Cristiano Ronaldo Dan Lionnel Messi (Foto: Shutterstock.com, Instagram/leomessi)
Dream - Sosok Cristiano Ronaldo sebagai bintang sepak bola selama hampir 20 tahun masih belum tertandingi. Meski performanya di Manchester United menurun dan dijauhi rekan-rekannya, pesepakbola berjuluk CR7 ini masih memiliki pengaruh besar di dunia sosial media.
Bukti tersebut terungkap dari hasil riset Nielsen InfluenceScope yang menilai pesepakbola paling berpengaruh di media sosial Instagram.
Pemain yang akan berlaga di World Cup 2022 itu mengungguli bintang sepak bola top lainnya seperti musuh bebuyutannya Lionel Messi, maupun Neymar, dan Kylian Mbappe.
Pengukuran dari riset ini berdasarkan jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap unggahan (post) yang ada di Instagram. Penghitungan tersebut yang menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.
Pemain dengan nama Instagram @cristiano itu mampu meningkatkan followers hingga dua kali lipat atau sekitar 47 persen dalam setahun terakhir ini. Di urutan kedua, Lionel Messi memiliki nilai media lebih dari US$2,6 juta per postingan dengan 358 juta pengikutnya.
Sementara Neymar dan Kylian Mbappe memiliki nilai media rata-rata lebih dari US$1 juta per postingan.
Adapula sosok pesepakbola baru dari Brazil, Vinícius Júnior, yang kemarin berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022, mendapatkan pengikut Instagram yang meningkat sebesar 90 persen pada musim lalu.
Ini menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh di riset Nielsen.
N’Golo Kanté, yang turut serta menjadi pemain yang memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier, memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya yaitu 11 persen.
Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.
Timnas Paling Berpengaruh di Instagram
Adapun tim nasional yang paling berpengaruh di turnamen adalah Prancis, kemudian disusul Brazil dan Portugal. Trio ini adalah satu-satunya tim nasional dengan lebih dari 10 juta follower.
Tercatat, 64 persen followers Prancis berasal dari benua lain. Portugal yang memiliki 10,3 juta followers, sebanyak 86 persen penggemar yang mengikuti berasal dari luar negeri. Daya tarik internasional Ronaldo tentu berperan dalam popularitas global tim nasional Portugal.
View this post on Instagram
Tim top Eropa lainnya seperti Inggris, Spanyol, Jerman, dan Belanda berhasil menarik penggemar dari luar negaranya hingga 70 persen. Seperti halnya Prancis dan Portugal, keempat tim ini telah memenangkan maupun masuk dalam babak final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa sejak 2010.
Diantara tim Afrika lainnya di media sosial, Maroko menjadi tim berpengaruh yang ada dalam Piala Dunia. Tim sepak bola Maroko berhasil mendorong pertumbuhan followers diantara 32 tim Piala Dunia selama setahun terakhir dan menikmati engagement rate sebegar 3,4 persen, tertinggi dalam peringkat 10 besar.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN