Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI

Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI © MEN

Dream - Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI terpilih untuk periode 2023-2027. Erick Thohir menjadi Ketua PSSI usai mendapatkan 64 suara dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri La, Kamis 16 Februari 2023.

Erick Thohir mengalahkan tiga pesaing lainnya dalam perebutan kursi nomor satu di PSSI. Erick Thohir mendapatkan 64 suara, sedangkan La Nyalla Mattalitti mendapatkan 22 suara.

Komite Pemilihan (KP) PSSI sebelumnya mengumumkan lima calon tetap untuk bersaing memperebutkan posisi ketua umum.

Mereka adalah Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis.

Sayangnya, Fary Djemy Francis memilih mundur dari bursa pemilihan dan mengalihkan dukungan ke Erick Thohir untuk menggantikan Mochamad Iriawan sebagai ketua umum PSSI yang baru.

"Saya titipkan masa depan sepak bola kita pada 87 voters, pada pak Erick Tohir, juga untuk WaKetum dan Exco terpilih. Saya mendukung pak Erick dengan sederet program pentingnya. Saya juga menaruh harapan besar pada Pak Erick untuk menciptakan generasi emas Indonesia," ujar Fary, dikutp dari Liputan6.com.

Dia melihat Erick merupakan sosok yang paling tepat untuk memperbaiki sepak bola Indonesia karena sudah memiliki pengalaman tinggi baik di sepal bola nasional maupun internasional.

Jadi Calon Ketua Umum, Erick Thohir: Hanya Butuh Nyali untuk Benahi PSSI

Dream - Menteri BUMN Erick Thohir telah mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Mantan Presiden Inter Milan itu mengaku terpanggil dan mempunyai nyali untuk membenahi sepakbola Indonesia.

"Sebagai anak bangsa, saya terpanggil untuk mengubah keadaan, membuat yang bengkok menjadi lurus," kata Erick yang mendaftarkan diri ke Kantor PSSI di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu, 15 Januari 2023.

"Yang dibutuhkan PSSI untuk maju hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan, dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepakbola nasional," tabah dia.

Erick Thohir mengatakan, banyak potensi kemajuan yang belum muncul jadi kekuatan persepakbolaan nasional karena banyak tangan-tangan kotor memengaruhi kepengurusan PSSI. 

"Hari ini, untuk maju, PSSI hanya butuh satu hal yaitu nyali," tambah Erick.

Masalah Sepakbola di Indonesia

Untuk membersihkan unsur-unsur negatif dalam persepakbolaan Indonesia, tambah Erick, seorang pemimpin PSSI harus punya nyali.

Menurutnya, masalah sepakbola Indonesia dari dulu tak pernah berubah: pembinaan usia muda yang tak berjalan dengan baik, pengelolaan kompetisi liga yang semrawut, integritas dan fairplay dalam kompetisi, serta industri sepakbola yang tidak profesional.

"Mencari 11 orang dari 270 juta rakyat Indonesia untuk membentuk tim nasional yang kompetitif tidak sulit jika semua hal itu kita benahi dengan benar. Tim nasional sebuah negara hanya sekuat kompetisi liganya. Liga yang kuat akan menghasilkan tim nasional yang kuat. Liga lemah, tim nasional lemah. Sekarang, sudah saatnya sepakbola kita naik kelas," tambah Erick.

Dalam membenahi sepakbola, putra Teddy Thohir ini membeberkan bahwa sepakbola juga berurusan dengan urusan manajerial, bisnis, penegakan hukum, juga urusan political will dan dukungan. Tidak hanya sekadar urusan teknis sepakbola seperti taktik atau formasi.

Sosok Erick Thohir yang saat ini berkecimpung di dunia pemerintahan sebagai menteri, dia juga dikenal punya pengalaman mumpuni di dunia sepakbola. Salah satu kiprahnya adalah menjadi Presiden Inter Milan menggantikan Massimo Moratti.

erick thohir

Inter Milan sendiri merupakan salah satu klub terbesar di benua Eropa. Saat itu, Erick membenahi manajemen Inter Milan yang sedang terpuruk. Dia berhasil mendapat investasi dari Suning Holdings Grup asal China. 

Langkah tersebut dinilai menjadi terobosan baru lantaran sebelumnya klub sepakbola Italia itu terkesan tertutup untuk investasi asing. Tak ayal manajemen Inter Milan pernah berterima kasih kepadanya.

Di Tanah Air, Erick adalah pemilik Mahaka Sports yang pernah menggelar Piala Presiden 2015 untuk mengisi kekosongan kompetisi setelah PSSI mendapat sanksi dari FIFA. Saat itu, PSSI dipimpin La Nyalla. 

Erick juga punya pernah menjadi pemegang saham mayoritas di DC United, klub sepakbola Liga Amerika Serikat.

Menariknya, saat proses pengembalian berkas, Erick didampingi para figur muda seperti Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga Baim Wong yang juga ingin berinvestasi dalam industri sepak bola Tanah Air.

Sumber: Liputan6.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Erick Thohir Unggah Momen Prabowo Simak Anies-Ganjar Beri Skor Kemhan, Ekspresinya Jadi Sorotan

Erick Thohir Unggah Momen Prabowo Simak Anies-Ganjar Beri Skor Kemhan, Ekspresinya Jadi Sorotan

Erick Thohir unggah ekspresi Prabowo saat mendengar penilaian kinerja Kemhan saat debat capres, ditonton lebih 29 juta kali.

Baca Selengkapnya
Erick Thohir Targetkan Indonesia Peringkat 1 SGIE

Erick Thohir Targetkan Indonesia Peringkat 1 SGIE

Erick Thohir, menargetkan Indonesia dapat mencapai posisi tertinggi dalam State of The Global Islamic Economy (SGIE).

Baca Selengkapnya
Menteri BUMN Erick Thohir Angkat Asisten Khusus Prabowo Jadi Komisaris Pindad

Menteri BUMN Erick Thohir Angkat Asisten Khusus Prabowo Jadi Komisaris Pindad

AM Putranto asisten khusus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diangkat jadi Komisaris Pindad

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.