Doa Mandi Puasa Ramadhan, Bagaimana Hukumnya Menurut Ulama?

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 7 April 2022 09:00
Doa Mandi Puasa Ramadhan, Bagaimana Hukumnya Menurut Ulama?
Mandi adalah salah satu cara menjaga kebersihan dan kesucian badan yang bisa bernilai ibadah.

Dream – Sebelum menjalani puasa Ramadhan, umat muslim biasanya akan menyucikan diri dengan amalan-amalan yang dianjurkan. Amalan tersebut seperti saling meminta maaf dan memaafkan dengan sesama, menyiapkan kesehatan jasmani dan rohani, ziarah kubur, sampai ada amalan untuk mandi sebelum puasa.

Mandi sebelum puasa Ramadhan ini bertujuan untuk membersihkan diri dari segala keburukan, agar saat puasa jiwa dan raga siap beribadha khusyuk kepada Allah semata.

Mandi sebelum puasa Ramadhan ini sama dengan mandi wajib setelah haid, nifas, dan berhubungan badan. Hanya saja doa atau niatnya yang berbeda. Maka dari itu kamu perlu mengetahui doa mandi puasa Ramadhan yang akan Dream paparkan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Hukum Mandi Puasa Ramadhan

Sebelum membahas tentang doa mandi puasa Ramadhan, ketahui juga penjelasan tentang hukumnya. Melansir dari NU Online, rupanya mandi menjelang puara Ramadhan ini bukanlah suatu kewajiban bagi umat Islam. Mandi sebelum puasa ramadhan merupakan sunnah yang dianjurkan.

Mandi yang diwajibkan adalah mandi besar setelah haid, setelah nifas, usai berhubungan badan dan keluarnya mani bagi laki-laki. Orang dalam kondisi tersebut termasuk sedang berhadas besar, maka dari itu wajib mandi agar sah menjalankan sholat.

Menurut kitab Hasyiyah al-Bajuri dijelaskan bahwa selain adanya mandi wajib, terdapat pula jenis-jenis mandi yang disunahkan. Antara lain mandi ketika hendak masuk kota Madinah, dan mandi setiap malam di bulan ramadhan.

Namun Imam Al-Adzra’i membatasi kesunahan tersebut hanya untuk orang yang akan menghadiri jamaah. Sedangkan menurut pendapat jumhur ulama, tidak ada pembatasan dalam hal tersebut.

2 dari 3 halaman

Doa Mandi Puasa Ramadhan

Bertemu kembali dengan bulan ramadhan adalah sebuah keberkahan dari Allah Swt. Dengan begitu sudah selayaknya kita menyiapkan jiwa dan raga kita dalam keadaan suci.

Salah satu untuk menjaga kesucian badan adalah dengan mandi besar. Tentu saja mandi sebelum puasa ini terdapat doa niatnya. Doa mandi puasa Ramadhan sangat perlu diketahui oleh umat Muslim.

Berikut bacaan doanya:

Nawaitul-gusla lidhukulis-syiyaami romadhoona lillahi ta'alla.

Artinya:

" Aku berniat mandi sunnah memasuki bulan Ramadan karena Allah Ta’ala."

3 dari 3 halaman

Cara Mandi Puasa Ramadhan

Usai mengetahui doa mandi puasa Ramadhan di atas, selanjutnya ketahui pula tata cara mandi sebelum puasa yang benar sesuai sunnah.

Cara mandi puasa Ramadhan ini sama dengan mandi wajib atau mandi besar pada umumnya. Seringkali dilakukan dengan membersihkan rambut atau keramas.

Berikut tata cara mandi wajib sebelum puasa:

  • Membaca doa mandi sebelum puasa, baik di dalam hati maupun dilafalkan.
  • Mencuci tangan sebanyak 3 kali untuk menghilangkan najis.
  • Membersihkan bagian tubuh yang tersembunyi dengan tangan kiri, seperti bagian kemaluan.
  • Mencuci kedua tangan setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi tersebut.
  • Berwudhu seperti saat hendak sholat.
  • Mengguyur air ke bagian kepala sebanyak 3 kali hingga sampai kulit kepala dan pangkal rambut.
  • Membersihkan pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah basah oleh air. Menyela pangkal rambut ini wajib bagi laki-laki, tapi tidak wajib bagi wanita.
  • Membersihkan seluruh anggota tubuh dengan mendahulukan yang kanan. Pastikan semua lipatan tubuh ikut dibersihkan.

Itulah bacaan doa mandi puasa Ramadhan dan tata caranya yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui hukum dan tata cara mandi puasa Ramadhan di atas, alangkah baiknya diamalkan sebagai tambahan amalan sunnah sekaligus menjadi penyempurna ibadah kita di bulan yang suci.

Beri Komentar