Tata Cara Sholat Istikharah Serta Keutamaannya dalam Menentukan Pilihan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 7 Desember 2020 13:33
Tata Cara Sholat Istikharah Serta Keutamaannya dalam Menentukan Pilihan
Islam mengajarkan, bahwa Allah Swt akan menjawab kegelisahan umatnya sesuai dengan petunjuk yang terbaik dari-Nya.

Dream – Islam mengajarkan kepada para pemeluknya, di saat sedang dilanda kegundahan dalam memilih suatu hal di dalam hidupnya, mereka dianjurkan untuk melaksanakan shalat istikharah. Shalat istikharah merupakan shalat sunnah yang dikerjakan di saat seorang muslim berhadapan dengan beberapa pilihan yang berat dan mendesak untuk segera diputuskan.

Islam mengajarkan, bahwa Allah Swt akan menjawab kegelisahan umatnya sesuai dengan petunjuk yang terbaik dari-Nya. Dengan shalat istikharah, umat Islam diharapkan mampu memantabkan hatinya untuk memilih pilihan sesuai dengan petunjuk Tuhan Swt.

Untuk melaksanakan shalat istikharah dengan baik dan benar, diperlukan panduan menurut syariat Islam. Tata cara shalat istikhara perlu dipelajari dan dipahami bagi orang yang hendak melaksanakannya.

Seringkali shalat istikharah ini dilakukan salah satunya yang paling terkenal adalah dalam hal memilih jodoh. Bagi sebagian manusia, jodoh adalah suatu hal yang perlu diperhitungkan dan dipikir matang-matang. Sehingga tidak heran jika tata cara shalat istikhara untuk mencari jodoh ini sering dilakukan umat Islam.

Selain itu masih banyak sholat istikharah yang diperuntukkan untuk pilihan-pilihan yang lain dalam kehidupan, seperti pekerjaan, sekolah, peluang, memilih jurusan kuliah, dan lain sebagainya. Kali ini Dream akan mengulas tata cara shalat istikharah lengkap dengan penjelasan keutamaannya bagi umat Islam di seluruh dunia. Mari simak berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Dalil Tata Cara Shalat Istikharah

Tata cara shalat istikharah adalah dilakukan sebanyak dua rakaat. Tata cara shalat sunnah yang satu ini telah diajarkan oleh Rasulullah Saw yang mana diperuntukkan untuk menentukan pilihan mendesak.

Ajaran ini muncul di saat masyarakat jahiliyah melakukan istikharah dengan cara menggunakan azlam atau yang kita kenal dengan undian.

Allah pun melarang cara tersebut dan menggantinya dengan shalat istikharah setelah mengangkat Nabi Muhammad Saw. Mengenai dalil shalat istikharah, dalam hadis shahih Bukhari dijelaskan:

“ Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah Saw mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami surat Alquran.

Rasulullah bersabda: Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu…” (HR Ahmad, Bukhari, Ibnu Hibban, Baihaqi, dan yang lainnya)

2 dari 5 halaman

Niat Shalat Istikharah

Ilustrasi© freepik.com

Niat adalah salah satu hal yang paling penting dan utama dalam melakukan segala tindakan khususnya dalam menjalankan syariat agama. Termasuk dalam menjalankan shalat istikharah, umat Islam wajib niat terlebih dahulu. Niat boleh diucapkan supaya sholat istikharah terasa lebih mantab.

Niat shalat istikharah adalah sebagai berikut:

USHOLLI SUNNATAN ISTIKHOROTI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya berniat shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Swt.

Meskipun sebenarnya niat ada di dalam hati, namun menghadirkan niat shalat istikharah di hati harus disertai pengharapan atas segala urusan hanya kepada Allah.

3 dari 5 halaman

Tata Cara Shalat Istikharah

Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiih Islam wa Adillatuhu memiliki berpendapat setelah membaca surat Al Fatihah disunnahkan membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama. Kemudian membaca surat Al Ikhlas usai surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Berikut ini tata cara shalat istikharah secara keseluruhan:

  • Niat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari alquran, disunnahkan Surat Al Kafirun
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi melanjutkan rakaat kedua
  • Membaca surat al fatihah
  • Membaca surat dari alquran, disunnahkan surat al Ikhlas
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Duduk tahiyat akhir dengan tumaninah
  • Membaca tahiyat akhir.
  • Salam
  • Baca doa shalat istikharah sesuai tuntunan Nabi Saw.
4 dari 5 halaman

Doa Shalat Istikharah

Ilustrasi© freepik.com

ALLAHUMMA INNI ASTAKHIRUKA BI ‘ILMIKA, WA ASTAQDIRUKA BI QUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKA, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU, WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUB.

ALLAHUMMA FA-IN KUNTA TA’LAMU HADZAL AMRO (MENYEBUTKAN PERSOALANNYA) KHOIRON LII FII ‘AAJILI AMRII WA AAJILIH (AW FII DIINII WA MA’AASYI WA ‘AQIBATI AMRII) FAQDUR LII, WA YASSIRHU LII, TSUMMA BAARIK LII FIIHI.

ALLAHUMMA IN KUNTA TA’LAMU ANNAHU SYARRUN LII FII DIINI WA MA’AASYI WA ‘AQIBATI AMRII (FII ‘AAJILI AMRI WA AAJILIH) FASH-RIFNII ‘ANHU, WAQDUR LIIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIH.”

5 dari 5 halaman

Keutamaan Shalat Istikharah

Manusia selalu memiliki permasalahan hidup yang membuat bingung. Tak jarang manusia dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang semakin membuat hidup tak tenang.

Maka dari itu Allah Swt menganjurkan umat Muhammad Saw untuk melaksanakan shalat istikarah, karena memiliki segudang keutamaan bagi umat muslim yang mau melaksanakannya. Berikut keutamaan shalat istikharah bagi umat Islam yang perlu kita ketahui bersama:

1. Menyerahkan Hasil Pada Allah

Dengan shalat istikharah kita benar-benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah Swt. Manusia membutuhkan bimbingan Allah untuk menentukan pilihan hidupnya.

2. Menenangkan Diri

Keutamaan shalat istikharah bisa menenangkan hati manusa yang gelisah karena dihadapkan pada banyak pilihan. Dengan shalat istikharah Sahabat Dream akan mendapatkan ketenangan dan kejernihan pikiran sehingga bisa berpikir yang terbaik atas bimbingan Allah untuk menentukan pilihannya.

3. Kemantaban Hati

Dengan melakukan shalat istikharah berulang kali, hati akan semakin mantab dalam menentukan pilihan di depannya. Jawaban Allah atas shalat istikahrah biasanya tidak langsung diberikan. Namun shalat istikharah berfungsi untuk memberikan kemantaban hati sehingga perlu dilakukan berkali-kali.

4. Menjauhi Bisikan Setan

Shalat istikharah mampu menjauhkan diri dari bisikan setan yang menggoda saat kita dihadapkan pilihan-pilihan. Karena setan sangat suka mengganggu saat manusia sedang dalam keadaan gundah akibat permasalahan hidupnya. Untuk itu shalat istikharah membantu kita supaya terhindar dari bisikan setan serta menjauhi dari perbuatan maksiat.

5. Ikhlas Hanya pada Allah

Shalat istikharah mampu membantu umat muslim untuk berlaku ikhlas dan meluruskan niat hanya kepada Allah, termasuk dalam menentukan pilihannya. Sehingga kita bisa ikhlas dalam menjalankan hidup di jalan yang dirigloi Allah.

Beri Komentar