Doa Sholat Istikharah, Waktu yang Paling Mustajab, dan Berbagai Keutamaan Menjalankannya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 7 Januari 2022 20:01
Doa Sholat Istikharah, Waktu yang Paling Mustajab, dan Berbagai Keutamaan Menjalankannya
Ketika berhadapan dengan pilihan yang menyulitkan, maka mintalah petunjuk pada Allah SWT melalui sholat istikharah.

Dream – Dalam menjalani kehidupan ini, manusia tentunya pernah dihadapkan pada beberapa pilihan yang membuatnya kesulitan untuk memilih salah satu. Selain memikirkan berbagai sisi negatif dan positif yang akan terjadi di masa depan serta meminta pendapat pada orang lain, akan lebih baik jika sahabat Dream juga memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Dalam Islam sendiri memberikan solusi bagi setiap umat-Nya yang sedang dihadapkan pada pilihan sulit tersebut, yakni dengan mengerjakan sholat istikharah dan dilanjutkan dengan membaca doa sholat istikharah. Dengan menjalankan sholat dan doa sholat istikharah, hal ini akan membantu sahabat Dream dalam mendapatkan petunjuk dari Allah SWT untuk menentukan pilihan tersebut.

Hal ini kembali lagi pada Allah SWT yang memiliki kuasa penuh atas segala keputusan tentang kehidupan manusia. Sedangkan umat Islam sendiri hanya bisa berdoa dan berikhtiar dengan harapan suatu saat Allah SWT akan memberikan keputusan yang terbaik untuk kehidupan kita.

Nah, berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang waktu untuk menjalankan sholat istikharah, doa sholat istikharah, dan berbagai keutamaannya yang telah dirangkum oleh Dream melalui Brilio.net dan Islam.nu.or.id.

1 dari 3 halaman

Waktu Menjalankan Sholat Istikharah Paling Mustajab

Waktu Menjalankan Sholat Istikharah Paling Mustajab© Unsplash.com

Sholat istikharah adalah salah satu dari sholat sunah yang tentu saja berbeda waktu menjalankannya dengan sholat wajib lima waktu. Seperti dikutip dari Brilio.net, sholat istikharah bisa dijalankan kapan saja. Dalam artian tidak mempunyai batasan waktu untuk menjalankannya.

Namun, sholat istikharah ini dianjurkan untuk dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Di mana bersamaan dengan sholat tahajud. Sedangkan untuk jumlah rakaatnya adalah berjumlah dua rakaat. Yakni dua rakaat itu bisa dengan berdiri sendiri serta niat untuk sholat istikharah kemudian digabungkan dengan niat sholat lain seperti sholat rawatib.

2 dari 3 halaman

Doa Sholat Istikharah

Setelah menjalankan sholat istikharah, ada baiknya sahabat Dream tidak segera beranjak dari tempat sholat. Luangkan waktu sejenak untuk membaca doa sholat istikharah terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan doa istikharah yang dikutip melalui Islam.nu.or.id:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِيْ بِهِ

Artinya: Ya Allah, sungguh aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kuasa-Mu (atas masalahku) dengan kuasa-Mu. Aku mohon sebagian dari karunia-Mu yang agung karena sungguh Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya. Engkau maha mengetahui hal yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan masalah yang dihadapinya) lebih baik dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya terhadap diriku, takdirkan ia untukku, mudahkan jalannya, dan berilah berkah. Sebaliknya, jika Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, dunia, kehidupan, dan akibatnya terhadap diriku baik seketika maupun suatu ketika nanti, maka singkirkan persoalan itu, dan jauhkan aku darinya. Takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja berada, dan berilah ridha-Mu untukku.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sholat Istikharah

Keutamaan Sholat Istikharah© Unsplash.com

Bagi sahabat Dream yang menjalankan sholat istikharah dilanjutkan dengan membaca doa sholat istikharah, hal ini memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan tersebut sebagaimana dikutip melalui Brilio.net:

Menyerahkan Keputusan pada Allah SWT

Keutamaan yang pertama dari sholat istikharah adalah menyerahkan segala keputusan hanya kepada Allah SWT. Apapun pilihan yang diputuskan oleh Allah SWT, maka diri ini akan menerimanya dengan ikhlas dan meyakini bahwa itulah pilihan yang terbaik. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 51 yang bunyinya sebagai berikut:

قُلْلَّنْيُّصِيْبَنَآاِلَّامَاكَتَبَاللّٰهُلَنَاۚهُوَمَوْلٰىنَاوَعَلَىاللّٰهِفَلْيَتَوَكَّلِالْمُؤْمِنُوْنَ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “ Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman.” (QS. At-Taubah: 51).

Bisa Mendatangkan Ketenangan

Dengan menjalankan sholat istikharah, maka hal ini bisa membuat sahabat Dream merasa lebih tenang. Hal ini karena saat dihadapkan pada pilihan yang menyulitkan, biasanya seseorang akan mengalami kebingungan hingga kekhawatiran.

Namun dengan sholat istikharah dan membaca doa sholat istikharah, maka diri ini tidak akan terburu-buru untuk membuat keputusan dan tenang dalam menghadapinya.

Dihindarkan dari Bisikan Setan

Menjalankan sholat istikharah juga menjadi upaya agar sahabat Dream terhindar dari bisikan-bisikan setan yang bisa membuat tersesat dalam memilih pilihan tersebut. Hal ini karena Allah SWT telah memberikan perlindungan pada hamba-Nya yang telah menjalankan sholat istikharah.

Hati Menjadi Lebih Mantap

Saat melakukan sholat istikharah, maka Allah SWT akan memberikan kemantapan hati dalam memilih sesuatu, meski pilihan tersebut cukup menyulitkan. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin menjalankan sholat istikharah agar diberikan petunjuk oleh Allah SWT dan lebih mantap dalam menentukan pilihan.

Ikhlas pada Allah SWT

Menentukan pilihan memang bukanlah perkara yang mudah. Sahabat Dream akan dihadapkan pada perasaan bingung. Hal inilah yang bisa membuat kamu tidak bisa berpikir secara jernih dan berisiko membuat pilihan yang salah.

Oleh karena itu, dengan mendekatkan diri pada Allah SWT melalui sholat istikharah dan memanjatkan doa setelah sholat istikharah, maka kamu pun akan ikhlas dan memasrahkan segalanya hanya kepada Allah SWT.

Beri Komentar