Cara Sholat Tarawih di Rumah Beserta Bacaan Niat dan Keutamaannya

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 12 Januari 2022 15:00
Cara Sholat Tarawih di Rumah Beserta Bacaan Niat dan Keutamaannya
Hukum sholat tarawih adalah sunnah mu'akad, artinya amalan sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Dream – Sholat tarawih dikerjakan setiap malam pada bulan Ramadhan. Sholat sunah ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim yang mau menjalankannya. Biasanya cara sholat tarawih dikerjakan secara berjamaah di masjid maupun mushola. Namun jika berhalangan datang ke masjid atau mushola, cara sholat tarawih bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Hukum melaksanakan cara sholat tarawih adalah sunnah mu'akad, artinya amalan sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Sehingga jika tidak dapat melakukannya secara berjamaah di masjid, Sahabat Dream bisa melakukan sholat tarawih sendiri di rumah bersama keluarga.

Meskipun sholat tarawih berjamaah lebih utama daripada sendirian, namun daripada tidak melaksanakannya sama sekali, lebih baik dikerjakan sendiri di rumah.

Lantas bagaimana melaksanakan cara sholat tarawih di rumah? Dalam artikel kali ini Dream akan mengulas tentang cara sholat tarawih di rumah, baik sendiri maupun berjamaah dengan keluarga.

1 dari 4 halaman

Cara Sholat Tarawih, Boleh 8 atau 20 Rakaat

Cara sholat tarawih di rumah boleh dilaksanakan dalam jumlah 8 atau 20 rakaat diikuti dengan sholat sunnah witir sebanyak 3 rakaat. Jika dijumlahkan dengan rakaat sholat witir, maka sholat tarawih 8 rakaat jumlahnya menjadi 11 rakaat. Sementara yang sholat tarawih 20 rakaat, jumlahnya menjadi 23 rakaat.

Setiap orang berhak mengikuti pendapat yang mana, karena yang terpenting semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan dan keikhlasannya kepada Allah SWT.

Cara sholat tarawih dilakukan dengan dua rakaat salam, dua rakaat salam. Cara sholat tarawih seperti ini tertuang dalam hadis nabi SAW. Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda:

“ Sholat malam itu dua rakaat, dua rakaat.” (HR Bukhari 936)

Melaksanakan cara sholat tarawih sendiri di rumah bisa dikerjakan secara berjamaah maupun sendirian. Namun yang paling utama tetap dilaksanakan dengan berjamaah meskipun di rumah.

2 dari 4 halaman

Bacaan Niat Sholat Tarawih di Rumah

Ilustrasi© Shutterstock.com

Sebelum membahas tentang cara sholat tarawih di rumah, niat merupakan hal yang wajib dilakukan di setiap sholat. Meskipun sebenarnya tidak perlu dilafalkan, namun dengan bacaan niat seseorang akan lebih mantap dalam mengerjakan sholat.

Bacaan Sholat Tarawih Sebagai Imam

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta’ala.

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

Bacaan Sholat Tarawih Sebagai Makmum

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’muman lilahi ta’ala.

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

 

Sementara itu, niat dan cara sholat tarawih di rumah berbeda dengan sholat tarawih berjamaah di musholah atau masjid. Untuk Sahabat Dream yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, bisa membaca niat sholat tarawih berikut ini:

Ushallii sunnatat-tarawiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillaahi ta'alaa.

Artinya: " Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

3 dari 4 halaman

Cara Sholat Tarawih di Rumah

Setelah mengetahui bacaan niat sholat tarawih, selanjutnya akan diulas tentang cara sholat tarawih di rumah. Sholat tarawih di rumah boleh dikerjakan sebanyak 11 rakaat, yakni terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Pada umumnya cara sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya.

Caranya adalah dengan mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa. Kemudian setelah selesai semua, disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam.

Secara garis besarnya, berikut cara sholat tarawih di rumah:

  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca Surat Al-Fatihah
  • Membaca Surat Alquran
  • Ruku'
  • I'tidal
  • Sujud
  • Duduk di Antara Dua Sujud
  • Sujud Kedua
  • Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.
  • Membaca Surat Al-Fatihah
  • Membaca Surat Alquran
  • Ruku'
  • I'tidal
  • Sujud
  • Duduk di Antara Dua Sujud
  • Sujud Kedua
  • Tasyahhud Akhir
  • Mengucap Salam

Begitu seterusnya sampai jumlah rakaat yang diinginkan, 8 atau 20 rakaat. Setelah itu langsung mendirikan sholat witir 3 rakaat.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Tarawih

Setelah mengetahui cara sholat tarawih di rumah, kamu juga perlu mengetahui keutamaan sholat tarawih agar semakin semangat mengerjakannya selama bulan ramadhan.

  1. Keutamaan sholat tarawih salah satunya adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW: " Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR. Bukhari Muslim).
  2. Melaksanakan sholat tarawih lebih berpahala bila dilaksanakan berjemaah.
  3. Sholat tarawih yang dikerjakan secara berjamaah akan mendatangkan pahala yang setara dengan sholat semalam suntuk.
  4. Memperkuat tali silaturahmi antar umat Islam.
  5. Keutamaan sholat tarawih selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga.
Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More