Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Pijat Khusus

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 22 September 2020 16:33
Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Pijat Khusus
Pijat sakit gigi ini dilakukan pada titik-titik tertentu.

Dream – Sakit gigi tak bisa dianggap remeh. Rasa ngilu yang ditimbulkan dapat mengganggu keseharian. Terlebih bila sakit gigi membuat selera makan menghilang. Penyebab sakit gigi seringkali diakibatkan oleh iritasi pada saraf gigi.

Perawatan rutin dan menjaga kebersihan mulut adalah salah satu cara mencegah sakit gigi mendera. Penyesalan biasanya akan datang ketika sakit gigi menjerang dan kamu tak tahan dengan rasa ngilu dan perih yang bisa sampai terasa ke kepala.

Banyak orang menerapkan cara mengobati sakit gigi dengan minum obat khusus atau pergi ke dokter jika rasa sakit sudah tak tertahankan.

Sebelum pergi ke dokter, ada tindakan pencegahan pertama untuk mengatasi rasaa sakit yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah yaitu dengan pijat sakit gigi.

Pijat sakit gigi dilakukan dengan cara memberikan tekanan atau pijatan di titik-titik tertentu pada tubuh. Pijatan tersebut akan memberikan sinyal tubuh untuk meredakan ketegangan, mengatasi masalah aliran darah, dan mengurangi rasa sakit.

1 dari 2 halaman

Titik-Titik Pijat Sakit Gigi

Ada beberapa titik pijat sakit gigi yang perlu kamu ketahui. Titik inilah yang dapat membantu meredakan rasa nyeri.

Ilustrasi© Freepik

Berikut adalah beberapa titik pijat sakit gigi yang dapat kamu aplikasikan. Diantaranya:

  1. Tulang pipi. Titik pijat yang terletak di tepi bawah tulang pipi ini dapat dimanfaatkan dengan memberikan tekanan yang kuat dan stabil menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Titik pijat tulang pipi digunakan untuk meringankan sakit gigi dan gusi bengkak.
  2. Rahang. Titik pijat sakit gigi ini terletak di tengah rahang atas dan bawah, tepatnya pada otot di depan daun telinga yang menonjol keluar. Gunakan ibu jari untuk memijat titik ini selama 1 menit penuh.  
  3. Di antara ibu jari dan jari telunjuk. Titik pijat di antara ibu jari dan jari telunjuk adalah titik yang paling efektif untuk meredakan rasa sakit yang sifatnya kronis. Akan tetapi, titik ini tidak disarankan untuk wanita hamil karena rangsangannya dapat menyebabkan kontraksi prematur.
  4. Lengan bagian atas. Titik pijat yang terletak di sisi luar lengan bagian atas ini juga dapat dimanfaatkan dalam pijat sakit gigi. Titik ini bahkan dianggap sebagai titik pijat yang paling efektif.
  5. Di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Titik pijat ini berada di bagian atas kaki, tepatnya di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Disamping meredakan sakit gigi, pijatan pada titik ini juga dapat membantu meringankan sakit rahang atas, sakit tenggorokan, sakit lambung, serta gangguan pencernaan.
2 dari 2 halaman

Cara meredakan sakit gigi secara alami

Ilustrasi© Freepik

Kumur air garam.

Air garam adalah disinfektan alami dan membantu melonggarkan partikel makanan serta kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi. Dengan berkumur air garam, akan membantu meredakan nyeri pada gigi.

Kompres air dingin

Kompres air dingin dapat membuat pembuluh darah di area yang sakit menyempit dan membuat rasa sakit perlahan hilang. Untuk melakukannya, bungkus es batu dengan handuk lalu tempelkan ke area yang sakit selama 20 menit.

Mengoleskan bawang putih

Bawang putih dianggap ampuh untuk meredakan nyeri saat sakit gigi. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menghancurkan bawang putih dan mengoleskannya ke daerah yang nyeri atau sakit. Cara lainnya yaitu dengan mengunyah satu siung bawang putih secara perlahan.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar