Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Viral Video Adu Argumen Petugas VS Anak Kos yang di Pos Sekat PPKM Darurat

Viral Video Adu Argumen Petugas VS Anak Kos yang di Pos Sekat PPKM Darurat Petugas Polisi (Foto: Twitter @jowoshitpost)

Dream - Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di lapangan seringkali menyebabkan persinggungan dua pihak. Di satu sisi, masyarakat ada yang terpaksa tetap beraktivitas karena tuntutan. Di sisi lain, aparat penegak hukum harus menjalankan keputusan pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Persinggungan inilah yang terjadi antara seorang pengemudi mobil dan petugas polisi diduga di wilayah operasi Jawa Timur. Keduanya memiliki argumentasi dengan tindakan yang mereka lakukan.

Video perdebatan polisi dan pengemudi mobil ini viral di media sosial Twitter setelah diunggah akun @Jowoshitpost. Dilihat dari videonya, rekaman tersebut diambil dari sisi si pengemudi berkacamata dari dalam mobil.

Dari rekaman video tersebut si pengemudi bersikukuh untuk melalui jalan yang tengah diblokir karena pemberlakuan PPKM Darurat. Dia mengaku hendak menuju rumah kos yang berada di Surabaya. 

Pemuda tersebut tak bisa melintas karena tidak membawa surat keterangan kos-kosan dari RT, RW, keterangan test swab ataupun vaksinasi Covid-19. Sementara KTP pengendara itu berdomisili di Semarang, Jawa Tengah.

Diberi Edukasi

Polisi

Di samping mobil seorang petugas berseragam Polisi Lalu Lintas (Polantas) terdengar memberikan penjelasan atas tindakannya yang tak mengizinkan pengemudi mobil tersebut melintas memasuki wilayah Surabaya.

"Mas ini tidak bisa menunjukan hasil swab negatif, Mas ini juga tidak bisa menunjukan sertifikat vaksin. Nah sesuai dengan peraturan pemerintah, perintah Presiden dan dikuatkan dengan Surat Keterangan Gubernur Jawa Timur maka yang tidak membawa itu semua tidak diperkenankan masuk," kata polisi tersebut berusaha memberikan penjelasan alasannya tak mengizinkan pemuda tersebut melintas.

Tetap Ngotot

Penjelasan itu tak lantas membuat si pengemudi memutar balik kendaraan. Pemuda itu tetap meminta agar dizinkan untuk melalui jalur yang dituju karena hendak kembali ke rumah kos. Kali ini dia berusaha menunjukan kunci sebagai barang bukti statusnya bukan sebagai pendatang namun penghuni sebuah kosan di Surabaya.

"Loh kalau saya bukan dari sini saya akan bawa barang-barang. Sekarang saya bawa kunci kos, Bapak mau saya ajak ke kos?" kata pengendara mobil tersebut.

Namun ajakan pengemudi mobil tersebut ditolak oleh petugas Polantas. Dia mengatakan kunci yang ditunjukan pemuda tersebut tak lantas bisa membuktikan jika dirinya benar-benar penghuni kos di Sprabaya.

"Anda tidak bisa membuktikan anda kos di sini, kalau anda bisa membuktikan ya saya lepaskan. Karena kamu nggak bisa buktikan itu. Kunci itu tidak bunyi, yang bunyi surat," kata Polisi.

Polisi tersebut akhirnya tetap mengarahkan pengemudi mobil itu untuk putar balik.

 

Picu Polemik Netizen

Perdebatan antara polisi dan pengemudia mobil tersebut ramai dibahas oleh netizen. Sikap warganet terpecah melihat kejadian tersebut.

Sebagain netizen mempertanyakan tidak adanya dokumen domisili yang dimilik pengendara mobil tersebut. Sebagai seorang pendatang, biasanya mereka akan mengurus surat domisili begitu tinggal di daerah tertentu. 

"Surat Keterangan Domisili tuh bukannya inisiatif sendiri gak sih? Gue pas kost di Jkt ada surat domisili minta ke RT/RW, jaga2 kalo perlu kan udah ada gak usah kelabakan lg mau minta," komentar akun @tinyken_

"Woalah ko ko, wong keliru kok ngeyel. Tinggal lengkapi aja syarat beres ko, polisi juga menjalankan tugas sesuai SOP dan aturan Wajah menyeringai dengan mata tersenyum. Solusi, lewat dalan tikus golek surat domisili RT/RW Daftar vaksin bisa di halodoc, http://tiket.com, RS Dr.Ramelan, Kodam, dll. Bingung DM," komentar akun @kopisacheeet.

Namun netizen lain juga mengabarkan jika ketentuan soal surat domisili memang tak sepenuhnya diterapkan oleh para pemilik kos. 

Di sisi lain, beberapa mengapresiasi petugas Polantas yang tetap menjalankan tugas pelaksanaan PPKM Darurat.

"Semangat untuk petugas TNI/POLRI yang bertugas, semoga selalu diberikan kesehatan, kesabaran dalam menghadapi WNI. Stay safe stay healthy," komentar akun @3hurufff.

"Mas iki mencari pembelaan dari netijen budiman ta? Untung netijen saiki pinter. Nurut kata pak polisi. Dan ngerti pak polisi ki hanya menjalankan perintah dr pusat. Mas, lain kali ayo lbh sigap dan taat ya.. jangan bandel nek di tuturi pak polisi," ujar akun @bigosipo.

Meski ada pula netizen yang berpendapat aturan di lapangan hendaknya dijalankan tetap menyesuaikan dengan kondisi dan situasi.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Viral Video Aksi Polisi Menyamar jadi Emak-Emak Berdaster, Syok Pas Masker Dibuka Kumisnya Baplang

Viral Video Aksi Polisi Menyamar jadi Emak-Emak Berdaster, Syok Pas Masker Dibuka Kumisnya Baplang

Demi menangkap target, pria ini nyamar jadi emak-emak berhijab saat bertugas.

Baca Selengkapnya
Viral Video Detik-Detik Anies Kena Tampar Pria Berkaus AMIN Saat Kampanye di Pontianak

Viral Video Detik-Detik Anies Kena Tampar Pria Berkaus AMIN Saat Kampanye di Pontianak

Pria itu terlihat melayangkan tangannya ke arah depan, dan mengenai wajah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Selengkapnya
Viral Video Penampakan Sosok Seram Berpakaian Putih Jam 3 Dinihari Diduga Kuntilanak di Gowa, Polisi Masih Selidiki

Viral Video Penampakan Sosok Seram Berpakaian Putih Jam 3 Dinihari Diduga Kuntilanak di Gowa, Polisi Masih Selidiki

Tubuh kuntilanak dalam video itu terlihat mengenakan pakaian warna putih. Sementara wajahnya tidak terlihat jelas.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral! Dua Pemuda Nangis Kejer Saat Menghadiri Acara Prosesi Akad Nikah, Ternyata Karena Ini...

Viral! Dua Pemuda Nangis Kejer Saat Menghadiri Acara Prosesi Akad Nikah, Ternyata Karena Ini...

sebuah video memperlihatkan dua orang pemuda menangis tersedu-sedu saat menyaksikan prosesi akad nikah.

Baca Selengkapnya
Viral Video Kades Pesta Petasan Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan 8 Tahun: 'Lumayan, Dapat Pajero Lagi'

Viral Video Kades Pesta Petasan Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan 8 Tahun: 'Lumayan, Dapat Pajero Lagi'

Dikatakan bahwa pria tersebut adalah salah seorang kades di Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelen, Bekasi.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Rekomendasi Sarapan

BUNGKUS! Rekomendasi Sarapan

Sahabat dream, buat kalian yang bosan sarapan dengan menu yang sama, mah kalian bisa banget ikuti rekomendasi Dream. Kalau kalian ada rekomendasi apa?

Baca Selengkapnya