© Tokopedia
Pukulan telak dirasakan oleh para pelaku bisnis saat pandemi melanda dunia sejak lebih dari setahun lalu. Sektor ekonomi yang kian menurun membuat para pelaku bisnis termasuk UMKM harus memutar otak untuk menjalankan roda bisnis.
Namun setelah memasuki tahun 2021, geliat ekonomi berangsur membaik dan pulih secara perlahan. Beberapa UMKM yang menyediakan berbagai perabotan rumah tangga pun juga makin kebanjiran pesanan mengingat situasi pandemi membuat orang menghabiskan banyak waktu di rumah saja.
Hal ini terbukti ketika selama kuartal pertama 2021 ini, kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibanding kuartal pertama 2020. yang telah berlangsung hari Senin (31/5) lalu.
Kebutuhan Rumah Tangga Meningkat Pesat
Dalam sebuah pertemuan virtual beberapa waktu lalu, Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti mengungkapkan jika aneka kebutuhan rumah tangga mengalami lonjakan pesanan ketika masa pandemi yang membuat masyarakat lebih aktif di rumah.
“ Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari,” ungkap Rizki Widyastuti.
Adanya lonjakan kebutuhan rumah tangga ini membuat Tokopedia menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal. “ Kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong kami terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal - yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan - melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021.”
Home Living SALEbrations sendiri menjadi salah satu hal yang wajib ditunggu oleh masyarakat termasuk para pelaku UMKM. Tujuannya tak lain adalah untuk berpartisipasi di tengah pandemi dengan berbisnis memanfaatkan teknologi canggih seperti Tokopedia.
Raup Omzet Miliaran Rupiah di Tokopedia, Indah Catur Agustin Sukses dengan Sleep Buddy Bedding

Indah Catur Agustin adalah salah satu pelaku bisnis yang sukses meraup omzet besar lewat Tokopedia. Berawal sebagai reseller, Indah kemudian mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 dan menjual aneka produk berkualitas seperti seprai dan lainnya. Produk inilah yang menjadi favorit di Tokopedia.
Pandemi memang sempat menghambat dirinya dalam berbisnis, namun fokus dan dedikasi untuk bangkit membuat usaha yang dijalankan Indah kembali menggeliat. Dirinya telah melakukan banyak cara untuk bangkit di masa pandemi seperti berkolaborasi dengan influencer hingga memanfaatkan aneka kampanye yang dijalankan Tokopedia, termasuk Home Living SALEbrations. “ Lewat Tokopedia, nama Sleep Buddy Bedding sekarang bisa dikenal masyarakat di luar Surabaya,” tutur Indah.
“ Kini 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp900 juta,” jelas Indah. Dengan tingginya permintaan, Indah pun memberdayakan banyak penjahit yang tersebar di wilayah Purwanotoro dan Wonogiri.
Hadirkan Produk Dekorasi Jempolan dengan Gandeng Pengrajin Lokal, Giovanno Warli Ungkap Rahasia Suksesnya

Aneka produk dekorasi rumah, olahan kayu, serta mebel berkualitas bisa didapatkan melalui Dekornata, bisnis lokal dari yang menggeliat di Tokopedia. “ Semua produk kami asli buatan pengrajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan,” ujar Giovanno.
Dekornata telah mengalami peningkatan penjualan yang signifikan sejak bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2018 lalu. Pandemi pun tak dilalui dengan lonjakan penjualan yang signifikan. “ Bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3x lipat,” imbuh Giovanno.
Aspek produksi dan strategi penjualan menjadi kunci dalam tingginya angka permintaan produk dari Dekornata. Selain menghasilkan produk berkualitas, Giovanno mengaku jika penjualan di Tokopedia merupakan salah satu kunci suksesnya.
“ Selain aktif mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, kami juga rutin berinovasi produk, seperti peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Kami juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa ‘mencoba’ produk Dekornata tanpa harus keluar rumah,” pungkas Giovanno.
Advertisement
Perjalanan Cinta Deddy Corbuzier dan Sabrina, Berakhir dengan Perceraian

Tengok Koleksi Indah dari Brand Modest Fashion di JFW 2026

Y2C Got Talent 2025 Hadir di Jakarta: Pecah Sampai Juri Terpukau

Komunitas Booktube Indonesia Sebarkan Konten Literasi Lewat YouTube

El Rumi Mengaku Ngeri Bahas Soal Pernikahan ke Ahmad Dhani


Dukung Kreator & UMKM, Shopee Hadirkan Pengalaman Belanja Baru bersama Meta
Tampil Cantik di Dream Day Ramadan Fest Bersama Beauty Class VIVA Cosmetics


Viral Penampakan Pantai Kelingking Bali, Konstruksinya Bikin Rusak Pemandangan


Perjalanan Cinta Deddy Corbuzier dan Sabrina, Berakhir dengan Perceraian

Garmin Hadirkan Instinct Crossover AMOLED, Smartwatch Hybrid dengan Gaya Analog dan Teknologi Modern
