6 Manfaat Treadmill, Olahraga Indoor yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 2 Juni 2022 09:12
6 Manfaat Treadmill, Olahraga Indoor yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh
Olahraga ini mampu membentuk otot, terutama di area kaki.

Dream – Olahraga menjadi aktivitas yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang, meski di tengah kesibukan sekali pun. Tak jarang ada seseorang yang sejak pagi hingga sore sibuk bekerja, tapi masih menyempatkan diri untuk berolahraga pada malam harinya, misalnya dengan nge-gym.

Ya, hal ini karena olahraga memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika tubuh sedikit dipaksa untuk berolahraga meski sederhana agar lebih terbiasa.

Salah satu olahraga yang bisa sahabat Dream lakukan adalah treadmill. Treadmill adalah olahraga yang bisa dilakukan secara indoor atau di dalam ruangan. Sehingga sahabat Dream aman dari panas maupun hujan. Bahkan tak sedikit yang membeli alat treadmill untuk diletakkan di rumah agar bisa sewaktu-waktu menggunakannya.

Lalu, apa sih manfaat treadmill bagi tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat treadmill untuk tubuh yang sudah dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat treadmill yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Menyadari bahwa jantung adalah organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Jika sampai jantung mengalami gangguan, hal ini tentu akan mengganggu kesehatanmu.

Bahkan penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja, baik yang muda maupun yang tua. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolahraga treadmill. Olahraga ini ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Tak hanya itu saja, bahkan olahraga ini juga mampu melindungi kamu dari penyakit jantung dan menjaga arteri agar selalu bersih dari lemak-lemak yang menyumbat. Apalagi saat ini teknologi treadmill semakin maju yang dilengkapi dengan monitor detak jantung.

Membentuk Otot

Manfaat treadmill berikutnya adalah membentuk otot. Nah, ini biasanya banyak diusahakan oleh para laki-laki yang ingin membentuk otot-otot di tubuhnya. Tapi tak sedikit juga perempuan yang ingin membentuk ototnya agar kencang. Misalnya saja di bagian otot kaki.

Treadmill menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk membentuk otot, terutama otot kaki. Tapi, kembali lagi dengan bagaimana cara kamu berlari. Misalnya saja berlari dengan menekuk otot perut, jadi hal ini bisa untuk meningkatkan kekuatan otot inti. Selain itu, berlari di treadmill juga bisa untuk membangun otot di area lengan dengan cara mengayunkannya saat sedang berlari.

2 dari 3 halaman

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh© Pixabay.com

Menurunkan Berat Badan

Apakah sahabat Dream saat ini sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Menurunkan berat badan bukan hanya semata-mata agar memberikan penampilan yang sempurna saja. Tapi lebih dari itu, yakni untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena berat badan yang terlalu berlebih tidaklah baik bagi kesehatan. Misalnya saja bisa mengalami obesitas yang mampu memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya.

Nah, olahraga adalah aktivitas yang penting dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Sahabat Dream bisa memiliki olahraga yang mudah saja seperti treadmill. Melakukan treadmill mampu membakar sampai 100 kalori untuk setiap mil-nya. Jadi, kalau kamu berlari sejauh 6 mil dalam waktu satu jam, maka itu artinya kamu sudah berhasil membakar 600 kalori.

Membentuk Kepadatan Tulang

Tulang yang baik sangatlah penting untuk menjaga kestabilan tubuhmu, terutama saat sedang melakukan aktivitas. Olahaga adalah usaha yang bisa sahabat Dream lakukan untuk membentuk kepadatan tulang. Olahraga treadmill yang dilakukan dengan cara berjalan atau berlari ini sangatlah baik untuk tulangmu.

Semakin banyak kamu berlari, maka mineral di tulang juga akan semakin banyak dan membuat tulang juga semakin kuat. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari penyakit osteoporosis atau tulang keropos. Apalagi olahraga ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan di dalam ruangan. Jadi, bisa kamu buat jadwal rutin di tengah kesibukan untuk melakukannya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh© Unsplash.com

Meningkatkan Fleksibilitas Sendi

Seiring bertambahnya usia, flesibilitas sendi menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Karena hal ini berhubungan dengan gerakan dan aktivitas kamu sehari-hari agar tetap ringan dan mudah. Jika kondisi fleksibilitas sendi baik, maka kamu bisa terhindar dari penyakit tulang degeneratif dan artritis.

Olahraga treadmill bisa menjadi pilihanmu untuk meningkatkan fleksibilitas sendi. Pastikan bahwa kamu melakukannya secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengurangi Dampak Berlari

Manfaat treadmill berikutnya adalah untuk mengurangi dampak berlari. Bisa dibayangkan saat sahabat Dream berlari di aspal, tanah, dan tempat lainnya, hal tersebut memiliki risiko seperti terkena benturan. Lalu bisa saja lutut, pergelangan kaki, dan punggung mengalami masalah.

Namun, saat sahabat Dream berlari di treadmill dengan permukaan yang lebih lembut bahkan dengan tambahan teknologi lainnya di alat tersebut, hal ini akan membuat sendi-sendimu tidak terlalu mendapatkan pengaruh. Jadi, pastinya lebih aman untuk bisa kamu lakukan secara teratur. Kamu bisa menggunakannya di rumah dengan membeli alat treadmill sendiri atau melakukannya di tempat gym.

Beri Komentar