Diam-diam Menpora Imam Nahrawi Jago Kaligrafi

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 7 Maret 2015 09:02
Diam-diam Menpora Imam Nahrawi Jago Kaligrafi
Keterampilan dalam seni kaligrafi ternyata bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan, Imam Nahrawi sampai bisa membeli sawah dari hasil kaligrafi.

Dream - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memiliki keterampilan di bidang seni kaligrafi. Tak disangka, keterampilan yang ditekuninya sejak duduk di bangku Madrasah Aliyah (MA) ternyata dapat ia gunakan untuk membiayai kuliah dan membeli sebidang sawah.

" Sejak sekolah di MA saya sudah belajar khath (kaligrafi Arab), sehingga tulisan Arab saya bagus," ujar Imam, seperti dikutip Dream dari nu.or.id, Sabtu, 7 Maret 2015.

Bahkan saat kuliah, terang dia, ketrampilan itu membantunya mendapat uang tambahan. Dia diminta oleh teman-temannya membantu dalam mengerjakan skripsi untuk penulisan kaligrafi.

Tidak hanya itu, berbekal ketrampilan tersebut, Imam sampai mampu membiayai adiknya untuk melanjutkan kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. " Saya bisa mencicil pembelian sawah di kampung juga dari keahlian menulis Arab ini," katanya.

Pengalaman ini membuat Imam bangga dan berharap agar generasi muda pesantren mau mendalami seni ini secara serius. Menurut dia, keahlian menulis Arab secara baik mampu mengajarkan yang menekuni untuk menjaga keikhlasan dan ketelatenan.

Lebih lanjut, Imam menerangkan, keahlian dalam kaligrafi sangat penting. Dia menjelaskan terdapat aturan tertentu yang menjadi pakem dalam seni kaligrafi.

" Karena banyak tulisan Arab yang beredar ternyata tidak melalui kaidah yang dibenarkan," terangnya.

 

Beri Komentar