Doa Setelah Mendengar Adzan Maghrib dan Keutamaannya, Terkabulnya Doa dan Terhapusnya Dosa

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 29 November 2022 18:01
Doa Setelah Mendengar Adzan Maghrib dan Keutamaannya, Terkabulnya Doa dan Terhapusnya Dosa
Ketahui doa setelah mendengar adzan maghrib dan keutamaannya berikut ini.

Dream - Kaum Muslim sudah semestinya mengetahui bacaan doa setelah adzan. Kumandang adzan terdengar ketika sudah memasuki waktu sholat fardhu.

Adzan layaknya sebuah panggilan yang harus dijawab. Terlebih adzan adalah panggilan dari Allah SWT untuk menjalankan ibadah wajib.

Bacaan doa setelah mendengar adzan penting diketahui. Salah satunya doa setelah mendengar adzan maghrib.

Rasulullah SAW telah mengajarkan bacaan doa setelah mendengar adzan maghrib. Doa ini diajarkan kepada istrinya, Ummu Salamah radhiyallahu 'anhu. Doa ini dianjurkan dibaca ketika sore hingga setelah adzan maghrib. Nabi SAW mengajak istrinya untuk memohon ampunan Allah SWT padapergantian hari tersebut.

Lantas bagaimana bcaan doa setelah mendengar adzan maghrib sesuai sunnah Nabi tersebut? Simak jawabannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Maghrib

Doa setelah mendengar adzan maghrib ini dikutip dari Kitab Fathul Muin. Ini dia bacaan doa setelah mendengar adzan maghrib yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada Ummu Salamah ra:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ 

Allāhumma hadzā iqbālu laylika wa idbāru nahārika wa ashwātu du‘ātika faghfir lī

Artinya:

" Ya Allah, kini malam-Mu datang, siang-Mu berlalu, dan suara para penyeru ke jalan-Mu telah terdengar. Ampunilah aku."

 

Sumber: NU Online

2 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Setelah Mendengar Adzan Maghrib

Rasulullah SAW mengajarkan doa setelah mendengar adzan maghrib di atas bukan tanpa alasan. Karena dengan membaca doa tersebut akan memberikan keutamaan yang luar biasa bagi umat Islam.

Berikut beberapa keutamaan membaca doa setelah adzan maghrib yang perlu diketahui:

Dosa-dosanya Terhapus

Keutamaan membaca doa setelah mendengar adzan maghrib adalah akan dihapuskan dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Imam Muslim berikut:

" Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan (artinya): " Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku." Maka akan diampunilah dosanya."

Dikabulkan Doa-doanya

Tak hanya dihapuskan dosanya, membaca doa setelah mendengar adzan maghrib juga menjadi sarana terkabulnya doa-doa.

Rasulullah SAW bersabda, " ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi." (HR. Abu Daud dan IbnHibban, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

3 dari 4 halaman

Pahala Setara 10 Kali Bersholawat

Keutamaan membaca doa setelah mendengar adzan maghrib setara dengan 10 kali membaca sholawat.

" Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku sekali maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali." (HR. Muslim)

Jadi Saksi Kebaikan

Doa setelah adzan akan menjadi saksi kebaikan di hari akhir nanti.

" Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat." (HR. Bukhari).

4 dari 4 halaman

Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

" Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do'a yang artinya): Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat." (HR. Bukhari dan Muslim)

Balasan Surga

Setiap Muslim pasti mengharapkan masuk surganya Allah SWT. Membaca doa setelah mendengar adzan maghrib akan mendapat balasan surga. Sebagaimana hadis berikut ini:

" Rasullullah bersabda yang artinya, " Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini Bilall dengan yakin akan masuk surga." (HR. Ahmad, Nasai & Syuaib Al-Arnauth)  

Beri Komentar