PPKM Diperlonggar, Fitness Center dan Gerai Makanan di Bioskop Boleh Buka

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 4 Oktober 2021 17:47
PPKM Diperlonggar, Fitness Center dan Gerai Makanan di Bioskop Boleh Buka
Evaluasi akan dijalankan sepekan ke depan untuk memantau situasi.

Dream - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan pelonggaran kembali diberlakukan dalam masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali. Kali ini, pusat kebugaran (fitness center) dan gerai makanan di dalam bioskop diizinkan kembali beroperasi.

" Dalam penerapan PPKM yang akan diberlakukan selama dua minggu ke depan Pemerintah melakukan beberapa penyesuaian antara lain pembukaan fitness center," ujar Luhut dalam konferensi pers disiarkan Sekretariat Presiden.

Syaratnya, kata Luhut, kapasitas pengunjung dibatasi maksimal 25 persen. Juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta skrining dengan PeduliLindungi.

Untuk gerai makanan dan minuman di dalam bioskop, pemerintah tetap memberlakukan kapasitas penonton tetap dibatasi maksimal 50 persen.

" Nanti kita akan lihat seminggu ke depan, kalau ada perkembangan lagi kita akan kembangkan ke depan," kata dia.

Selanjutnya, Luhut mengingatkan pelonggaran dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kembali lonjakan Covid-19.

" Kita tidak ingin tiba-tiba yang nanti bisa sesuatu yang tidak terkendali terjadi," ucap dia.

1 dari 2 halaman

PPKM Diperpanjang Lagi, Ini Penyebab Status Jabodetabek Masih Level 3

Dream - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali untuk dua pekan ke depan. Sejumlah daerah terpaksa naik level akibat tidak mampu mencapai target vaksinasi.

" Dalam penerapan PPKM level selama dua minggu ke depan, masih terdapat 20 kabupaten kota yang bertahan di level 2," ujar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden.

Daerah tersebut didominasi wilayah aglomerasi Semarang Raya dan Solo Raya. Sementara jumlah kabupaten kota yang naik dari level 2 ke 3 justru bertambah dari 84 kabupaten kota menjadi 107 kabupaten kota.

" Mereka belum mampu, saya ulangi, belum mampu meningkatkan jumlah capaian vaksinasi," kata Luhut.

 

2 dari 2 halaman

2 Juta Vaksin Bakal Disuntikkan Per Hari

Mengenai aglomerasi Jabodetabek, Luhut mengungkapkan, statusnya tertahan di Level 3. Ini akibat capaian vaksinasi di tiga kabupaten belum bisa memenuhi target untuk turun level.

" Aglomerasi Jabodetabek belum turun, ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bekasi, ini masih kekurangan vaksinasi level 3," ucap Luhut.

Terkait hal ini, Luhut menyatakan segera melakukan task force. Dalam beberapa pekan ke depan, akan ada 2 juta vaksin per hari disuntikkan di tiga kabupaten tersebut.

" Setelah ini akan kita matangkan untuk pelaksanaannya," kata dia.

Beri Komentar