Struktur Teks Prosedur, Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 6 Oktober 2022 17:35
Struktur Teks Prosedur, Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya
Tahukah kamu apa itu teks prosedur? Simak berikut ini!

Dream - Ketika ingin makan mi instan, sebagian orang iseng membaca tulisan di bungkusnya. Pada bagian belakang kemasan, ada petunjuk cara menyajikan mi supaya benar-benar matang dan lezat rasanya.

Petunjuk memasak di belakang bungkus mie instan itu merupakan contoh dari teks prosedur. Teks prosedur merupakan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau cara membuat sesuatu.

Struktur teks prosedur berisi cara dan petunjuk untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Untuk lebih memahaminya, mari simak ulasan tentang struktur teks prosedur berikut ini lengkap pengertian, ciri-ciri, jenis dan contohnya.

1 dari 4 halaman

Pengertian dan Ciri-ciri Teks Prosedur

Ilustrasi© Pexels.com

Dikutip dari ruang guru, teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks ini dibutuhkan sebagai panduan untuk membuat atau menyajikan sesuatu.

Struktur teks prosedur memiliki ciri-ciri yang perlu diketahui, yaitu:

  • Terdiri dari kalimat perintah.
  • Berisi panduan yang harus dilakukan.
  • Ditulis dalam bentuk poin-poin
  • Menggunakan kata kerja aktif.
  • Memakai kata penghubung atau konjungsi.
  • Menggunakan kalimat saran atau larangan.
  • Ada aturan mengenai bahan atau kegiatan.
  • Biasanya juga menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat dan cara.
  • Petunjuk disampaikan secara urut.
2 dari 4 halaman

Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur terdiri dari empat bagian, mulai dari tujuan, material, langkah-langkah penyusunan/pengerjaannya, dan penegasan ulang (kesimpulan). Agar lebih jelasnya, simak struktur teks prosedur berikut ini:

1. Tujuan

Struktur teks prosedur yang pertama ialah tujuan. Penulis akan memberikan penjelasan tentang tujuan penyusunan teks tersebut. Biasanya dalam menyampaikan tujuan juga diinformasikan hasil akhir yang akan dicapai.

2. Material

Struktur teks prosedur yang kedua adalah material. Struktur ini berisi hal-hal yang perlu disiapkan untuk pelaksanaan atau pembuatan sesuatu. Struktur teks prosedur yang satu ini berisi informasi tentang alat/bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan.

3. Tahapan

Struktur teks prosedur yang ketiga adalah langkah-langkah yaitu menjelaskan proses atau tahapan yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan tujuan dari teks prosedur. Struktur teks prosedur yang ketiga ini harus dibuat secara urut, susunannya logis, sistematis, dan mudah dipahami oleh pembaca.

4. Penegasan Ulang

Struktur teks prosedur yang terakhir adalah kesimpulan. Bagian ini menjelaskan simpulan dari suatu prosedur yang telah dilakukan. Bagian ini bersifat opsional, yakni boleh ada dan boleh tidak ada dalam struktur teks prosedur.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Teks Prosedur

Setelah memahami struktur teks prosedur di atas, selanjutnya kamu perlu mengetahui jenis-jenisnya. Adapun jenis-jenis teks prosedur adalah sebagai berikut:

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah. Contohnya adalah teks prosedur untuk mengoperasikan setrika.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Biasanya teks ini digunakan untuk memberikan petunjuk tentang cara pembayaran tilang oleh polisi, tahapan pendaftaran beasiswa, dan lain sebagainya.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks prosedur yang tahapannya bisa dibolak-balik, namun tujuannya tetap bisa tercapai. contohnya adalah cara memasak mi instan.

Nah itulah jenis-jenis dan struktur teks prosedur yang harus diperhatikan dalam pembuatan tahapan tertentu. Jika kamu hendak membuat teks prosedur, pastikan untuk memenuhi ciri-ciri dan strukturnya.  Struktur teks prosedur yang lengkap akan membuat petunjuknya lebih jelas.

4 dari 4 halaman

Contoh Struktur Teks Prosedur

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Keju

Ilustrasi© Pixabay.com

Bolu pisang kukus adalah jenis bolu pisang yang mudah untuk dibuat. Kamu tidak perlu menyediakan oven untuk membuatnya. Hanya dengan dikukus saja, kamu bisa menikmati bolu pisang kukus yang nikmat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Pisang ambon (4 buah)
  • Tepung terigu (200 gram)
  • Gula pasir (7 sdm)
  • Susu bubuk (2 sdm)
  • Telur (2 butir)
  • Margarin cair (6 sdm)
  • Keju cheddar (1/2 balok)
  • Baking powder (1/2 sdt)

Cara membuat bolu pisang kukus rasa keju:

  1. Kocok telur dan gula sampai tercampur rata.
  2. Masukkan margarin yang sudah cairkan.
  3. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu, kemudian aduk-aduk.
  4. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan, kemudian keju parut.
  5. Aduk hingga merata.
  6. Panaskan kukusan.
  7. Bungkus tutupnya dengan kain lap.
  8. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega.
  9. Kukus selama 30 menit.
  10. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian angkat dari kukusan.
  11. Bolu pisang kukus rasa keju siap dihidangkan.

Demikian itulah penjelasan struktur teks prosedur lengkap dengan jenis-jenis dan contohnya.

Beri Komentar