Humanesia 2020, Kampanye Dorong Kebangkitan Seluruh Sektor Terdampak Pandemi

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 8 November 2020 15:54
Humanesia 2020, Kampanye Dorong Kebangkitan Seluruh Sektor Terdampak Pandemi
Kegiatan yang digelar secara virtual ini diharapkan dapat menumbuhkan program berkesinambungan dalam berjuang di tengah pandemi.

Dream - Dompet Dhuafa meluncurkan Humanesia 2020, kampanye bersama mendorong seluruh sektor terdampak pandemi Covid-19 untuk bangkit. Mengusung tagline #BersamaUntukSesama, kegiatan yang digelar secara virtual ini diharapkan dapat menumbuhkan program berkesinambungan dalam berjuang di tengah pandemi.

Ketua Humanesia, Taufan YN, mengatakan kampanye Humanesia ini diusung dengan semangat bersama untuk sesama. Sejumlah program disiapkan untuk membantu menguatkan keluarga dan anak yatim seperti modal usaha, kado akhir tahun, hingga bantuan pembelajaran jarak jauh.

" Selain itu ada juga kesiapsiagaan dalam respon kemanusiaan dan kebencanaan yang dikemas dalam campaign Indonesia Siap Siaga sebagai langkah antisipasi maupun respon cepat dari peristiwa di Indonesia maupun Mancanegara," ujar Taufan.

Hingga saat ini Dompet Dhuafa terus menyalurkan bantuan kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) terdampak panjang Covid-19. Program keluarga tangguh telah hadir di wilayah Jabodetabek, Kediri, Malang, Probolinggo dan Sidoarjo, serta berbagai wilayah jangkauan Zona Layanan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia dan telah menyentuh sejumlah UMKM kuliner, warung ritel dan industri rumah tangga.

Pedagang satu penerima program Keluarga Tangguh, Bashori, mengatakan pandemi Covid-19 membuatnya kehilangan pemasukan. Sepinya pembeli memaksa dia untuk mencari rumput pakan ternak sebatas untuk bertahan.

" Beberapa minggu kemudian saya jualan lagi, tetapi masih sulit karena orang-orang masih pada takut ke warung, ya dampak Corona seperti itu," kata Bashori.

Dia berharap usaha satenya kembali lancar. Tak lupa, Bashori menyampaikan terima kasih atas bantuan dari donatur Dompet Dhuafa.

" Mudah-mudahan Allah mengembalikan jualan saya laris kembali," kata Bashori.

General Manager Marketing Communications Dompet Dhuafa, Etika Setiawati, mengatakan dampak pandemi masih terasa di semua sektor, baik ekonomi, pendidkan dan kesehatan. Akhir tahun yang biasanya bagi sebagian besar masyarakat untuk merayakan kebersaman dengan keluarga maupun orang-orang terdekat, jauh berbeda untuk tahun ini.

Banyak orang terkena PHK, usaha merugi, dan proses belajar mengajar menghadapi tantangan cukup berat dengan pembelajaran jarak jauh. Hal inilah yang menjadi dasar diluncurkannya Humanesia.

" Kampanye Humanesia ini diharapkan dapat meringankan beban saudara kita, baik yang terdampak pandemi atau mereka yang jauh di bawah garis kemiskinan, juga mereka yang terdampak bencana," ucap Etika.

Direktur Budaya, Dakwah, dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji, mengatakan kondisi kemiskinan yang terjadi di masyarakat apalagi akibat pandemi Covid-19 membutuhkan perhatian dari semua pihak. Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dibutuhkan untuk membangkitkan gerakan kepedulian untuk masyarakat Indonesia.

" Khususnya bagaimana kita mengangkat harkat martabat keluarga agar ia bisa bertahan hidup, meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga, menebarkan cinta di antara sesama. Sehingga yang susah tidak susah sendirian, yang memiliki harta bisa berbagi untuk sesama," kata Shonhaji.

Beri Komentar