Ilmuwan Ini Ngeprank Dunia Pakai Potongan Sosis yang Diklaim Temuan Bintang Baru Dekat Matahari

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 8 Agustus 2022 11:00

Dream - Ilmuwan Prancis, Etienne Klein, meminta maaf setelah mengunggah gambar di Twitter. Dia mengklaim gambar itu merupakan potret bintang terdekat dengan matahari yang diambil menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webbb.

Namun sejatinya, gambar itu hanya tipuan belaka. Gambar bola api mirip penampaka foto matahari yang diambil dengan teleskop itu ternyata hanyalah potongan sosis Spanyol.

Konyolnya lagi, fisikawan sekaligus direktur pada Komisi Energi Alternatif dan Atom Prancis bergelar profesor itu memuji tingkat kedetailan foto yang diklaim sebagai bintang tersebut.

" Gambar Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Matahari, terletak 4,2 tahun cahaya dari kita. Itu diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Tingkat detail ini... Sebuah dunia baru terungkap setiap hari," cuit dia.

tiene© twitter

Gelar akademis dan jabatan yang mentereng Klein membuat banyak pengikutnya percaya dengan kibulan tersebut, sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Kicauan tersebut diretweet dan dikomentari ribuan pengguna Twitter. Akun Klein memang diikuti lebih dari 91.000 akun.

Namun, kenyataannya tidak seperti yang terlihat. Klein kemudian mengakui dalam serangkaian tweet lanjutan bahwa gambar itu sebenarnya adalah potongan chorizo ​​yang diambil dari dekat dengan latar belakang hitam.

" Waspadalah. Menurut kosmologi kontemporer, tidak ada objek yang berhubungan dengan charcuterie Spanyol yang ada di tempat lain selain di Bumi," cuit dia, kemudian.

Klein pun mengakui bahwa tidak banyak orang yang tahu bahwa cuitannya itu hanya sekadar lelucon saja. Ia juga meminta maaf karena cuitannya ini membuat banyak orang resah.

" Mengingat beberapa komentar, saya merasa berkewajiban untuk menyatakan bahwa tweet ini yang menampilkan foto yang diduga sebagai Proxima Centauri adalah lelucon. Mari kita belajar untuk waspada terhadap lelucon tersebut. Argumen dari posisi otoritas sebanyak kefasihan spontan gambar tertentu," ungkap dia.

Muncul Lubang Misterius di Laut Atlantik yang Bikin Ilmuwan Bingung, Jejak Apa?

Awak kapal National Oceanic and Atmospheric Administration Okeanos Explorer (NOAA) menemukan beberapa lubang aneh di dasar laut Atlantik. Lubang apakah itu? Para ilmuwan NOAA sendiri tidak yakin.

Tindak lanjut dari penemuan itu, pihak NOOA sedang melakukan penyelidikan Mid-Atlantic Ridge, area dasar laut yang sebagian besar belum dijelajahi dan merupakan rumah bagi pegunungan bawah laut yang sangat besar. Tim sedang memetakan dasar laut, yang mempelajari karang dan bunga karang.

" Pada penyelaman Okeanos hari Sabtu, kami melihat beberapa set lubang sublinier di dasar laut. Asal usul lubang itu membuat para ilmuwan bingung," cuit tim kelautan NOAA, di twitter @oceanexplorer pada 26 Juli 2022.

NOAA menuliskan lubang-lubang itu terlihat seperti buatan manusia, namun ada hal yang mengganjal di sekitarnya yang digali oleh 'sesuatu'.

" Lubang-lubang itu terlihat seperti buatan manusia, tetapi tumpukan kecil sedimen di sekitarnya menunjukkan bahwa lubang itu digali oleh...sesuatu."

Penemuan NOAA© Twiiter @oceanexplorer

NOAA mengajak pengguna Twitter untuk menebak dengan ide-ide mereka sendiri, tentang jawaban dari lubang tersebut.

NOAA mengatakan lubang serupa telah dilaporkan di wilayah tersebut sebelumnya. Pengguna Twitter memiliki beberapa pemikiran tentang masalah ini, seperti menebak lubang perforasi dari alat tangkap, retakan tersembunyi di dasar laut atau sepotong pipa yang terkubur.

Beberapa menebak seperti hewan atau makhluk penggali yang berenang  telah meninggalkan bekas kecil.

Jika melihat lebih dekat pada beberapa lekukan, bentuknya nampak seperti persegi panjang. Ada beberapa tanggapan yang lebih aneh, seperti bentuk " a really big graham cracker"  dan " ant" . Satu orang bercanda bahwa itu mungkin alien.

Penemuan NOAA© Twiiter @oceanexplorer

Hal ini mengingatkan pada saat kapal eksplorasi yang berbeda melihat formasi " yellow brick read" di dasar laut Pasifik awal tahun ini. Yang memiliki penjelasan terkait dengan aksi vulkanik.

Lubang Atlantik akan tetap menjadi teka-teki untuk saat ini, tapi mungkin sudah waktunya untuk divisi X-Files bawah air. Serta Scully laut dalam seharusnya bisa menyelesaikan ini.

Sumber: cnet.com