Doa Melihat Orang Kena Musibah, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 29 September 2022 09:02
Doa Melihat Orang Kena Musibah, Lengkap Arab, Latin dan Artinya
Agama Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk tetap bersabar ketika menghadapi musibah.

Dream - Musibah bisa terjadi kapan saja menimpa seseorang tanpa bisa ditolak. Musibah tentu membawa kesusahan dan kesedihan. Akibatnya seseorang merasa terpukul hingga depresi dengan musibah yang dialami.

Musibah bisa berbentuk banyak hal, seperti masalah keuangan, anggota keluarga meninggal dunia, hingga adanya bencana alam.

Agama Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk tetap bersabar ketika menghadapi musibah. Sesama saudara Muslim sebaiknya juga saling mengingatkan untuk saling bersabar dan tawakal kepada Allah SWT.

Ketika mendengar saudara atau teman ditimpa musibah, kita langsung membayangkan apa yang terjadi jika musibah itu menimpa diri sendiri. Maka dari itu, jika kamu mendengar orang terkena musibah, berdoalah agar mereka diberi kekuatan oleh Allah untuk melewatinya.

Berikut Dream mengutip dari berbagai sumber, bacaan doa melihat orang kena musibah.  Bacakan doa ini apabila kamu mendapati orang lain sedang ditimpa musibah.

1 dari 2 halaman

Doa Melihat Orang Kena Musibah

Ilustrasi© Shutterstock.com

Musibah memang bukan sesuatu yang dapat ditolak. Sebagai manusia, kita hanya bisa berdoa dan berharap kepada Allah agar diberi kekuatan. Doa adalah salah satu cara untuk menguatkan hati dalam menghadapi musibah. Dengan keyakinan penuh bahwa Allah akan selalu ada di sisi kita untuk melalui ujian hidup.

Sebuah riwayat hadis menjelaskan tentang doa melihat orang kena musibah. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari bapaknya, Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“ Barangsiapa dikejutkan oleh orang yang tertimpa musibah, kemudian dia mengucapkan Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa (Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya), maka dia akan diselamatkan dari musibah itu bagaimanapun juga.” (HR. Ibnu Majah)

Dari keterangan hadis di atas, berikut bacaan doa melihat orang kena musibah yang dapat kamu amalkan:

 الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا عُوفِيَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلَاءِ كَائِنًا مَا كَانَ

Artinya:

" Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari musibah yang menimpamu, dan memberi kelebihan kepadaku atas semua yang di ciptakan-Nya dengan kelebihan yang sempurna."

2 dari 2 halaman

Doa Melihat Orang Kena Musibah Lainnya

Selain bacaan doa di atas, kamu juga bisa melanjutkannya dengan membaca doa berikut ini ketika melihat orang lain terkena musibah. Doa ini berisi tentang rasa syukur karena diri kita tidak tertimpa musibah tersebut. Namun agar tidak menyinggung perasaan orang yang terkena musibah, kita dianjurkan membaca doa ini di dalam hati saja.

Berikut bacaan doanya:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ، اللَّهُمَّ أجرْهُم فِي مُصِيبَتِهِمْ، وَأَخْلِفْ لَهُمْ خَيْرًا مِنْهَا

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiron minha.

Artinya:

" Sesungguhnya kita milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan berilah ganti yang lebih baik."

Demikian itulah bacaan doa melihat orang kena musibah. Selain bersyukur karena diri kita tidak terkena musibah, doa ini juga diperuntukkan bagi mereka yang terkena musibah agar mendapatkan berkah dan ganti yang lebih baik dari-Nya.

Beri Komentar