Disebut Perawan Tua, Samah Keliling Kota Pakai Gaun Pengantin

Reporter : Eko Huda S
Senin, 19 Januari 2015 10:02
Disebut Perawan Tua, Samah Keliling Kota Pakai Gaun Pengantin
Aksi Samah ini merupakan cara untuk menentang pandangan warga Mesir, yang menganggap perempuan yang tidak menikah sebagai tabu.

Dream - Aksi Samah Hamdi ini membetot perhatian masyarakat Mesir. Perempuan 27 tahun ini berjalan-jalan keliling Kairo dengan mengenakan gaun pengantin. Mulai naik kereta bawah tanah, berjalan-jalan di keramaian kora, hingga makan di restoran. Dia tetap mengenakan baju pengantin itu.

Dikutip Dream dari laman Al Arabiya, Senin 19 Januari 2015, aksi Samah ini merupakan cara untuk menentang pandangan warga Mesir, yang menganggap perempuan yang tidak menikah sebagai tabu.

Samah melakukan proyek seni ini karena sudah bosan dikesampingkan oleh keluarganya, karena tak kunjugn menikah. Aksi itu juga terisnpirasi oleh keluarganya yang selalu menganggapnya sebagai gadis yang “ telat” menikah.

Disebut Perawan Tua, Samah Keliling Kota Pakai Gaun Pengantin© Al Arabiya

" Tidak peduli sudah sampai mana pencapaian Anda, itu tidak akan dihitung jika Anda belum menikah atau belum melakukan misi Anda untuk: menikah dan membangun sebuah keluarga,” kata Samah.

Disebut Perawan Tua, Samah Keliling Kota Pakai Gaun Pengantin© Al Arabiya

Desainer interior yang sedang mengejar gelar Master di bidang seni pertunjukan ini membuat aksi itu dalam sebuah video berdurasi lima menit. Video itu akan menampilkan 56 foto Samah yang melakukan rutinitas sehari-hari dengan mengenakan gaun pengantin itu. Untuk membuat video dengan durasi pendek itu, diperlukan waktu hampir setahun.

Disebut Perawan Tua, Samah Keliling Kota Pakai Gaun Pengantin© Al Arabiya

Menurut data resmi pada tahun 2011, hampir sembilan juta orang Mesir yang usianya mencapai 33 tahun belum terikat tali perkawinan. Hampir setengah dari angka itu adalah kaum wanita.

Meski membuat gebrakan dengan membuat protes itu, Samah masih menghadapi masalah pernikahan itu di dalam keluarganya. “ Ibu Samah berpikir putrinya, sebagai 'perawan tua,” demikian laporan media Mesir, Al Ahram.

Beri Komentar