Ekspresi Para Terdakwa Saat Dengar Kesaksian Ferdy Sambo: Kuat Ma'ruf Tidur, Bharada E Geleng Kepala

Reporter : Nabila Hanum
Rabu, 7 Desember 2022 17:00
Ekspresi Para Terdakwa Saat Dengar Kesaksian Ferdy Sambo: Kuat Ma'ruf Tidur, Bharada E Geleng Kepala
Saat hakim dengan suara lantangnya mengajukan pertanyaan, barulah Kuat Ma'ruf duduk tegak dan membuka matanya.

Dream - Ferdy Sambo menjadi saksi kasus pembunuhan Brigadir J dalam persidangan terdakwa Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 7 Desember 2022.

Mantan Kepala Divisi Propam Polri itu datang dengan pengawalan ketat oleh anggota Brimob yang membawa senjata laras panjang.

Ia tampak mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam dan masker berwarna hitam. Ferdy Sambo pun duduk di depan majelis hakim dengan membuka maskernya dan mengenakan kacamata.

1 dari 4 halaman

Para terdakwa menunjukan ekspresi berbeda ketika mendengar kesaksian Ferdy Sambo di ruang sidang.

Duduk di kursi saksi, Ferdy Sambo pun menceritakan kali pertama mengenal Kuat Ma'ruf, Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Brigadir J.

Kemudian Hakim Ketua Wahyu Imam Santoso menanyakan kegiatan Ferdy Sambo pada tanggal 6 dan 7 Juli di Semarang dan Magelang.

Selama Ferdy Sambo memberikan kesaksiannya, para terdakwa tampak memberikan ekspresi yang berbeda-beda.

2 dari 4 halaman

Kuat Ma'ruf sepanjang Ferdy Sambo memberikan keterangan, dirinya tampak bersandar ke kursi dan memperhatikan ke arah majikannya tersebut.

Sepanjang memberikan keterangan itu, Kuat Ma'ruf terlihat sesekali memejamkan matanya seperti orang yang sedang mengantuk.

Bahkan Kuat Ma'ruf juga tertangkap kamera beberapa kali menguap. Saat hakim dengan suara lantangnya mengajukan pertanyaan, barulah Kuat Ma'ruf duduk tegak dan membuka matanya.

Ragam Ekspresi Para Terdakwa Saat Dengar Kesaksian Ferdy Sambo© Youtube

Namun ia beberapa kali kembali memejamkan mata dan menguap lagi.

3 dari 4 halaman

Sementara itu, Bharada E yang duduk di samping pengacaranya tampak serius mendengarkan keterangan Ferdy Sambo. Ia bahkan melihat ke arah Ferdy Sambo dengan tatapan yang tajam.

Sejak awal, Bharada E tampak sibuk mencatat di buku yang ada di depannya. Bharada E juga sesekali berbisik kepada pengacaranya saat mendengarkan kesaksian Ferdy Sambo.

Ia lalu memandangi Ferdy Sambo yang memberikan keterangan. Bahkan saat Ferdy Sambo menceritakan detik-detik penembakan, Bharada E tampak menggeleng kepala.

" Saya bilang ke Richard, hajar Chad, hajar," kata Ferdy Sambo.

4 dari 4 halaman

Mendengar itu, Bharada E pun menggelengkan kepalanya.

Kemudian Ferdy Sambo juga memberikan kesaksian bahwa dirinya meminta Bharada E untuk berhenti menembak Brigadir J. Mendengar itu, Bharada E pun tampak terkejut dan menggelengkan kepalanya lagi.

Beda dengan Kuat Ma'ruf dan Bharada E, Ricky Rizal sejak awal tampak asyik menulis di bukunya.

Ricky Rizal juga sesekali menjawab pertanyaan kuasa hukumnya. Sepanjang Ferdy Sambo memberikan penjelasan di awal, Ricky Rizal selalu menunduk, jarang melihat ke arah Ferdy Sambo.

Ricky Rizal hanya sesekali melihat ke arah hakim ketua namun tampak tidak melihat ke arah Ferdy Sambo.

Beri Komentar