Ogah Sikat Gigi, Lihat Pipi Wanita Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 24 Juli 2019 11:00
Ogah Sikat Gigi, Lihat Pipi Wanita Ini
Mulut pasien itu penuh nanah.

Dream - Sikat gigi sangat disarankan untuk merawat kesehatan mulut. Sayangnya, cara ini kerap dianggap sepele oleh sebagian orang.

Padahal, ada bahaya besar yang bisa dialami seseorang akibat enggan sikat gigi. Sisa makanan di dalam mulut bisa menjadi kuman ganas.

Seorang dokter di Malaysia menceritakan kisahnya saat menangani seorang pasien wanita. Awalnya, pasien itu mengalami gigi berlubang.

Dikutip dari Siakapkeli, mulut wanita itu membengkak. Dokter bernama Mohd Khairul Izwan awalnya menduga pembengkakan itu hanya karena sakit gigi.

Setelah diperiksa, dokter itu kaget melihat bagian dalam wanita itu. Rupanya pembengkakan itu terjadi lantaran lubang pada gigi tertutup sisa makanan yang berubah jadi kuman.

" Jika masih dibiarkan, mungkin bisa membuat nyawa melayang," kata Izwan.

1 dari 5 halaman

Bengkak Separuh Wajah

Pasien itu datang dengan wajah bengkak di kiri hingga bagian leher. " Di bidang kesehatan gigi, kondisi ini disebut Ludwig's Angina," kata dia.

Penyebabnya, pasien itu tidak mau menggosok giginya. Selain itu, gigi berlubangnya juga tidak dirawat.

" Kebersihan mulut tidak dijaga, karang gigi dan sisa makanan penuh di dalam mulut," ucap dia.

Akibatnya, pasien itu terjangkiti kuman. Timbul nanah akibat infeksi dalam mulut, jumlahnya sangat banyak.

" Jika sudah bengkak seperti ini, prosedur pembuangan nanah terpaksa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan," ucap dia.

 

2 dari 5 halaman

Terpaksa Sobek Pipi

Dokter itu lalu membuat lubang pada pipi dengan sayatan pisau. Lubang itu diperlukan untuk mengeluarkan nanah.

" Tindakan ini untuk mengurangi nanah," ucap dia.

Hasilnya mengejutkan. Nanah yang berhasil diambil sebanyak satu pipet suntik penuh.

" Ditambah lagi, pasien punya masalah kesehatan lain seperti darah tinggi, kencing manis, dan gangguan ginjal. Padahal usianya baru 27 tahun," ucap dia.

3 dari 5 halaman

Alami Kebotakan Aneh, Isi Perut Bocah Ini Bikin Terbelalak

Dream - Bocah perempuan 9 tahun asal Harbin, Heilongjiang, China ini menderita penyakit aneh. Hal tersebut baru diketahui setelah dia merasa mual hingga muntah dan kehilangan nafsu makan.

Awalnya, orangtuanya berpikir bocah itu mengalami masalah di pencernaan. Ketika diperiksakan ke dokter, semua terkejut dengan isi perut bocah itu. Ada gumpalan rambut dengan diameter mencapai 18 centimeter. 

Dilansir Oriental Daily, sebelum menunjukkan gejala mual, orangtuanya tidak menaruh curiga pada fisik bocah itu. Sejak kecil, tubuhnya memang kurus dan makannya tidak sebanyak anak-anak seusianya.

Pembawaan yang ceria membuat orangtuanya beranggapan tidak ada masalah kesehatan pada bocah perempuan itu. 

4 dari 5 halaman

Makan Rambutnya Sendiri

Ketika anak itu berusia 8 tahun, sang ibu memutuskan berhenti bekerja dan fokus mengurusnya. Pun demikian, ibunya sama sekali tidak menaruh curiga pada fisik si bocah.

Sang ibu memang pernah menjumpai anaknya makan rambutnya sendiri. Meski begitu, dia tidak menyadari hal itu ternyata adalah kebiasaan anaknya. 

Kondisi itu berlanjut sampai si anak jatuh sakit. Kepala anak itu mengalami kebotakan yang aneh. 

Ketika ditanya sang ibu, barulah anak itu mengaku sudak makan rambutnya sendiri. Kebiasaan itu rupanya sudah berlangsung lama, sejak dia masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak. 

5 dari 5 halaman

Divonis Menderita Pica

Dokter mendiagnosa anak itu mengidap Pica, sejenis gangguan makan yang membuat penderita suka makan barang bukan makanan. Entah itu kertas, tanas, dan lain sebagainya.

 Setelah melakukan pemeriksaan intensif, dokter berusaha mengeluarkan bola rambut melalui mulut menggunakan endoskop. Dua kali dilakukan, gumpalan rambut yang berhasil dikeluarkan hanya setengah. 

Dokter menemukan banyak luka berisi nanah pada dinding perut anak itu. Saat ini, dokter masih berusaha untuk mengeluarkan seluruh bola rambut yang di perutnya.

(Sah, Sumber: World of Buzz)

Beri Komentar