Potret Arnetha Florencia, Si Manis Putri Sopir Angkot yang Jago 'Terbang' Jadi Taruna AAU

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 9 Agustus 2022 16:00
Potret Arnetha Florencia, Si Manis Putri Sopir Angkot yang Jago 'Terbang' Jadi Taruna AAU
Ini sosok Arnetha Florencia Syaramual dengan cita-citanya yang ingin menjadi penerbang Pesawat C-130 Hercules.

Dream - Cita-cita dengan tekad yang kuat akan mematahkan keterbatasan, sekalipun ekonomi. Seperti prestasi dari Arnetha Florencia Syaramual, yang berhasil masuk menjadi Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2022. 

Siapa sangka di balik prestasinya, gadis asal Ambon ini merupakan anak sopir angkot bernama Stevanus Hurbanus Syaramual.

“ Arnetha Florencia Syaramual, anak asli Ambon, merupakan putri seorang supir angkot di kota Ambon, berhasil masuk dan menjadi Taruni Akademi Angkatan Udara pada tahun 2022,” demikian keterangan yang ditulis Instagram @militer.udara.

Keterbatasan finansial itulah yang justru mampu menjadikannya sosok yang giat. Hingga menjadi prajurit AAU, yang tak jauh dari impiannya yakni menjadi penerbang Pesawat C-130 Hercules. 

1 dari 4 halaman

Arnetha Florencia© Instagram @militer.udara

Ketekunannya memang sudah terlihat sejak bangku SMP. Dia berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan akselerasi. Gadis yang mempunyai hobby bermusik itu lalu lulus dari SMAN 1 Ambon dan  mendapatkan beasiswa dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi.

2 dari 4 halaman

Arnetha Florencia© Instagram @militer.udara

Dari beasiswa Kemenhub itu, putri asal Desa Nusaniwe Kota Ambon lulus di tahun 2021 dengan predikat memuaskan dan ia memegang lisensi Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR) dan Multi Engine Rating (MER).

3 dari 4 halaman

Arnetha Florencia© Instagram @militer.udara

Di tahun ini, Arnetha semakin mengembangkan sayapnya di dunia penerbangan dengan menjadi Taruna AAU melalui Panda Lanud Pattimura Ambon.

Dia lolos pada tahap pantukhir yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.M., CSFA. 

4 dari 4 halaman

Arnetha Florencia© Instagram @militer.udara

Arnetha saat ini sedang menjalani pendidikan dasar di Resimen Candradimuka Akademi TNI, Magelang sebagai Calon Prajurit Taruna (Capratar) AAU.

Beri Komentar