Daftar 10 Pesepakbola Paling Berpengaruh di Instagram, CR7 atau Messi Teratas?

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 23 September 2022 08:01
Daftar 10 Pesepakbola Paling Berpengaruh di Instagram, CR7 atau Messi Teratas?
Pemain yang akan berlaga di World Cup 2022 itu berhasil mengungguli bintang sepak bola top lainnya seperti Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe.

Dream - Sosok Cristiano Ronaldo sebagai bintang sepak bola selama hampir 20 tahun masih belum tertandingi. Meski performanya di Manchester United menurun dan dijauhi rekan-rekannya, pesepakbola berjuluk CR7 ini masih memiliki pengaruh besar di dunia sosial media.

Bukti tersebut terungkap dari hasil riset Nielsen InfluenceScope yang menilai pesepakbola paling berpengaruh di media sosial Instagram.

Pemain yang akan berlaga di World Cup 2022 itu mengungguli bintang sepak bola top lainnya seperti musuh bebuyutannya Lionel Messi, maupun Neymar, dan Kylian Mbappe.

Pengukuran dari riset ini berdasarkan jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap unggahan (post) yang ada di Instagram. Penghitungan tersebut yang menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Pemain dengan nama Instagram @cristiano itu mampu meningkatkan followers hingga dua kali lipat atau sekitar 47 persen dalam setahun terakhir ini. Di urutan kedua, Lionel Messi memiliki nilai media lebih dari US$2,6 juta per postingan dengan 358 juta pengikutnya.

Sementara Neymar dan Kylian Mbappe memiliki nilai media rata-rata lebih dari US$1 juta per postingan. 

1 dari 4 halaman

Adapula sosok pesepakbola baru dari Brazil, Vinícius Júnior, yang kemarin berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022, mendapatkan pengikut Instagram yang meningkat sebesar 90 persen pada musim lalu.

Ini menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh di riset Nielsen.

Vinisiun Junior, pemain andalan Real Madrid (Foto: Instagram/realmadrid)© Dream

2 dari 4 halaman

N’Golo Kanté, yang turut serta menjadi pemain yang memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier, memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya yaitu 11 persen.

Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Pesepakbola paling berpengaruh di Instagram© Nielsen

3 dari 4 halaman

Timnas Paling Berpengaruh di Instagram

Adapun tim nasional yang paling berpengaruh di turnamen adalah Prancis, kemudian disusul Brazil dan Portugal. Trio ini adalah satu-satunya tim nasional dengan lebih dari 10 juta follower.

Tercatat, 64 persen followers Prancis berasal dari benua lain. Portugal yang memiliki 10,3 juta followers, sebanyak 86 persen penggemar yang mengikuti berasal dari luar negeri. Daya tarik internasional Ronaldo tentu berperan dalam popularitas global tim nasional Portugal. 

      View this post on Instagram      

A post shared by Equipe de France de Football (@equipedefrance)

 

 

4 dari 4 halaman

Tim top Eropa lainnya seperti Inggris, Spanyol, Jerman, dan Belanda berhasil menarik penggemar dari luar negaranya hingga 70 persen. Seperti halnya Prancis dan Portugal, keempat tim ini telah memenangkan maupun masuk dalam babak final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa sejak 2010.

Diantara tim Afrika lainnya di media sosial, Maroko menjadi tim berpengaruh yang ada dalam Piala Dunia. Tim sepak bola Maroko berhasil mendorong pertumbuhan followers diantara 32 tim Piala Dunia selama setahun terakhir dan menikmati engagement rate sebegar 3,4 persen, tertinggi dalam peringkat 10 besar.

Timnas Sepakbola Paling Berpengaruh di Instagram© Nielsen

Beri Komentar