Kenali Kebiasaan Bayi Menggosok Mata

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 8 Mei 2018 14:43
Kenali Kebiasaan Bayi Menggosok Mata
Tingkah laku bayi terkadang lucu dan menggemaskan. Tapi perlu hati-hati jika mereka mulai suka menggosok mata.

Dream - Setiap tingkah bayi pasti terlihat lucu dan menyentuh. Aksi mereka benar-benar membuat gemas siapa saja yang melihat.

Karena belum bisa berkata-kata dan mengungkapkan apa yang mereka inginkan, bayi biasanya hanya memberikan isyarat dan tingkah laku untuk berkomunikasi.

Namun, aksi bayi menggosok-gosok mata bukan sebagai tanda mengantuk dan ingin tidur saja. Bayi menggosok mata bisa jadi memiliki tujuan lain yang mungkin tidak kita ketahui.

Dilansir dari Momjunction via Siakapkeli.my, berikut adalah tujuan dan maksud bayi menggosok-gosok mata:

1. Ingin Tidur

Ketika melihat bayi menggosok mata dan menguap, ini menunjukkan waktu tidur telah tiba. " Tapi kenapa aku harus menggosok mata?" Itu karena, dengan menggosok mata, dapat membantu mengurangi kelelahan pada mata.

2. Mata Kering

Ketika terpapar udara dan lingkungan luar dalam waktu lama, maka lapisan air pada mata akan mengering. Ini juga terjadi pada mata bayi dan menyebabkan mereka menggosok mata. Ketika bayi menggosok mata, itu akan membantu memproduksi air untuk mengatasi kekeringan pada mata.

3. Mempelajari Reaksi Tubuh

Hal ini mungkin yang tidak pernah disadari orangtua. Menggosok mata mungkin sebagai cara si bayi untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.

Kemampuan motorik akan membuat si bayi bisa menyentuh dan mengenali benda baru. Jadi, jika melihat bayi sering menggosok mata sebelum jam tidurnya, dia mungkin sedang mempelajari reaksi tubuhnya sendiri.

4. Ada Benda Asing di Mata

Ini adalah mimpi buruk bagi orang tua ketika anak suka menggosok matanya. Bayi menggosok matanya sebagai salah satu cara untuk menghilangkan benda asing yang bisa menyebabkan luka.

Menggosok mata karena ada benda asing ini bisa menyebabkan mata mereka menjadi bengkak dan sakit. Jangan menggosok-gosok mata bayi dengan tangan, tapi bisa menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air agar benda asing bisa dikeluarkan.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi Menggosok Mata

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan bayi menggosok mata.

1. Memakai Sarung Tangan

Salah satu cara mencegah bayi menggosok mata adalah dengan mengenakan sarung tangan. Dengan cara ini, mata mereka juga akan terlindung dari menggosok mata terlalu keras.

2. Memberi Mainan ke Anak

Alihkan perhatian bayi ketika ingin mulai menggosok mata dengan memberinya mainan yang aman. Berikan mereka mainan agar mereka tidak terlalu mengikuti 'kebiasaan' untuk menggosok mata mereka. Semoga sehat selalu ya semua. 
 
(ism, Sumber: Siakapkeli.my)

Baca Juga: 2 Siswa SMA Pamer Aksi di Atas Motor, Ujungnya Nyungsep ke Got Rezeki Nomplok! Petugas Pembersih Temukan Emas Senilai Rp4 M Viral, Foto Bapak dan Anak Ini Bikin Gagal Fokus Lagi Hits, Menginap di Hotel Lokasi Pembunuhan Ngakak Habis! `Thanos` Punya SIM C Palembang

Beri Komentar