Siraman Kaesang dan Erina, Pakai Air Zam-Zam hingga Air Keraton

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 8 Desember 2022 12:01
Siraman Kaesang dan Erina, Pakai Air Zam-Zam hingga Air Keraton
Siraman akan dilakukan pada Jumat pagi, 9 Desember 2022 sehari sebelum akad nikah

Dream - Jelang akad nikah pada 10 Desember 2022 mendatang, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani rangkaian upacara pernikahan adat Jawa. Salah satu yang mereka jalani adalah Siraman.

Upacara Siraman akan dilakukan pada Jumat pagi, 9 Desember 2022 sehari sebelum akad. Kedua sejoli ini akan melakukannya secara terpisah. Kaesang melakukan di Solo. Sedangkan Erina akan melaksanakannya di rumah tinggalnya yang ada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Wigung Wratsangka, pemilik Pengantin Production yang ditunjuk menjadi wedding organizer pernikahan Kaesang dan Erina di Yogyakarta menuturkan Siraman ini akan memakai air yang diambil dari tujuh sumber (tempat).

Baca juga: Kaesang Pangarep Ungkap Lokasi yang Akan Jadi Saksi Bisu Pernikahannya

1 dari 4 halaman

Tujuh Sumber Air

Wigung memaparkan siraman menggunakan tujuh sumber air, mulai dari air zam-zam hingga air dari Puro Mangkunegaran.

" Untuk Siraman memakai tujuh sumber air. Dari air Zam-zam, air di rumah calon mempelai putera, air di rumah calon mempelai puteri, dari Keraton Yogyakarta, Keraton Solo, Puro Mangkunegaran dan Puro Pakualaman," kata Wigung.

Pesona Kaesang dan Erina Berbalut Pakaian Adat Bali Kala Foto Prewedding© MEN

Siraman Erina, lanjut Wigung juga akan dilakukan oleh tujuh orang sesepuh perempuan yaitu ibu Erina, Sofiatun Gudono.

Selain itu ada juga permaisuri Sultan HB X yaitu GKR Hemas dan permaisuri Paku Alam X yaitu GKBRay Paku Alam X.

" Kami merencanakan ada GKR Hemas dan GKBRay Paku Alam X. Semoga bisa hadir," ungkap Wigung.

Sumber: Merdeka.com

2 dari 4 halaman

Hiburan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono Diisi Seniman Solo Tanpa Artis: `Biar Mereka Kecipratan`

Dream - Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan berlangsung akhir pekan ini (Sabtu, 10 Desember 2022) di Yogyakarta. Setelah akad nikah, keluarga Presiden Joko Widodo akan menggelar ngunduh mantu akan digelar di Solo pada Minggu, 11 Desember 2022.

Kedua pengantin akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pendopo Pura Mangkunegaran untuk acara resepsi. Kakak sekaligus juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan resepesi akan menghadirkan penampilan dari seniman Solo dengan sembilan titik panggung.

" Nanti ada 9 titik, 9 panggung. Yang mentas nanti seniman-seniman lokal Solo," ujar Gibran Rakabuming Raka, Senin, 5 Desember 2022.

Sembilan panggung disiapkan di Mangkunegaran maupun sepanjang jalur kirab dari Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, hingga kawasan Ngarsapura. Masyarakat dan tamu undangan bakal dihibur dengan aneka kesenian asli Solo. 

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Penampilan dari Artis Ibu Kota

Menurut Wali Kota Solo tersebut, sembilan titik atau panggung hiburan ini akan mengakomodasi semua genre musik, baik dangdut, keroncong dan jenis musik lainnya.

" Semua ada, musik dangdut, tarian dan lainnya," katanya.

Putra sulung Presiden Jokowi itu menginformasikan panitia tidak mengundang artis ibu kota untuk tampil dalam acara tersebut. Alasannya seluruh proses pernikahan disiapkan orang Solo sehingga lebih banyak mengajak seniman lokal agar tamu undangan dan masyarakat bisa sama-sama ikut merasakan kegembiraan.

" Tidak ada seniman ibu kota. Yang punya gawe kan wong Solo, jadi yang terlibat orang-orang Solo semua. Biar mereka kecipratan," tukasnya.

 

4 dari 4 halaman

Salah satu seniman lokal yang ditunjuk untuk mengiringi prosesi ngunduh mantu Presiden Jokowi adalah kelompok Seniman ISI Surakarta. 

Sebanyak 2 kelompok Gamelan telah disiapkan untuk pentas di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

" Persiapan kami sudah 90 persen untuk mentas di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina," kata Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar