/10) pagi. Setelah diserahkan dan dibuka oleh petugas keamanan, semua petugas terkejut saat melihat isi di dalam dompet tersebut.
Dompet itu berwarna cokelat itu berisi 4 buku tabungan berbagai bank, 1 paspor dan 2 lembar cek senilai Rp35,9 miliar.
Meski akhirnya mengetahui isi dompet tersebut, Halimah mengatakan akan selalu memegang prinsip untuk tidak mengambil hak orang lain seberapa besar atau kecil barang tersebut.
" Prinsip saya dalam bekerja sekecil dan seberapa pun besar nilai barang yang kami temukan, kalau bukan hak kita ya jangan. Dan kita sebagai pengawas mengedepankan akhlak dan kejujuran kepada semua anak buah," ucap Halimah.
PT Angkasa Pura Solusi (APS) sebagai perusahaan tempat penyedia jasa outsourcing yang merupakan tempat Halimah bekerja, mengapresiasi kejujuran ibu dua anak itu dalam menjalankan tugasnya. Diketahui Halimah saat ini masih berstatus pekerja alih daya.
Dihubungi terpisah, PT Corporate & Marketing Communication Manager Angkasa Pura Solusi Virgiawan juga turut mengapresiasi kejujuran Halimah.
" Kami sangat mengapresiasi sekali. Semoga prinsip amanah yang dipegang teguh Halimah dapat memotivasi rekan-rekan lain untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dalam bekerja serta amanah sesuai dengan Core Values AKHLAK BUMN," ucap dia.
Sementara untuk penumpang yang merasa kehilangan dompet, Virgiawan meminta untuk menghubungi call center Bandara Soekarno-Hatta di nomor 138.
" Manajemen PT Angkasa Pura Solusi akan memberikan reward kepada petugas tersebut," jelas Virgiawan.
(Sah, Sumber: Merdeka.com)
Advertisement
4 Komunitas Seru di Bogor, Capoera hingga Anak Jalanan Berprestasi
Resmi Meluncur, Tengok Spesifikasi dan Daftar Harga iPhone 17
Keren! Geng Pandawara Punya Perahu Ratusan Juta Pengangkut Sampah
Pakai AI Agar Tak Khawatir Lagi Salah Pilih Warna Foundation
Video Sri Mulyani Menangis di Pundak Suami Saat Pegawai Kemenkeu Nyanyikan `Bahasa Kalbu`
Rangkaian acara Dream Inspiring Women 2023 di Dream Day Ramadan Fest Day 5
Halte TJ Senen Sentral yang Terbakar, Berubah Jadi Halte Jaga Jakarta
Nyaman, Tangguh, dan Stylish: Alas Kaki yang Jadi Sahabat Profesional Modern
Kemenag Buka Bantuan Perpustakaan Masjid, Ini Cara Pengajuannya
4 Komunitas Seru di Bogor, Capoera hingga Anak Jalanan Berprestasi