Gempa Magnitudo 6,7 di Nias Selatan Akibat Aktivitas Megathrust

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 14 Maret 2022 09:38
Gempa Magnitudo 6,7 di Nias Selatan Akibat Aktivitas Megathrust
"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng atau yang dikenal dengan nama megathrust," Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dream - Gempa dengan magnitudo 6,7 mengguncang Pantai Selatan, Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin 14 Maret 2022, pukul 04.09 WIB. Berdasarkan analisa pusat gempa, lindu ini termasuk gempa dangkal.

Menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,71 derajat lintang selatan dan 98,50 derajat bujur timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 6 kilometer arah selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara. Kedalaman pusat gempa 25 kilometer dari permukaan bumi.

" Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman pusat gempanya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng atau yang dikenal dengan nama megathrust," Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dikutip dari merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Gempa yang terjadi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault. Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, dan Gunung Sitoli, dengan skala intensitas IV MMI yaitu dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah.

Gempa juga dirasakan di Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa seakan-akan ada truk yang berlalu.

Getaran gempa juga dirasakan pula di Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok dengan skala intensitas II MMI yang artinya getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang bergantung bergoyang.

" Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini meskipun lokasinya ada di dasar laut tetapi tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More