Doa Pembukaan Acara Resmi Supaya Kegiatan Lancar, Berkah dan Bermanfaat

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 6 Oktober 2022 20:01
Doa Pembukaan Acara Resmi Supaya Kegiatan Lancar, Berkah dan Bermanfaat
Membaca doa pembukaan acara resmi hendaknya dijadikan kebiasaan saat dalam suatu perhelatan apapun.

Dream – Doa merupakan suatu hal yang lumrah dipanjatkan sebelum memulai suatu aktivitas dan saat mengakhirinya. Dengan berdoa kita mengharapkan acara yang berlangsung bisa berjalan lancar dan selamat tanpa kendala. Selain itu, doa juga sebagai sarana untuk memohon keberkahan sehingga acara yang digelar memberikan manfaat bagi orang yang mengikutinya.

Terdapat banyak teks doa pembukaan acara resmi maupun tidak resmi tergantung dari jenis acara yang diselenggarakan. Membaca doa pembukaan acara resmi hendaknya dijadikan kebiasaan saat dalam suatu perhelatan apapun.

Doa pembukaan acara resmi biasanya dibaca oleh seseorang yang bertugas memimpin doa. Selain itu, para peserta acara mengucap amin ketika doa pembukaan acara resmi dibacakan.

1 dari 3 halaman

Doa Pembuka Majelis saat Acara Resmi

Acara resmi sering digelar baik di instansi pemerintah, lembaga Pendidikan, hingga dalam bidang bisnis dan perdagangan sekalipun.

Setiap lembaga atau organisasi pasti memiliki agenda acara resmi. Selain mempersiapkan materi, acara resmi semestinya juga dibuka dengan bacaan doa. Berikut bacaan doa pembukaan acara resmi yang mudah untuk dihafalkan:

Alhamdulillahi rabbil ’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaa-i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya:

“ Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

2 dari 3 halaman

Doa Pembukaan Acara Resmi

Ilustrasi© Shutterstock.com

Selain doa di atas, masih ada lagi doa pembukaan acara resmi. Doa berikut ini kerap dibaca saat khutbah maupun pengajian.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina man yahdillahu falaa mudhillalahu waman yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammdan 'abduhuu warosuluh.

Artinya:

" Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohonampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah."

3 dari 3 halaman

Doa Penutup Acara Resmi

Sebuah acara resmi pun juga dibuka dan ditutup dengan doa agar semakin berkah dan membawa manfaat. Setelah mengetahui bacaan doa pembukaan acara resmi di atas, maka Sahabat Dream juga perlu mengetahui bacaan doa penutupnya.

Berikut bacaan doa penutup acara resmi yang diajarkan Rasulullah SAW:

Subhaanakallohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik

Artinya:

“ Maha Suci Engkau, wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu; kecuali diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu.”

Demikian itulah bacaan doa pembukaan acara resmi yang dapat diamalkan setiap menggelar suatu acara. Semoga Allah SWT memberikan rahmat, keberkahan, dan manfaat dari kegiatan yang digelar berkat membaca doa pembukaan acara resmi.

Beri Komentar