Doa Memohon Dijauhkan dari Siksa Neraka

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 3 Mei 2020 18:00
Doa Memohon Dijauhkan dari Siksa Neraka
Doa ini terdapat dalam Alquran Surat Ali Imron ayat 191.

Dream - Neraka menjadi salah satu tempat yang wajib diimani oleh setiap orang beriman. Tempat ini adalah akhir dari segala kecederungan buruk.

Neraka digambarkan dengan tempat yang penuh siksaan, dengan api yang menyala-nyala. Tempat ini menjadi akhir dari manusia yang banyak melakukan dosa

Bayangan neraka menghadirkan kewaspadaan bagi orang beriman. Agar mereka tidak terjerumus pada kesesatan dan kemaksiatan.

Para nabi mengajarkan umat manusia untuk senantiasa memanjatkan doa kepada Allah. Karena Allah adalah tempat meminta.

Salah satu doa yang diajarkan adalah memohon dijauhkan dari api neraka. Doa tersebut tercantum dalam Surat Ali Imrom ayat 191.

 

1 dari 5 halaman

Ini Doanya

Doa Dijauhkan dari Siksa Neraka© Dream.co.id

Rabbana ma kholaqta hadza bathila subhanaka faqina adzaban nar.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

Dream – Doa Qunut termasuk dalam sunnah muakkad. Artinya sunnah yang sangat dianjurkan. Meskipun terdapat perbedaan kilafiyah, namun hal tersebut tidak perlu diperdebatkan.

Kata Qunut berarti patuh dalam mengerjakan. Doa qunut biasa dibaca pada rakaat kedua. Tepatnya di antara i'tidal dan sujud.

Sedangkan doa qunut subuh yang diajarkan Rasulullah SAW terdapat dalam hadis riwayat Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi.

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Qunut

Bacaan Doa Qunut Arab

Doa Qunut© Dream.co.id

 

 

Bacaan Doa Qunut Latin

Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya

" Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

4 dari 5 halaman

Tata Cara Doa Qunut

Doa Qunut© Shutterstock

 

Doa Qunut dilakukan ketika i’tidal (berdiri setelah ruku’) pada rakaat terakhir. Dan biasanya dilafadzkan setiap sholat Subuh.

Selama bulan Ramadhan, doa Qunut juga biasanya dilafadzkan saat rakaat terakhir dalam sholat witir.

Meskipun terdapat perbedaan kilafiyah oleh beberapa mazhab, namun hal tersebut tidak perlu menjadi perdebatan.

5 dari 5 halaman

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Qunut© Pexels.com

 

  1. Memberikan petunjuk

Doa Qunut mengandung petunjuk. Dalam kalimat yang berbunyi “ Allahummahdinii fii man hadaiit”, yang bermakna permintaan seorang petunjuk kepada Allah SWT.

Petunjuk tersebut dapat berupa berbagai bentuk. Seperti meminta untuk diberikan ilmu yang bermanfaat atau petunjuk dalam melakukan kebaikan kepada sesama.

 

  1. Mendapatkan perlindungan dan keselamatan

Kalimat di dalam doa qunut “ Wa’aafinii fii man ‘afaiit”, bermakna memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT.

Terutama ditengah wabah virus covid-19, hanya Allah SWT. sebaik-baik penolong tempat memohon perlindungan.

Ini juga berarti betapa Maha Pengasih Allah SWT. terhadap hamba-hambanya. Untuk itu mohonlah perlindungan dan keselamatan bukan hanya didunia namun juga di akhirat kelak.

 

  1. Mendapatkan berkah

Kalimat “ wabaariklii fiimaa a’thoiit”, yang bermakna memohon keberkahan atas segala nikmat yang telah diberikan.

Hal tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT. selalu memberikan kebaikan dan keberkahan kepada setiap hambanya.

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More