Doa Penutup Acara Maulid Bahasa Arab, Lengkap Latin dan Artinya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 7 Oktober 2022 20:01
Doa Penutup Acara Maulid Bahasa Arab, Lengkap Latin dan Artinya
Banyak acara digelar oleh masyarakat untuk memperingati Maulid Nabi.

Dream – Maulid adalah sebutan untuk peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 570 Masehi di Kota Mekah.

Tradisi peringatan Maulid Nabi tidak hanya diperingati pada tanggal itu saja. Melainkan dilaksanakan sejak awal hingga akhir bulan Rabiul Awal.  Bahkan tak jarang ada yang merayakannya di luar bulan Rabiul Awal (Maulud).

Peringatan Maulid Nabi ini didasarkan pada kecintaan masyarakat Islam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa ajaran Islam ke penduduk bumi. Kecintaan umat Islam di Indonesia ini diwujudkan dengan berbagai macam acara perayaan.

Acara-acara seperti pembacaan sholawat barzanji, bacaan maulid simtudduror, ceramah keagamaan dan juga perlombaan yang bertema Maulid Nabi. Perlombaan yang digelar biasanya ialah lomba membaca Al-Quran, qira’ah, sholawat, dan pidato.

Banyak acara digelar oleh masyarakat untuk memperingati Maulid Nabi. Sebelum dan sesudah acara sebaiknya kita memanjatkan doa pembuka dan penutup acara Maulid. Dengan membaca doa, kita berharap agar Tuhan senantiasa memasukkan kita semua sebagai umat Rasulullah SAW. Berikut bacaan doa pembuka dan penutup acara Maulid Nabi bahasa Arab, latin beserta artinya.

1 dari 5 halaman

Tradisi Maulid Nabi di Indonesia

Budaya bangsa Indonesia sangat majemuk. Peringatan Maulid Nabi pun digelar dengan berbagai macam bentuk yang unik hasil perpaduan dengan tradisi masyarakat setempat.

Misalnya, di Madura ada tradisi Muludhen untuk memperingati Hari Maulid Nabi. Sementara pada masyarakat Minang memiliki tradisi Bungo Lado. Selain itu, di Kudus ada tradisi bernama Kirab Ampyang. Sebagian masyarakat lain menggunakan tradisi Grebeg Maulud.  

Prof Quraish Shihab menginformasikan, peringatan Maulid Nabi baru dirayakan dengan meriah pada masa Dinasti Abbasiyah, tepatnya pada masa kekhalifahan Al-Hakim Billah. Ia menjelaskan, inti dari perayaan Maulid Nabi ialah untuk memperkenalkan Nabi Muhammad SAW kepada setiap generasi.

Sebab dengan mengenal biografi, sejarah, dan perjalanan Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi jalan untuk mencintai dan meneladani perilakunya.

2 dari 5 halaman

Doa Pembuka Acara Maulid

Bacaan doa pembuka dan penutup acara maulid bahasa Arab sebaiknya dibaca ketika membuka acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca untuk menyambut hari besar Islam yang mulia tersebut.

Berikut doa pembuka acara Maulid yang dapat kamu amalkan:

Doa Pembuka Acara Maulid 1

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca 'shiratikal mustaqim'). Shallallahu ‘alaihi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

3 dari 5 halaman

Doa Pembuka Acara Maulid 2

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin 'abdika wanabiyyika wa rasuulika Nabil Ummi wa 'alaa alihi wa shahbihi wasallim

Artinya:

“ Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

4 dari 5 halaman

Doa Penutup Acara Maulid Bahasa Arab 1

Setiap majelis diawali dengan doa, dan diakhir dengan doa pula agar semakin berkah dan manfaat, termasuk acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Setelah mengetahui bacaan doa pembuka acara Maulid Bahasa Arab di atas, maka Sahabat Dream juga perlu mengetahui bacaan doa penutupnya. Berikut doa penutup acara Maulid Bahasa Arab yang perlu diketahui:

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

Alhamdulillahirobbil 'alamin. Hamdan syaakiriin, hamdan naa'imiin, hamdan yuwaafii ni'amahuu wa yukaafiu maziidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan baghii lijalaali waj-hika wa 'azhiimi sulthoonik. Alloohumma shalli wa shallim 'alaa sayyidinaa muhammad, wa'alaa aali sayyiidinaa muhammad.

Artinya:

“ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, sebagaimana orang yang bersyukur dan orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga baginda.”

5 dari 5 halaman

Doa Penutup Acara Maulid Bahasa Arab 2

Selain doa penutup acara maulid Bahasa Arab di atas, kamu juga bisa membaca doa penutup pendek di bawah ini:

Subhanakallahumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik

Artinya:

“ Maha Suci Engkau, wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu; kecuali diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu.”

Kemudian tambahkan dengan memperbanyak bacaan sholawat kepada Rasulullah SAW setelah acara usai.

Beri Komentar