Mana Lebih Utama, Menikahi Gadis atau Janda?

Reporter : Reza
Jumat, 11 September 2015 19:02
Mana Lebih Utama, Menikahi Gadis atau Janda?
Wanita itu dinikahi karena seseorang memandang agama, harta, dan kecantikannya. Pilihlah yang baik agamanya, engkau pasti menuai keberuntungan,

Dream - " Hendaklah kalian menikah dengan gadis, karena sesungguhnya mereka lebih sedap mulutnya, dan lebih banyak anaknya, lebih hangat pelukannya dan lebih ridho dengan sedikit pekerjaan."  (HR. Abu Na‘im).

Hadis ini menjelaskan keutamaan menikahi seorang perempuan yang masih gadis tapi bukan berarti wajib hukumnya kita menikahi seorang perempuan yang masih gadis.

Walau menikahi perempuan memiliki banyak keutamaannya, memilih menikahi janda juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Rasulullah SAW bersabda;

" Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Dia juga laksana orang yang berpuasa di siang hari dan menegakkan salat di malam hari." (HR. Bukhari)

Dari sekian banyak pendapat para ulama, janda yang punya keutamaan untuk disantuni adalah janda yang ditinggal mati oleh suami atau janda yang diceraikan dan sulit untuk menanggung nafkah untuk keluarga. Adapun janda kaya raya, tidak termasuk di dalamnya.

Jika ada yang menikahi janda karena ingin menolong anaknya, maka ia akan dapat keutamaan besar menyantuni anak yatim.

Dari Sahl ibnu Sa’ad, Rasulullah SAW bersabda;

" Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini." (Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya). (HR. Bukhari).

Menikahi antara perempuan yang masih gadis dengan janda keduanya memiliki keutamaan masing masing. Akhlak dan budi pekerti bisa menjadi tolak ukur niatan seorang laki laki melaksanakan ibadah yang sangat dianjurkan Rasullullah SAW

Rasulullah SAW bersabda;

" Wanita itu dinikahi karena seseorang memandang agama, harta, dan kecantikannya. Pilihlah yang baik agamanya, engkau pasti menuai keberuntungan." (HR. Muslim)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More